Beranda

Kategori

Artikel

Semen Holcim: Jenis, Keunggulan, dan Daftar Harganya

may.rahmadi
semen holcim (facebook)
semen holcim (facebook)

Di pasaran, tersedia banyak merek semen dengan harga yang bervariasi. Ada berbagai merek semen yang tersedia, namun satu merek yang sangat populer adalah semen Holcim.

Kita semua tahu bahwa semen sangat penting dalam konstruksi. Semen adalah bahan bangunan yang digunakan untuk mengikat material seperti pasir, kerikil, dan batu bata menjadi struktur yang kuat dan kokoh.

Holcim merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi semen dengan kualitas yang terbaik. Jika ingin mengetahui lebih detail tentang semen Holcim, yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Semen Holcim?

Semen Holcim adalah sebuah merek semen yang diproduksi oleh perusahaan multinasional bernama Holcim Group. Holcim Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan, termasuk semen, beton, dan agregat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1912 dan berkantor pusat di Jona, Switzerland dan kini telah berekspansi ke berbagai negara-negara Eropa, Amerika Latin, dan Asia. 

Produk-produk Holcim meliputi semen, klinker, beton, kapur, dan agregat. Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan jasa konsultansi, riset dan pengembangan pihak ketiga, serta jasa manajemen limbah tanah.

Aktivitas bisnis terbesar Holcim adalah produksi dan distribusi semen dan agregat. Pada 2014, kapasitas produksi tahunan perusahaan ini mencapai 215 juta ton.

Semen Holcim diproduksi dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi dan teknologi modern untuk memastikan kualitas semen yang baik. Semen Holcim tersedia dalam berbagai jenis dan kegunaan, seperti semen Portland, semen campuran, dan semen tahan api.

Semen Portland adalah jenis semen yang paling umum digunakan dalam konstruksi, karena kekuatan dan daya tahan yang baik. Semen Portland tersedia dalam beberapa tipe, seperti tipe I, tipe II, tipe III, dan tipe V, tergantung pada persentase kandungan mineral tertentu. Semen Holcim juga memiliki produk semen yang dirancang khusus untuk digunakan dalam kondisi lingkungan tertentu, seperti semen tahan api untuk digunakan dalam konstruksi bangunan yang memerlukan ketahanan api yang tinggi.

Semen Holcim juga memproduksi berbagai produk semen yang dapat digunakan dalam aplikasi khusus, seperti semen untuk membuat beton pracetak, semen untuk pengaspalan jalan, dan semen untuk digunakan dalam konstruksi bangunan besar seperti jembatan dan bendungan.

Sebagai merek semen yang terkenal, Semen Holcim telah digunakan dalam berbagai proyek konstruksi di seluruh dunia, baik itu proyek kecil maupun proyek besar. Dengan kualitas semen yang teruji dan teknologi produksi yang modern, Semen Holcim terus menjadi pilihan utama para profesional konstruksi di seluruh dunia.

Proses Produksi Semen Holcim

Proses produksi semen Holcim melibatkan beberapa tahapan penting, di antaranya:

1. Penambangan bahan baku

Bahan baku yang digunakan dalam produksi semen Holcim adalah batu kapur, tanah liat, dan pasir. Bahan baku ini ditambang dari tambang yang dimiliki oleh perusahaan atau dibeli dari pihak ketiga.

2. Penghancuran dan penghalusan bahan baku

Bahan baku yang telah ditambang kemudian dihancurkan dan dihaluskan menjadi ukuran yang lebih kecil dengan menggunakan mesin penghancur dan penggiling. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan butiran yang lebih halus dan homogen agar dapat dicampur dengan bahan baku lainnya.

3. Pengeringan bahan baku

Setelah dihaluskan, bahan baku kemudian dikeringkan dengan menggunakan mesin pengering. Proses pengeringan ini dilakukan agar kadar air dalam bahan baku bisa berkurang dan mencapai kadar yang sesuai.

4. Pencampuran bahan baku

Bahan baku yang telah dihaluskan dan dikeringkan kemudian dicampur dalam proporsi yang tepat untuk menghasilkan campuran yang homogen. Campuran ini akan digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi semen.

5. Pembakaran bahan baku

Campuran bahan baku kemudian dimasukkan ke dalam kiln atau oven pembakaran pada suhu yang sangat tinggi (sekitar 1.400 derajat Celsius). Proses pembakaran ini bertujuan untuk membentuk klinker, yaitu bahan dasar semen yang keras dan berbentuk butiran.

6. Penggilingan klinker

Setelah klinker terbentuk, klinker kemudian dihancurkan dan dihaluskan dengan menggunakan mesin penggiling untuk menghasilkan serbuk halus yang disebut sebagai semen.

7. Pengemasan

Semen yang telah dihasilkan kemudian dikemas dalam kantong atau disimpan dalam silo untuk kemudian didistribusikan ke pasar.

Keunggulan Semen Holcim

Semen Holcim memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk digunakan dalam proyek konstruksi, di antaranya:

1. Kualitas yang baik

Semen Holcim diproduksi dengan bahan baku berkualitas tinggi dan menggunakan teknologi modern untuk memastikan kualitas semen yang baik. Semen Holcim juga telah melewati berbagai tes dan pengujian untuk memenuhi standar internasional, sehingga dapat memberikan kekuatan dan ketahanan yang baik pada struktur bangunan.

2. Tersedia dalam berbagai jenis dan kegunaan

Semen Holcim tersedia dalam berbagai jenis dan kegunaan, seperti semen Portland, semen campuran, dan semen tahan api. Produk semen yang berbeda ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konstruksi yang berbeda-beda, sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk setiap proyek konstruksi.

3. Kemudahan dalam penggunaan

Semen Holcim mudah dalam penggunaannya, sehingga memudahkan para profesional konstruksi dalam melakukan proyek mereka. Semen Holcim juga dapat dicampur dengan bahan lain seperti pasir dan agregat, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

4. Dukungan teknis dan layanan pelanggan yang baik

Holcim Group memiliki tim dukungan teknis yang dapat membantu para kontraktor dan profesional konstruksi dalam memilih dan menggunakan semen Holcim dengan tepat. Selain itu, Holcim Group juga memberikan layanan pelanggan yang baik untuk memastikan kepuasan pelanggan.

5. Berkelanjutan dan ramah lingkungan

Holcim Group memiliki komitmen untuk memproduksi produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Semen Holcim diproduksi dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan memiliki beberapa sertifikasi lingkungan seperti ISO 14001 dan OHSAS 18001.

Produk-produk Semen Holcim

Holcim memiliki beberapa produk semen antara lain:

1. Holcim Dynamix

Holcim Dynamix adalah semen jenis slag yang dibuat dari campuran semen Portland dan slag yang dihasilkan dari pengolahan logam. Produk ini dikembangkan khusus untuk aplikasi beton yang memerlukan ketahanan terhadap bahan kimia dan ketahanan terhadap air laut.

Holcim Dynamix memenuhi standar kualitas internasional dan dapat digunakan untuk proyek-proyek konstruksi seperti pelabuhan, dermaga, dan infrastruktur laut.

2. Holcim Oil Well Cement

Holcim Oil Well Cement adalah semen khusus yang digunakan dalam industri perminyakan untuk aplikasi pengeboran sumur minyak dan gas bumi. Produk ini dirancang untuk memberikan ketahanan terhadap tekanan, suhu tinggi, dan kondisi lingkungan yang ekstrem.

Holcim Oil Well Cement telah memenuhi standar kualitas internasional dan dapat digunakan di berbagai proyek pengeboran di seluruh dunia.

3. Semen Putih Holcim

Semen Putih Holcim adalah jenis semen yang memiliki warna putih. Produk ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan tampilan estetika yang baik seperti lantai, dinding, atau permukaan beton yang terlihat. Semen Putih Holcim dapat digunakan pada proyek-proyek interior dan eksterior.

Selain itu, produk ini juga memiliki sifat ketahanan terhadap bahan kimia dan dapat digunakan untuk proyek-proyek bangunan yang memerlukan kualitas estetika tinggi.

4. Holcim Super Masonry Cement

Holcim Super Masonry Cement adalah jenis semen yang dirancang untuk aplikasi pada dinding dan struktur bangunan yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Produk ini juga memiliki daya rekat yang baik dan waktu pengeringan yang cepat.

Holcim Super Masonry Cement dapat digunakan pada proyek-proyek konstruksi seperti tembok, kolom, dan balok. Produk ini telah memenuhi standar kualitas internasional dan telah digunakan di banyak proyek-proyek konstruksi di seluruh dunia.

Harga Semen Holcim

Berikut ini harga semen Holcim 2023:

Varian

Harga

Semen Holcim Dynamix 40 Kg 

Rp 56.000 – Rp 62.000

Semen Holcim Dynamix 50 Kg 

Rp 67.500 – Rp 75.500

Semen Holcim OWC (Oil Well Cement) 1 Sak 

Rp 94.000 – 106.000

Semen Putih Holcim (WC) 1 Sak 

Rp 95.000 – Rp 102.000

Semen Putih Holcim (WM) 1 Sak 

Rp 82.000 – Rp 86.000

Semen Holcim Super Masonry Cement 1 Kg 

Rp 49.000 – Rp 55.000 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Semen Padang: Jenis Produk, Keunggulan, dan Harganya

Semen Padang: Jenis Produk, Keunggulan, dan Harganya

6 April 2023

Info Lengkap, Macam-macam, dan Harga Semen untuk Distributor Semen

Info Lengkap, Macam-macam, dan Harga Semen untuk Distributor Semen

20 Maret 2023

Semen Gresik: Keunggulan, Proses Pembuatan, dan Daftar Harganya

Semen Gresik: Keunggulan, Proses Pembuatan, dan Daftar Harganya

6 April 2023

Semen Holcim: Jenis, Keunggulan, dan Daftar Harganya

Semen Holcim: Jenis, Keunggulan, dan Daftar Harganya

6 April 2023

Inilah Pengertian Mortar dan Fungsinya pada Sebuah Konstruksi

Inilah Pengertian Mortar dan Fungsinya pada Sebuah Konstruksi

13 September 2022

9 Jenis Semen, Karakteristik, dan Fungsinya untuk Konstruksi

9 Jenis Semen, Karakteristik, dan Fungsinya untuk Konstruksi

13 September 2022

Terbaru
Desain Bangunan Warung Sembako yang Bikin Betah Belanja

Desain Bangunan Warung Sembako yang Bikin Betah Belanja

8 April 2023

Garis Sempadan Bangunan: Pengertian dan Cara Penetapan

Garis Sempadan Bangunan: Pengertian dan Cara Penetapan

8 April 2023

Pajak Bumi dan Bangunan: Pengertian dan Cara Hitungnya

Pajak Bumi dan Bangunan: Pengertian dan Cara Hitungnya

8 April 2023

Yuk, Simak Pengertian, Manfaat dan Contoh RAB Bangunan

Yuk, Simak Pengertian, Manfaat dan Contoh RAB Bangunan

8 April 2023

Ketahui! Inilah Pengertian Gambar Bangunan dan Jenisnya

Ketahui! Inilah Pengertian Gambar Bangunan dan Jenisnya

8 April 2023

Prosedur Mudah untuk Mendapatkan Hak Guna Bangunan

Prosedur Mudah untuk Mendapatkan Hak Guna Bangunan

8 April 2023

Cara Menghitung Luas Bangunan Pakai Rumus Sederhana

Cara Menghitung Luas Bangunan Pakai Rumus Sederhana

8 April 2023

Cara Mudah Mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan

Cara Mudah Mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan

8 April 2023

Wajib Ada di Rumah, 3 Tips Simpan Alat Tukang Bangunan

Wajib Ada di Rumah, 3 Tips Simpan Alat Tukang Bangunan

8 April 2023

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it