Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

8 Cara Mengatasi Pipa Mampet di Rumah dengan Mudah

Uji Agung Santosa
Gambar: Cara Mengatasi Pipa Mampet di Rumah
Gambar: Cara Mengatasi Pipa Mampet di Rumah

Masalah pipa mampet bisa dialami oleh siapa saja. Kamu pun tidak akan tahu kapan pipa saluran air di rumah bisa mampet. Kalau hal itu terjadi, kamu cukup mencari cara mengatasi pipa tersumbat dengan langkah yang tepat.

Semua langkah bisa kamu lakukan sendiri dengan alat dan bahan yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun, kamu perlu tahu dulu letak terjadinya penyumbatan sehingga bisa mengatasinya dengan lebih tuntas. Yuk, cari tahu semua hal tentang pipa mampet di bawah ini.

Penyebab Saluran Pipa Mampet

Penyebab umum pipa mampet.
Gambar: Penyebab Umum Saluran Pipa Mampet.

Pipa tersumbat ini lebih sering karena kesalahan dari pemilik rumahnya sendiri. Namun, ada juga penyebab yang datang dari faktor eksternal. Berikut faktor yang bisa membuat saluran pipa tersumbat.

Baca juga: Bahan Kimia untuk Pipa Mampet, Ini Cara Menggunakannya

1. Pengendapan minyak

Faktor ini yang paling sering terjadi. Masih banyak orang yang membuat sisa minyak bekas menggoreng ke wastafel. Faktanya, air dan minyak tidak bisa menyatu dan minyak tidak bisa ikut terbuang bersama air.

Terlebih lagi, minyak pun bisa mengendap jika terlalu lama berada di dalam saluran air. Endapan ini yang membuat saluran air menyempit dan sulit dilalui oleh air.

2. Sisa makanan yang terlalu banyak

Hati-hati juga saat buang sisa makanan ke saluran pembuangan. Makanan yang terlalu besar dan banyak juga bisa menjadi penyebab pipa mampet. Pasalnya, sisa makanan ini juga bisa ikut terdorong ke saluran pembuangan.

Jika memang ingin membuang sisa makanan, pastikan untuk memilahnya terlebih dulu. Lebih baiknya lagi kamu menyaringnya dan membuangnya ke tempat sampah.

3. Sampah plastik

Saluran air tersumbat karena sampah plastik buka terjadi satu atau dua kali. Lebih seringnya lagi kejadian ini terjadi di saluran pembuangan di kamar mandi. Banyak orang kerap membuang sampah dari sampah bungkus sabun atau sampo sachet ke saluran pembuangan, seperti kloset atau lubang air.

Namun, bukan berarti saluran air tempat mencuci juga tidak pernah tersumbat karena membuang sampah plastik. Karena itu, hindari membuang sampah plastik ke saluran pembuangan.

4. Endapan sabun

Kamu juga perlu memilih sabun untuk dipakai di rumah, baik sabun badan dan sabun cuci. Pasalnya, ada sejumlah sabun yang bisa mengendap di saluran pembuangan dan bikin mampet. Ada baiknya untuk tidak menggunakan sabun terlalu banyak karena bisa menimbulkan endapan.

5. Sampah organik dan lainnya

Kamu yang punya masalah pada rambut rontok juga perlu hati-hati. Pasalnya, rambut rontok juga bisa jadi penyebab pipa mampet jika terjadi dalam jumlah banyak. Rambut-rambut tersebut bisa menambah jumlah sampah yang mengalir di pipa saluran air.

Belum lagi saat air yang mengalir mengandung banyak lumpur. Lumpur yang mengendap juga bisa membuat saluran air menyempit.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

Bahaya jika Saluran Pipa Mampet

Bahaya Jika Saluran Pipa Mampet
Gambar: Bahaya Jika Saluran Pipa Mampet

Jangan biarkan pipa mampet terlalu lama karena bisa merugikan kamu sebagai pemilik rumah. Ini dia bahaya yang bisa muncul dari saluran pipa mampet.

1. Kebocoran pada pipa

Pipa bisa tidak lagi mampu menahan dorongan air yang mengalir karena ada penyumbatan. Hal ini akan membuat pipa bocor, retak, hingga pecah. Kondisi ini akan menyebabkan genangan di lantai atau rembesan di dinding.

2. Muncul bau tidak sedap

Pipa mampet akan membuat air kotor tidak bisa dibuang dengan lancar. Hal ini akan membuat aroma aroma tidak sedap dari air akan kembali naik. Jadi jangan heran jika wastafel atau kamar mandi di rumah jadi bau.

3. Kontaminasi air bersih

Hal buruk yang mungkin terjadi adalah air kotor bercampur dengan air bersih. Pasalnya, air kotor yang tidak bisa mengalir ke saluran pembuangan akan mengalir ke saluran air bersih. Hal inilah yang akan mencemari air bersih untuk rumah kamu.

4. Menyebabkan gangguan kesehatan

Apa yang terjadi jika kamu menggunakan air yang sudah terkontaminasi? Jika menggunakan untuk mandi, kamu mungkin bisa terkena penyakit kulit. Kamu juga bisa terkena penyakit pencernaan kalau mengonsumsi air yang kotor di rumah.

Baca juga: Daftar Ukuran Pipa PVC dan Pipa Besi untuk Saluran Air

Cara Mengatasi Pipa Tersumbat

Cara Mengatasi Pipa Tersumbat
Gambar: Cara Mengatasi Pipa Tersumbat

Kamu bisa mengatasi sendiri pipa mampet di rumah dengan menggunakan beberapa bahan yang bisa ditemukan di toko bangunan. Berikut cara mengatasi pipa tersumbat yang bisa dicoba.

1. Cairan baking soda dan cuka

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menuangkan cuka dan baking soda ke dalam saluran air. Kamu perlu memasukkannya satu per satu untuk memunculkan reaksi di dalam saluran air. Tunggu beberapa saat setelah dua bahan ini dituangkan.

Setelah itu, siram dengan air panas ke dalam saluran air. Baking soda yang terkena air panas akan memunculkan buih yang bisa membantu mengurai sampah. Siram kembali dengan air yang cukup banyak untuk membantu mendorong sampah ke luar.

2. Menuangkan soda api

Soda api merupakan bahan yang sering kali dipakai untuk membersihkan saluran yang mampet, baik di dalam kloset maupun saluran pembuangan. Kamu bisa mendapatkan soda api dengan mudah di banyak toko material. Namun, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan dan masker saat menuangkan ke dalam pipa mampet.

Soda api juga punya kemampuan untuk mengurai sampah mengendap. Namun, hindari penggunaannya terlalu sering karena bisa menyebabkan kerusakan pipa.

3. Perasan lemon dan baking soda

Pipa mampet karena endapan minyak dan sisa makanan bisa diatasi dengan perasan lemon dan baking soda. Baking soda berfungsi untuk mengurai sampai, sedangkan perasan lemon bertugas untuk mengikis endapan minyak.

Tunggu beberapa saat setelah campuran lemon dan baking soda dituangkan. Setelah itu, siram dengan air panas untuk membersihkan secara menyeluruh.

4. Sabun cuci dan air panas

Kamu juga bisa menguras pipa mampet dengan campuran sabun cuci dan air panas. Sabun cuci akan melancarkan saluran air dengan sifatnya yang membersihkan. Kamu bisa menghilangkan kotoran dan lemak yang mengendap dalam saluran air.

5. Pasir kasar

Pasir kasar bisa dipakai untuk membersihkan saluran yang tersumbat. Tekstur pasir akan membantu mengikis kotoran, sampah, dan minyak yang ada di dalam pipa. Kamu cukup masukkan dua genggam pasir kasar ke dalam pipa dan siram dengan serang kompresor.

6. Menggunakan tali pembersih

Kamu pun bisa membeli tali pembersih khusus untuk pipa dan saluran air. Pilih yang diameternya sama dengan diameter pipa supaya bisa dimasukkan.

Masukkan tali pembersih tersebut ke dalam pipa dan siram dengan air. Pastikan memegang ujung pipa supaya bisa menariknya kembali. Tunggu sebentar sebelum kamu menariknya ke atas dan membawa seluruh sampah.

7. Menggunakan kabel auger

Kabel auger juga bisa didapatkan dengan mudah di toko material. Kabel ini berbentuk spiral seperti per dan sangat fleksibel untuk mengikuti pola pipa. Pada bagian pangkalnya, terdapat alat pemutar untuk membuat kabel bisa berputar untuk membersihkan kotoran di pipa mampet.

8. Menggunakan cairan kimia pembersih

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan cairan kimia yang bisa mengurai segala jenis kotoran. Namun, ada risiko yang mungkin muncul dengan langkah pembersihan ini. Bahan kimia bisa menyebabkan kerusakan atau membuat pipa menjadi korosi.

Pastikan untuk selalu menggunakan sarung tangan dan masker saat menggunakan bahan kimia ini. Simpan juga di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh anak-anak.

Itu dia cara mengatasi saluran tersumbat yang bisa dilakukan sendiri. Cari bahan-bahan pembersih pipa mampet tersebut di Bukabangunan.com yang menawarkan alat keperluan rumahan yang lengkap. Kamu juga punya kesempatan untuk menjadi agen alat bangunan dengan bergabung menjadi partner BukaBangunan dan raih keuntungan berlipat.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

Cara Pasang Pintu Kamar Mandi Sendiri, Mudah Tanpa Tukang

Cara Pasang Pintu Kamar Mandi Sendiri, Mudah Tanpa Tukang

19 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Pipa Mampet di Rumah dengan Mudah

8 Cara Mengatasi Pipa Mampet di Rumah dengan Mudah

28 Februari 2024

7 Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

7 Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

1 Februari 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

Terbaru
Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

2 Mei 2024

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

2 Mei 2024

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

2 Mei 2024

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

1 Mei 2024

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

30 April 2024

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

30 April 2024

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

30 April 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it