Beranda

Kategori

Artikel

Halaman 1

|

1-30 barang dari 73 barang

TESTING Pasir Pasang 7m3

TESTING Pasir Pasang 7m3

TESTING Pasir Pasang 7m3

TESTING Pasir Pasang 7m3

TESTING Pasir Pasang 7m3

TESTING Pasir Pasang 7m3

Pasir Putih 0.9 m3

Pasir Putih 0.9 m3

Pasir Putih 1.2 m3

Pasir Putih 1.2 m3

Pasir Bangka 0.9 m3

Pasir Bangka 0.9 m3

Pasir Bangka 1.2 m3

Pasir Bangka 1.2 m3

Pasir Putih 2 m3

Pasir Putih 2 m3

Pasir Bangka 2 m3

Pasir Bangka 2 m3

Pasir Putih 5.5 m3

Pasir Putih 5.5 m3

Pasir Bangka 5.5 m3

Pasir Bangka 5.5 m3

Pasir Urug 6.5m3

Pasir Urug 6.5m3

Pasir Jambi 6.5m3

Pasir Jambi 6.5m3

Pasir Cilegon 7m3

Pasir Cilegon 7m3

Pasir Pasang 7m3

Pasir Pasang 7m3

Pasir Cilegon 6.5m3

Pasir Cilegon 6.5m3

Pasir Makadam 7m3

Pasir Makadam 7m3

Pasir Kalimantan 4.5m3

Pasir Kalimantan 4.5m3

Pasir Rangkas 7m3

Pasir Rangkas 7m3

Pasir Hitam 6.5m3

Pasir Hitam 6.5m3

Pasir Rangkas 6.5m3

Pasir Rangkas 6.5m3

Pasir Lampung 6.5m3

Pasir Lampung 6.5m3

Pasir Bangka 5m3

Pasir Bangka 5m3

Pasir Jawilan 6.5m3

Pasir Jawilan 6.5m3

Pasir Jambi 4.5m3

Pasir Jambi 4.5m3

Pasir Lampung 7m3

Pasir Lampung 7m3

Pasir Bangka Kasar

Pasir Bangka Kasar

Pasir Bangka 6m3

Pasir Bangka 6m3

Sirtu Pasir Putih 6.5m3

Sirtu Pasir Putih 6.5m3

Pasir Hitam Cor 4.5m3

Pasir Hitam Cor 4.5m3

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store

Cara Jualan Pasir di BukaBangunan Bukalapak

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi dari kehidupan manusia, sebagai tempat di mana seseorang atau sekelompok individu berlindung dari alam. Kebutuhan akan sebuah rumah yang kokoh, dan kuat semakin tinggi. Salah satu faktor yang paling menentukan kuat atau tidaknya sebuah bangunan adalah kualitas pasir yang digunakan. Tahukah anda bahwa Indonesia merupakan salah satu penghasil pasir terbesar di dunia?

Kondisi iklim dan lingkungan yang ada di Indonesia, memungkinkan untuk terbentuknya berbagai jenis pasir dengan kualitas dan jenis yang beragam.

Pasir adalah material butiran yang terdiri dari partikel batuan dan mineral yang terpecah halus. Ukuran pasir pasir lebih halus dari kerikil dan lebih kasar dari lanau (butiran penyusun tanah)

Ketika membangun rumah atau gedung, sangat disarankan untuk tidak sembarangan memilih pasir. Pasir juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi, karakteristik, dan daerah asal penghasilnya.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas jenis-jenis pasir, asal mula pasir bangunan, berapa kubik pasir dalam 1 truk, berapa harga pasir, sampai dengan rekomendasi toko-toko jualan pasir.

Jenis-Jenis Pasir Bangunan

Dari sekian banyak jenis pasir yang ada terdapat 10 macam pasir yang umumnya digunakan dalam proses bangunan yang akan dibahas dalam artikel lagi. Di antaranya adalah:

Pasir Beton

Pasir beton adalah pasir yang paling banyak digunakan sebagai bahan material. Ciri khusus pasir beton adalah warnanya yang gelap kehitaman dan butirannya yang sangat halus. Ketika digenggam, pasir betok tidak akan menggumpal, melainkan langsung buyar.

Sebagai material bangunan, pasir beton berfungsi sebagai campuran adukan pondasi, plester dinding, dan pengecoran. Selain itu, pasir beton juga berfungsi sebagai perekat material bangunan yang lain, seperti perekat batu bata dan batu.

Pasir Pasang

Pasir pasang bertekstur lebih halus daripada pasir beton. Ciri lainnya adalah ketika digenggam, pasir pasang akan menggumpal, tidak tercerai berai, seperti yang terjadi pada pasir beton. Pasir pasang biasa ditemui dengan warna abu-abu tua.

Fungsi pasir pasang adalah biasanya dijadikan campuran adukan dengan pasir beton. Hasil perpaduan pasir beton dan pasir pasang dapat membuat kualitas bahan plesteran dan pondasi yang lebih baik karena teksturnya lebih halus dan lebih kuat.

Seperti yang dilansir dari rumah.com, pasir pasang dibagi menjadi dua, yakni pasir pasang gunung dan pasir pasang sungai.

  1. Pasir pasang gunung.

 

Merupakan pasir dihasilkan dari hasil galian pada dataran tinggi seperti dari daerah pegunungan. Tekstur butiran dari pasir pasang gunung adalah kasar dan tidak terlalu keras. Dengan adanya kandungan pozolan, tekstur pasir gunung akan mengeras dan menggumpal jika dicampurkan dengan air dan kapur padam.

  1. Pasir pasang sungai.

 

Pasir yang berasal dari sungai yang dihasilkan dari kikisan batuan yang keras dan tajam melalui air sungai yang terus menerus mengalir. Biasanya, pasir pasang sungai bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan konstruksi.

Pasir Elod

Pasir elod mempunyai tekstur yang lebih halus daripada pasir pasang dan pasir beton. Warna pasir elod juga lebih gelap dibanding dua pasir sebelumnya, lebih tepatnya me gelap. Apabila digenggam, pasir elod akan menggumpal dan tidak akan terbuyar.

Fungsi utama pasir elod adalah sebagai bahan utama untuk membuat batako. Sebagai bahan material bangunan, pasir elod harus digabung dengan pasir beton sebagai campuran untuk membuat pondasi, atau bahan campuran plester. Pasir Elod tidak bisa dijadikan bahan material utama untuk membuat pondasi karena masih terdapat campuran tanah.

Pasir Merah

Seperti yang sudah diketahui, ciri khas pasir merah ada pada warnanya yang merah kecoklatan. Beberapa orang menyebut pasir merah dengan pasir Jebrod, bagi pasir merah yang berasal dari daerah Jebrod,Cianjur. Daerah lain yang menghasilkan jenis pasir ini adalah Sukabumi.

Pasir merah bertekstur agak kasar dengan butiran yang cukup besar. Ketika digenggam, pasir merah tidak akan berubah bentuk dan tidak tercerai berai. Pasir merah berfungsi sebagai campuran pasir beton untuk pengecoran dan penambah daya rekat bangunan khususnya untuk bangunan bertingkat.

Pasir Sungai

Sesuai dengan namanya, pasir sungai adalah jenis pasir yang diambil langsung dari bebatuan di kedalaman sungai. Pasir sungai bertekstur agak tajam dengan butiran yg agak besar. Ukuran butirannya berkisar antara 0,7 milimeter sampai 6 milimeter.

Fungsi pasir sungai adalah sebagai campuran adukan untuk pondasi dan proses pengecoran. Pasir sungai dipercaya dapat membuat membuat bangunan lebih kuat dan lebih tahan lama.

Pasir Mundu

Pasir mundu memiliki warna merah kecoklatan. Teksturnya termasuk kasar dengan butiran yang cukup besar. Namun, pasir mundu adalah salah satu jenis bahan material yang paling banyak ditemui di pasaran. Kualitasnya terbilang bagus dengan harga yang relatif murah.

Pasir mundu perlu diayak terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil butiran yang lebih bagus. Pasir mundu berfungsi sebagai campuran untuk memplester dinding. Selain itu pasir mundu juga dapat digunakan sebagai perekat batako atau bata.

Pasir Putih

Terdapat tiga jenis pasir putih berdasarkan daerah asalnya, yaitu pasir putih Bangka, Pasir putih Lampung, dan pasir putih Rangkas.

  1. Pasir Putih Bangka

 

Seperti yang disebutkan namanya, pasir putih bangka berasal dari Kepulauan Bangka Belitung. Terdapat dua jenis pasir putih bangka, yaitu Pasir Putih bangka standard, dan pasir putih Bangka super dengan kualitas yang lebih bagus dan berwarna putih halus seperti garam.

Pasir putih Bangka merupakan pasir hasil tambang. Warna pasir putih Bangka standard beragam tergantung tempat galiannya, putih, cokelat, kuning kecoklatan, dan putih kecoklatan.

Fungsi pasir putih bangka adalah sebagai campuran adonan untuk proses plester, cor, dan pasir beton. Selain itu, pasir putih bangka juga digunakan sebagai campuran dalam industri gelas dan kaca, campuran dalam industri kerajinan seperti hiasan untuk aquarium, meja hiasan.

  1. Pasir Putih Lampung

 

Pasir putih yang berasal dari Lampung ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Teksturnya halus dan lembut. Meskipun disebut dengan pasir putih, Pasir putih Lampung berwarna krem kecoklatan.

Pasir putih Lampung termasuk pasir siap pakai. Hal ini berarti kita tidak perlu melakukan penyaringan lagi. Fungsinya adalah sebagai adukan pemasangan marmer, keramik, granit, batu bata merah, dan sebagainya.

  1. Pasir Putih Rangkas

 

Rangkasbitung adalah sebuah daerah di Banten dimana pasir ini berasal. Ciri khas dari pasir putih Rangkas adalah warna butirannya yang putih keabu-abuan, dan teksturnya yang cukup halus. Untuk standar bahan material konstruksi, kualitas pasir ini sudah terbilang bagus dengan harga yang relatif murah.

Pasir ini berfungsi untuk cor pondasi, plester, pemasangan keramik, bahan pembuatan batako, hebel, paving block, beton precast, genteng, dan lain-lain.

Dari Mana Asal Pasir yang Digunakan untuk Pembangunan?

Secara umum, saat ini sumber pasir ada dua jenis, yakni pasir alam dan pasir pabrikasi. Pasir alam bersumber dari gunung, sungai, pasir laut, bekas rawa dan ada juga dari pasir galian. Sedangkan, pasir pabrikasi dihasilkan dari penggilingan batuan lalu diolah dan disaring berdasarkan ukuran maksimum dan minimum agregat halus.

Pada umumnya butiran pasir berkisar pada ukuran 0,06 mm sampai dengan 5 mm. Besar kecilnya butiran pasir tergantung pada jenis dan tempat pasir berasal.

Pasir yang memiliki kalsium tinggi berasal dari daerah yang mempunyai banyak kapur, yaitu pulau-pulau atau tempat tropis. Pasir jenis ini didapat dari kerang laut yang pecah menjadi serpihan-serpihan pasir. Pasalnya, dari kerang laut inilah kalsium itu didapat.

Sementara itu pasir yang tinggi kandungan silikonnya berasal dari sungai atau danau. Batu-batuan pada sungai atau danau yang kaya silikat, pecah menjadi serpihan pasir.

Selain itu, juga terdapat pasir yang mengandung besi dan aluminium yang tinggi. Pasir jenis ini kadangkala kita dijumpai di pantai dan berwarna hitam. Asalnya adalah dari materi-materi gunung berapi (misalnya unsur besi dan alumunium yang terdapat pada lava).

Di daerah Namibia, Afrika Selatan, terdapat pasir yang mengandung intan, meskipun butiran-butirannya amat halus. Pentingnya penggunaan pasir bangunan dalam pembangunan, dibentuklah standar nasional untuk pasir yang layak dijadikan material bangunan.

Menurut peraturan SK-SNI-T-15-1990-03 kekasaran pasir dibagi menjadi empat kelompok menurut gradasinya, yaitu pasir halus, agak halus, agak kasar dan kasar.

Pasir yang digunakan dalam adukan beton harus memenuhi syarat sebagai berikut:

Pasir harus terdiri dari butir-butir tajam dan keras. Hal ini dikarenakan dengan adanya bentuk pasir yang tajam, maka kaitan antara agregat akan lebih baik, sedangkan sifat keras untuk menghasilkan beton yang keras pula.

Butirnya harus bersifat kekal. Sifat kekal ini berarti pasir tidak mudah hancur oleh pengaruh cuaca, sehingga beton yang dihasilkan juga tahan terhadap pengaruh cuaca.

Pasir tidak boleh mengandung lumpur lebih dari 5% dari berat kering pasir, lumpur yang ada akan menghalangi ikatan antara pasir dan pasta semen, jika konsentrasi lumpur tinggi maka beton yang dihasilkan akan berkualitas rendah.

Pasir tidak boleh mengandung bahan organik terlalu banyak.

Gradasinya harus memenuhi syarat. Menurut Standar Nasional Indonesia (SK SNI – S – 04 – 1989 – F : 28) disebutkan mengenai persyaratan pasir atau agregat halus yang baik sebagai bahan bangunan sebagai berikut :

Agregat halus harus terdiri dari butiran yang tajam dan keras dengan indeks kekerasan < 2,2. Sifat kekal apabila diuji dengan larutan jenuh garam sulfat sebagai berikut:

Jika dipakai natrium sulfat bagian hancur maksimal 12%.

Jika dipakai magnesium sulfat bagian halus maksimal 10%.

Tidak boleh mengandung lumpur lebih dari 5% dan apabila pasir mengandung lumpur lebih dari 5% maka pasir harus dicuci.

Pasir tidak boleh mengandung bahan-bahan organik terlalu banyak. Untuk mengujinya, bisa menggunakan teknik percobaan warna dari Abrans Harder menggunakan larutan jenuh NaOH 3%.

Susunan besar butir pasir mempunyai modulus kehalusan antara 1,5 sampai 3,8 dan terdiri dari butir-butir yang beraneka ragam.

Untuk beton dengan tingkat keawetan yang tinggi reaksi pasir terhadap alkali harus negatif.

Pasir laut tidak boleh digunakan sebagai agregat halus untuk semua mutu beton kecuali dengan petunjuk dari lembaga pemerintahan bahan bangunan yang diakui. Agregat halus yang digunakan untuk plesteran dan spesi terapan harus memenuhi persyaratan pasir pasangan.

Berapa Jumlah Kubik Pasir dalam Sebuah Truk?

Perhitungan berapa kubik pasir dalam 1 truk dipengaruhi oleh volume dari jenis-jenis truk yang ada. Kita perlu mengingat lagi rumus dalam satuan kubik (m3), yaitu panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t).

Contohnya, sebuah bak truk memiliki panjang 5m, lebar 4m, dan tinggi 3m. Makanya kubik pasir dalam truk tersebut dapat dihitung dengan 5m x 4m x 3m = 60m3. Maka jenis pasir yang dibutuhkan adalah 60 kubik pasir.

Jenis-Jenis Truk Pengangkut Pasir

Dibawah ini adalah jenis-jenis truk yang biasa digunakan ketika mengangkut pasir bangunan dalam jumlah besar.

Pick up L300

Truk ini memiliki dimensi bak 2,43 meter, 1,6 meter, dan 0,36 meter. Dapat kita hitung jumlah kubik yang mampu diangkut oleh pick up ini sebanyak 1,4 kubik pasir bangunan. Untuk pick up yang ukurannya sedikit lebih besar dengan dimensi bak 2 meter, 1,5 meter, dan 1,20 meter, jumlah pasir bangunan yang dapat diangkut mencapai 3,7 kubik.

Engkel/ Colt

Jenis truk ini memiliki dimensi bak 3,1 meter, 1,7 meter, dan 1,7 meter. Dapat dihitung bahwa daya tampung pasir bangunannya mencapai 8,9 kubik. Truk ini secara ukuran lebih besar daripada pick up L300.

Double Engkel

Daya tampung pasir bangunan dalam truk ini mencapai 14,28 kubik dengan dimensi bak 4,2 meter, 1,7 meter, dan 2 meter.

Fuso Ringan

Truk berat ini mempunyai dimensi bak 5 meter, 2,1 meter, dan 2 meter, sehingga daya tampungnya mencapai 21 kubik.

Fuso Berat

Sesuai dengan namanya, truk jenis ini memiliki daya tampung yang lebih besar. Dengan dimensi 5,7 meter, 2,3 meter, dan 2,2 meter, truk ini mampu mengangkut 28,8 kubik pasir bangunan.

Tronton

Tronton adalah kendaraan angkut dengan daya tampung yang paling besar. Dimensi bak tronton sendiri adalah 9,6 meter, 2,4 meter, dan 2,4 meter. Dengan dimensi demikian, daya tampung tronton mencapai 55,3 kubik pasir bangunan.

Rekomendasi Toko Jualan Pasir

Berkaitan dengan Indonesia sebagai salah satu penghasil pasir terbesar, menemukan toko bangunan yang menjual pasir kebutuhan kita tidaklah sulit. Namun, apabila ternyata jenis pasir yang kita butuhkan tidak ada, mencari pasir di e-commerce adalah solusinya.

Apabila Anda berencana untuk mencari toko jualan pasir secara online, berikut beberapa rekomendasi toko sebagai mitra dengan rarting tinggi di BukaBangunan oleh Bukalapak.

Indah Bangunan

Super seller yang berdomisili di Jakarta Utara. Jenis pasir bangunan yang dapat ditemukan di toko ini adalah Pasir Bangka.

Citra Mandiri

Termasuk dalam BukaMall yang pasti sudah terjamin orisinalitasnya, toko ini berdomisili di Depok, dan dapat melakukan pengiriman area Jabodetabek.

Tb Calvin

Star seller yang berdomisili di Jakarta Barat ini, menyediakan pasir bangka berkualitas yang dapat kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu.

BukaBangunan

Selain beberapa toko online di atas, Anda juga dapat mencari rekomendasi toko jualan pasir secara lengkap melalui BukaBangunan. Tak hanya itu, Anda juga bahkan juga dapat membeli berbagai perlengkapan bahan bangunan lainnya di BukaBangunan.

Jika ingin membeli material bangunan online, pastikan toko mencakup daerah pengiriman rumah anda. Selain membeli, anda juga bisa menjadi mitra Bukalapak, loh. Bagi yang membutuhkan atau ingin menjadi supplier material bangunan, terutama pasir, cek segera di BukaBangunan Bukalapak. Tunggu apalagi? Cek Bukalapak sekarang juga, ya!

 

Kategori Pasir

- Pasir Hitam
- Pasir Bangka
- Pasir Rangkas

- Pasir Lainnya

Semua Kategori

Batu

Besi dan Beton

Cat dan Perlengkapannya

Gypsum

Kamar Mandi

Kawat

Kayu

Keramik

Lampu

Ledeng dan Pipa

Paku

Perekat dan Lainnya

Perkakas Listrik

Perkakas Mesin

Perkakas Tangan

Perlengkapan Las

Perlengkapan Listrik

Pintu dan Jendela

Semen

Lain-Lain

Baca selengkapnya