Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Ketahui Macam-macam Roster Beton yang Bisa Bikin Rumahmu Makin Estetik

may.rahmadi
Macam-macam Roster Beton untuk Sirkulasi Udara Terbaik (Foto:123rf)
Macam-macam Roster Beton untuk Sirkulasi Udara Terbaik (Foto:123rf)

Dinding roster merupakan salah satu dekorasi bangunan multifungsi. Tak hanya berfaedah untuk menjaga sirkulasi udara bangunan, roster beton juga bisa sebagai dekorasi bangunan yang makin menambah kesan estetik. 

Dinding roster merupakan salah satu material bangunan dengan desain berlubang. namun, ia berbeda dengan paving blok, karena meski memiliki bahan serupa dengan paving blok biasanya lebih murah dan berasal dari material yang berbeda pula 

Saat ini, macam-macam roster beton sudah tersedia dengan berbagai motif. Roster berfungsi sebagai ventilasi sekaligus dekorasi rumah. Roster beton dapat dipasang pada berbagai jenis konstruksi bangunan, seperti rumah, kantor, tempat ibadah dan sebagainya.

 

Macam-macam Roster Beton 

Roster beton dibuat dengan tampilan yang estetik dan unik. Jenis roster ini dapat digunakan pada dekorasi bangunan baik indoor maupun outdoor. Berikut macam- macam roster beton beserta dengan ukuran dan harganya.

 

1. Roster Segi List 

Jenis roster beton yang pertama adalah roster segi list. Ukuran jenis ini sejatinya beragam, namun yang paling umum berukuran 26,5 cm x 9 cm x 7,5 cm. Roster segi list juga merupakan yang paling umum digunakan karena harganya yang paling murah dibandingkan lainnya. Jenis ini dibanderol dengan harga satuan berkisar Rp. 8.000 rupiah.

 

2. Roster Variasi

Jenis roster beton variasi ini memiliki ukuran mulai dengan 20 cm x 20 cm x 8 cm, dan dijual relatif lebih mahal dibandingkan segi list dari mulai Rp 15.000 per buah. 

 

3. Roster Kotak Polos

Roster beton kotak polos juga merupakan roster yang lumayan banyak diminati selain harganya yang relatif murah mulai dari Rp 12.000 per buah, dengan motif kotaknya dapat memberikan kesan minimalis bagi rumah. Adapun jenis roster kotak polos dijual mulai dengan ukuran ukuran 20 cm x 20 cm x 7,5 cm.

 

4. Roster Kotak Variasi

Jika roster kotak polos buatmu rumahmu terasa monoton, kamu bisa mencoba jenis roster kotak variasi. Sebab, harga dan jenis roster ini relatif sama dengan roster kotak polos. Jenis ini hanya berbeda dengan tambahan motif kotak sehingga bisa membuatmu berkreasi lebih luas lagi.

 

5. Roster Kotak Sembilan

Jenis roster selanjutnya yang bisa jadi pilihan adalah roster kotak sembilan yang berukuran mulai dari 20 cm x 20 cm x 7,5 cm. Roster kotak sembilan memiliki motif berbentuk serupa dengan namanya: berbentuk kotak dengan jumlah sembilan. Harganya pun relatif murah yaitu Rp 12.000 per buah. 

 

6. Roster Trapesium

Selanjutnya ada model jenis roster beton berbentuk trapesium, berbeda dengan model-model sebelumnya, dengan model trapesium kamu juga bisa menata dinding sirkulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan dinamis. Ukuran jenis roster ini mulai dari 20 cm x 20 cm x 8 cm dengan harga di pasaran mulai dari Rp. 15.000 rupiah per satuan.

 

7. Roster Mercy

Roster mercy merupakan salah satu jenis roster beton yang menarik, karena motifnya serupa dengan logo mobil Mercedes Benz atau yang biasa disebut Mercy. 

Karena melambangkan mobil mewah, roster ini juga sering digunakan banyak orang. Apalagi harganya juga cukup murah mulai dari Rp 12.000 perbuah, kamu sudah bisa mendapatkan roster mulai dari ukuran ukuran 20 cm x 20 cm x 7,5 cm.

 

8. Roster Silang

Selanjutnya ada jenis roster beton silang yang memiliki motif dua garis yang menyilang. Ukurannya mulai dari 20 cm x 20 cm x 7,5 cm dan dibanderol dengan harga per satuan Rp. 12.000 rupiah per buah.

 

9. Roster Silang Bulat Tengah

Untuk menambah variasi, roster silang, kamu juga bisa menggunakan jenis roster beton bermotif roster silang bulat tengah yang memiliki  motif silang dengan bulatan di tengah. Namun harga roster ini biasanya lebih mahal, karena dijual mulai dari Rp 15.000 per buah untuk ukuran mulai dari 20 cm x 20 cm x 8 cm.

 

10. Roster Dadu

Ada lagi roster dadu yang dijual mulai dari ukuran ukuran 20 cm x 20 cm x 9 cm seharga Rp 15.000 per buah. Sesuai namanya, roster dadu punya beberapa model sebagaimana mata dadu. Misalnya, roster satu dadu memiliki motif dadu berjumlah satu dan begitu pun seterusnya.

 

11. Roster Manggis

Jenis roster beton bermotif manggis juga merupakan salah satu roster yang paling banyak digunakan karena motifnya yang unik yaitu seperti daun pada manggis. Motif pada model ini juga mirip seperti bunga. Dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 7,5 cm, roster manggis dibanderol dengan harga satuan sekitar Rp. 12.000 rupiah saja.

 

12. Roster Kisi-kisi

Terakhir, salah satu model roster beton yaitu roster kisi-kisi. Model roster kisi-kisi memiliki motif garis-garis horizontal. Ukuran roster kisi-kisi yaitu 25 cm x 15 cm x 8 cm. Roster kisi-kisi di banderol dengan harga satuan sekitar Rp. 12.000 rupiah saja.

 

Keunggulan Roster Beton

Sejatinya material roster tak hanya dari beton, banyak pula yang menggunakan seperti campuran semen, dan lainnya. Roster beton sendiri menjadi yang paling populer digunakan karena sejumlah keunggulan dengan material lainnya. 

Oleh karenanya roster beton paling banyak digunakan. Berikut sejumlah keunggulan yang bisa ditawarkan macam-macam roster beton dibandingkan roster dengan material yang lain:

 

1. Lebih Tahan Lama

Karena terbuat dari material beton, tentu saja roster beton memiliki keunggulan ketahanan yang lebih lama dibandingkan material lainnya. Dengan ketahanan yang lama, roster beton juga memiliki tingkat keawetan yang jauh lebih lama, oleh karenanya macam-macam roster beton bisa juga membantu kamu untuk menghemat biaya. 

 

2. Sirkulasi Udara Ruangan

Sebagaimana roster pada umumnya, dan jenis lainnya, roster beton dapat meningkatkan sirkulasi udara pada ruangan lebih baik. Tak hanya itu dengan rongga yang ada, jika ditata dengan baik, roster beton juga dapat menambah kesan estetik dekorasi rumahmu

 

3. Memiliki Beragam Desain dan Motif

Sebagaimana yang telah dijelaskan roster beton memiliki motif dan desain yang cukup beragam, dan karena menjadi yang paling banyak digunakan motif dan desain roster beton sejatinya juga menjadi yang paling banyak dibandingkan jenis lainnya. 

Dengan pilihan yang lebih banyak, aplikasi roster beton membuat kamu bisa memilih motif dan desain apa yang paling cocok dengan interior maupun eksterior rumah kamu. 

 

4. Dapat di Cat Ulang

Nah, ini merupakan salah satu keunggulan yang paling utama yang dimiliki macam-macam roster beton dibandingkan jenis lainnya. Karena dibuat dari beton, roster dapat dicat ulang sesuai keinginanmu. 

Keunggulan ini juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan warna dengan interior, eksterior serta furnitur yang ada di dalam rumahmu yang akan makin bikin estetik rumahmu. Karena bisa dicat ulang, roster beton juga dapat kamu ganti warnanya jika suatu saat kamu mulai bosan. 

 

Kekurangan Roster Beton

Sederet keunggulan yang dipaparkan barusan tak membuat roster beton tanpa cela. Macam-macam roster beton juga memiliki kekurangan, berikut daftarnya:

 

1. Pemasangan Tergolong Sulit 

Macam-macam roster beton memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi jika diaplikasikan secara tersusun. Ini karena tiadanya material pengait antar satu roster dengan yang lainnya. 

Oleh karenanya roster beton perlu dipasang dengan presisi tinggi  sekaligus membutuhkan ketelitian dan pengalaman dalam memasangnya. Kamu bisa menggunakan jasa tukang untuk mengatasi ini, pilih tukang yang kemampuannya sudah teruji ya!

 

2. Kurang Cocok pada Dinding Utama

Selain tingkat kesulitan pada aplikasi, roster beton juga tidak cocok digunakan sebagai dinding utama. Sebab, meskipun berbahan beton, roster ini tidak kuat menahan beban dan dijadikan penyangga rumah, 

Ingat! fungsi roster beton utamanya adalah sebagai sirkulasi udara dan juga dekorasi yang membuat rumahmu makin estetik. 

 

3. Rongga Mengganggu Privasi Penghuni

Adalagi kelemahan yang dimiliki oleh macam-macam roster beton lho, dengan desain yang berongga, pemasangan roster beton bisa mengganggu privasi buat sebagian orang. 

Oleh karenanya, tempat pemasangan roster beton harus dilakukan secara strategis dan tidak mengganggu privasi. Contoh pemasangan roster beton yang sesuai adalah di teras rumah. Macam macam roster beton di atas dapat dijadikan pilihan ketika ingin membangun dinding roster.

 

Sebelum memutuskan menggunakan jenis roster yang sesuai, kamu juga harus mempertimbangkan keunggulan dan kekurangan roster tersebut. Dan jika kamu adalah pengusaha yang ingin memulai bisnis material bahan bangunan kamu bisa gabung Bukabangunan untuk dapetin stok bahan material seperti roster beton termurah dan terbaik.


 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Harga Besi Cor, Jenis, dan Cara Menghitung Kebutuhannya

Harga Besi Cor, Jenis, dan Cara Menghitung Kebutuhannya

6 April 2023

Proses Pembuatan Besi: Definisi, Karakteristik, dan Tahap Pembuatannya

Proses Pembuatan Besi: Definisi, Karakteristik, dan Tahap Pembuatannya

6 April 2023

Bukan Baja Biasa, Apa Itu Stainless Steel?

Bukan Baja Biasa, Apa Itu Stainless Steel?

9 Maret 2023

Ketahui Macam-macam Roster Beton yang Bisa Bikin Rumahmu Makin Estetik

Ketahui Macam-macam Roster Beton yang Bisa Bikin Rumahmu Makin Estetik

31 Desember 2022

Ketahui Jenis-jenis Baja Ringan Beserta Kegunaannya untuk Renovasi Rumah

Ketahui Jenis-jenis Baja Ringan Beserta Kegunaannya untuk Renovasi Rumah

29 Desember 2022

Cara Menghitung Borongan Baja Ringan agar Hemat Biaya!

Cara Menghitung Borongan Baja Ringan agar Hemat Biaya!

22 Desember 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it