Beranda

Kategori

Artikel

Keunggulan dan Manfaat Asbes untuk Material Bangunan dan Atap Rumah

Ardito Wahyu Octian
Di Indonesia, Asbes banyak dipakai sebagai material atap rumah (Foto: 123rf)
Di Indonesia, Asbes banyak dipakai sebagai material atap rumah (Foto: 123rf)

Sudah cukup banyak rumah dan bangunan yang memanfaatkan asbes sebagai materialnya. Material yang satu ini cenderung dipakai sebagai atap rumah atau bangunan sementara lantaran harganya yang cukup terjangkau. Biarpun kehadirannya sudah mulai tergantikan dengan fiberglass, masih banyak orang yang melirik manfaat asbes untuk bangunannya.

Asbestos atau asbes merupakan mineral alami yang memiliki serat dan silikat. Material asbes terbilang cukup kuat dan tidak bisa terurai oleh alam. Penggunaannya sebagai atap pun bukan tanpa alasan. Tidak heran jika asbes sering dibanding-bandingkan dengan genteng atau material lain untuk menutup bagian atas rumah.

 

 

Manfaat Asbes untuk Banyak Kebutuhan

Sebagai bahan bangunan, asbes memiliki banyak manfaat
Sebagai bahan bangunan, asbes memiliki banyak manfaat (Foto: 123rf)

Salah satu kekurangan asbes yang menjadi perhatikan banyak orang adalah gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan. Namun, hal ini tidak menurunkan minat sebagian kalangan untuk tetap menggunakan asbes. Berikut sejumlah manfaat asbes yang bisa dipakai untuk banyak kebutuhan manusia:

1. Asbes sebagai atap rumah

Penggunaan asbes paling banyak untuk atap rumah. Atap rumah dari asbes biasanya digunakan di permukiman padat penduduk atau rumah-rumah minimalis dengan harga terjangkau. Biarpun dianggap terjangkau, penggunaan asbes sebagai atap rumah tetap bisa menjaganya penghuni rumah dari cuaca di luar.

Namun, banyak orang yang mengatakan bahwa asbes ini mampu menyerap panas matahari sehingga ruangan di dalam rumah pun lebih panas. Tenang, sudah banyak pemilik rumah maupun tukang bangunan yang sudah tahu cara mengatasi masalah ini. Di bawah asbes, perlu ditambahkan triplek supaya panas tidak langsung mengarah ke ruangan.

 

Baca juga: Cara Ampuh Membasmi Rayap Kayu yang Muncul di Rumah

 

2. Membuat konstruksi bangunan semipermanen

Ada kalanya orang perlu membangun bangunan semipermanen untuk berbagai keperluan. Bangunan ini biasanya dibuat untuk para tukang bangunan untuk tinggal di dekat rumah yang sedang dibangunnya. Bangunan semipermanen juga bisa dibuat untuk menyimpan sesuatu sementara.

Karena semipermanen, ada kalanya bangunan tersebut akan dipindahkan atau malah dihancurkan. Memanfaatkan asbes sebagai atap sekaligus dinding bisa jadi pilihan karena harganya yang relatif lebih murah. Di samping itu, penggunaan asbes sering dinilai lebih baik dibandingkan dengan konstruksi kayu yang mudah lapuk jika terkena hujan dan panas.

3. Sebagai sekat ruangan

Manfaat lain yang bisa didapat dari asbes adalah sekat ruangan. Asbes terbilang cukup kuat untuk menjadi pembatas di dalam ruangan. Penggunaannya bisa dipakai dalam gudang, garasi, atau tempat-tempat penyimpanan lainnya.

Sebagian orang malah masih menggunakan material asbes sebagai pintu yang digeser. Penggunaannya pun terbilang cukup awet dan tahan lama. Selain itu, asbes sangat ringan dan mudah dipasang.

4. Atap garasi

Beberapa orang juga memanfaatkan asbes sebagai atap garasi di rumah-rumah bergaya tradisional. Garasi rumah jenis ini biasanya terpisah dari bangunan intinya. Hal ini yang membuat para pemiliknya membutuhkan asbes untuk membangun bangunan baru yang tidak terlalu memakan biaya.

Di samping itu, asbes juga tidak terlalu tertutup sehingga membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Dengan begitu, suhu di dalam garasi pun tidak terlalu panas dan pengap.

5. Penutup kolam atau jalanan yang baru diaspal

Mereka yang memiliki kolam ikan di rumahnya pasti banyak memanfaatkan asbes sebagai penutup kolamnya. Penggunaan asbes untuk menutup kolam biasanya dilakukan saat matahari sedang terik-teriknya. Hal ini dimaksudkan supaya air kolam tidak terlalu tinggi dan mengganggu ekosistem hewan di dalamnya.

Bukan hanya itu, asbes pun dipakai untuk menutupi atau memberi tanda jalanan yang baru disemen. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada orang yang lewat jalanan tersebut dan menginjak semen yang masih basah.

6. Campuran bahan bodi kendaraan

Asbes juga bisa dipakai untuk bidang otomotif. Sejumlah bengkel menggunakan asbes sebagai bahan pembuatan dan pelapis bodi kendaraan bermotor. Asbes dipilih karena material ini sangat kuat sekaligus ringan sehingga cocok untuk berbagai jenis kendaraan.

Penggunaan asbes biasanya dipakai untuk untuk bemper, fender, dan bagian-bagian kecil lain. Asbes pun dipilih karena cukup mudah dicat. Selain itu, biaya produksi pelapisan bodi kendaraan pun menjadi lebih murah.

 

Baca juga: Pilihan Merk Alat Semprot Cat Tembok Terbaik untuk Dinding Rumah

 

Kelebihan Asbes sebagai Atap Rumah

Asbes memiliki banyak kelebihan sebagai atap rumah (Foto: 123rf)
Asbes memiliki banyak kelebihan sebagai atap rumah (Foto: 123rf)

Pemilihan asbes sebagai atap rumah bisa saja karena material ini memiliki banyak kelebihan. Berikut sederet kelebihan asbes yang bisa didapatkan:

1. Material yang ringan

Dibandingkan genteng atau fiberglass, bobot asbes bisa jauh lebih ringan. Pasalnya, material ini terbuat dari serat dan mineral alam yang padat. Bobot ringan ini pun akan berpengaruh pada jumlah penyangga kayu yang dipasang untuk atap rumah.

Jarak kayu penyangga untuk menahan asbes pun bisa mencapai 1 meter. Jarak ini lebih jauh dibandingkan dengan penggunaan genteng yang hanya sekitar 30 cm saja. Hal ini membuat biaya pembangunan rumah menjadi lebih hemat.

2. Mudah dipasang

Asbes berbentuk lembaran dengan gelombang dengan dimensi lembarannya pun cukup lebar. Dengan dimensi tersebut, pemasangan pun akan lebih mudah dan cepat. Pemasangan asbes terbilang lebih tidak memakan waktu dibandingkan dengan genteng yang perlu dipasang satu per satu. Dengan pemasangan yang cepat, biaya tukang pasang pun akan lebih sedikit untuk pemasangan atap.

 

Baca juga: Inilah Ukuran Bata Ringan dan Cara Menghitung Kebutuhannya

 

3. Lebih mudah didapatkan

Asbes pun tergolong material yang mudah didapatkan di banyak toko bangunan. Terlebih lagi, jumlah yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah dengan ukuran kecil dan sedang pun tidak terlalu banyak. Hal ini tentu saja bisa didapatkan hanya dari satu toko bangunan saja.

Berbeda dengan genteng yang butuh lebih banyak. Beberapa pemilik rumah malah ingin bentuk dan motif genteng yang dipakai seragam untuk meningkatkan nilai estetik. Hal yang mungkin terjadi adalah stok genteng tidak mencukupi sehingga harus menunggu atau mencari toko bangunan lain.

4. Harga yang relatif murah

Harga juga jadi alasan dipilihnya asbes oleh banyak orang. Pertama, harga asbes terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan genteng. Kedua, kebutuhan asbes untuk m80 penutup rumah juga lebih sedikit dibandingkan dengan genteng. Siapa pun yang ingin menghemat biaya pembangunan rumah tentu saja akan memilih asbes sebagai atapnya.

 

 

Ukuran Asbes per Lembar

Jenis asbes yang bisa dipilih pun cukup variatif dan beragam. Berikut ukuran asbes yang bisa didapatkan di pasaran:

  • 150 x 80 x 0,60 cm
  • 180 x 80 x 0,60 cm
  • 210 x 80 x 0,60 cm
  • 240 x 80 x 0,60 cm
  • 270 x 80 x 0,60 cm
  • 300 x 80 x 0,60 cm
  • 150 x 105 x 0,40 cm
  • 180 x 105 x 0,40 cm
  • 210 x 105 x 0,40 cm
  • 240 x 105 x 0,40 cm
  • 270 x 105 x 0,40 cm
  • 300 x 105 x 0,40 cm

 

Harga Asbes di BukaBangunan

Memulai usaha distributor asbes pun bisa jadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan. Material ini masih jadi idola banyak pemilik rumah sehingga permintaannya pun masih cukup banyak. Terlebih lagi, kamu pun bisa mendapatkan stok asbes dengan lebih mudah dari aplikasi BukaBangunan.

Harga asbes di BukaBangunan sekitar Rp35.000—Rp85.000 per lembarnya. Jenis yang disediakan oleh BukaBangunan pun cukup banyak dan beragam. Segera stok asbes dengan jumlah yang cukup dan mulai menjalankan usaha penyediaan asbes!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Keunggulan dan Manfaat Asbes untuk Material Bangunan dan Atap Rumah

Keunggulan dan Manfaat Asbes untuk Material Bangunan dan Atap Rumah

30 September 2022

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it