Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Info Lengkap, Tips Distributor, dan Harga Fitting Lampu Plafon dan Lampu Gantung

may.rahmadi
harga fitting lampu
harga fitting lampu

Instalasi lampu di sebuah ruangan mungkin terlihat sederhana, padahal ada banyak komponen yang perlu diketahui. Komponen lampu tidak hanya bola lampu dan listrik, tapi juga dibutuhkan saklar, fitting lampu, hingga sambungan kabel listriknya.

Saat melakukan renovasi atau baru membangun rumah, pemasangan lampu akan jadi kebutuhan yang krusial. Pada kesempatan itulah, orang akan mencari toko listrik untuk mendapatkan berbagai komponen kelistrikan untuk instalasi lampu.

Selain kebutuhan di rumah, komponen dan alat-alat listrik juga akan diperlukan untuk kebutuhan kantor, taman kota, hingga jalan raya. Karena itulah, berbagai kebutuhan atas komponen lampu dan listrik dibutuhkan sebagai hal krusial bagi banyak orang.

Apa Itu Fitting Lampu?

Fitting lampu adalah penghubung jaringan listrik berbentuk seperti kerucut yang berfungsi untuk mengalirkan listrik. Jaringan listrik yang dihubungkan melalui kabel tidak langsung bisa dihubungkan dengan bola lampu, melainkan membutuhkan alat perantara.

Biasanya, fitting lampu berwarna putih dan memiliki bagian cekung yang dilapisi dengan bahan logam seperti kuningan. Pemasangan bola lampu menjadi lebih mudah dan aman dengan menggunakan fitting lampu.

Aliran listrik dari kabel juga lebih aman untuk melindungi orang yang memasang lampu dari sengatan listrik. Masing-masing jenis fitting lampu yang berbeda akan berbeda pula pada jenis corong lampu (bagian ulir) pada bola lampunya.

Jadi, akan lebih mudah jika kedua komponen fitting lampu dibeli bersamaan dengan bola lampunya. Sebagai potensi usaha, kedua komponen tersebut juga bisa dijual secara bundling agar mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian.

Macam-macam Fitting Lampu Berdasarkan Peletakannya

Selain bentuk fitting lampu yang beragam sebagai penghubung dengan bola lampu, hal yang tidak kalah penting adalah lokasi peletakan lampu. Makin berkembangnya zaman juga akan berpengaruh pada preferensi seseorang dalam melakukan instalasi lampu.

Pencahayaan dari bola lampu menjadi salah satu elemen penting yang mendukung arsitektur ruangan atau lansekap. Karena itulah, penting untuk mengenal macam-macam fitting lampu yang bisa dipilih berdasarkan letak penggunaannya:

1. Fitting lampu plafon (tempel)

Penggunaan fitting lampu yang paling umum adalah fitting lampu tempel atau fitting lampu plafon. Seperti namanya, fitting lampu plafon adalah penghubung listrik yang ditempel pada bagian langit-langit ruangan.

Jenis fitting lampu ini adalah jenis yang paling dasar dengan fungsi permanen yang tidak bisa dipindahkan. Instalasi kabel tidak akan terlihat dan pemasangannya akan membutuhkan sekrup untuk merekatkan dengan kuat ke bagian langit-langit ruangan.

2. Fitting lampu gantung

Untuk kebutuhan yang lebih fleksibel, penggunaan fitting lampu gantung juga tidak kalah populer dibandingkan dengan fitting lampu tempel. Biasanya, fitting lampu gantung memiliki kabel yang cukup panjang dan mampu menahan beban lampu.

Pada beberapa kesempatan, penggunaan lampu gantung juga ditujukan untuk memberi sentuhan estetika yang unik. Selain itu, penempatannya juga bisa disesuaikan pada langit-langit, tiang, atau area lainnya di dalam ruangan.

3. Fitting lampu downlight

Berbeda dengan fitting lampu tempel dan gantung, fitting lampu downlight akan membawa pengaruh pada pencahayaan. Bola lampu akan relatif lebih redup karena terhalangi pada bagian sisi-sisinya.

Pada dasarnya, fungsi fitting lampu ini juga permanen dipasang pada bagian langit-langit ruangan. Namun, bagian fittingnya cekung ke dalam (berlawanan dengan bentuk fitting tempel yang mengerucut) sehingga lampu tidak menonjol dari permukaan plafon.

4. Fitting lampu colok

Untuk penggunaan yang lebih fleksibel, ada pula fitting lampu colok yang biasanya dipakai pada jenis lampu tidur. Bola lampu bisa dipasangkan ke stop kontak dengan posisi vertikal sesuai keinginan. Meski bisa dilepas pasang, penggunaannya tetap aman, kok.

Namun, penggunaan fitting lampu colok biasanya tidak disarankan untuk ruangan anak karena mudah dijadikan mainan. Terlepas dari itu, fungsi fitting lampu colok sangat praktis untuk kebutuhan pencahayaan di berbagai lokasi ruangan.

5. Fitting lampu kedap air

Nah, beralih dari kebutuhan di dalam ruangan, fitting yang dipakai di luar ruangan juga berbeda. Penggunaan fitting lampu kedap air biasanya terbuat dari bahan porselen dan karet. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi korsleting listrik saat cuaca hujan.

6. Fitting lampu sensor otomatis

Pada fitting lampu tempel atau gantung, bisa ditambahkan fitting sensor otomatis. Jenis fitting lampu otomatis ini biasanya dipakai agar lampu bisa menyala tanpa kendali dari saklar. Saat pencahayaan matahari sudah berkurang, lampu akan otomatis menyala.

Penggunaan fitting lampu otomatis mengadaptasi sensor yang biasanya sensitif. Jika area sekitarnya gelap akibat cuaca yang mendung, lampu juga bisa menyala. Biasanya, fungsi fitting lampu otomatis ini digunakan untuk bagian teras rumah.

Tips Usaha Fitting Lampu Sebagai Distributor

Memahami jenis-jenis alat kelistrikan sebenarnya tidak begitu sulit. Selain itu, kebutuhan yang datang dari konsumen juga akan selalu ada. Nah, bagi distributor yang ingin membuka potensi usaha baru, pertimbangkanlah untuk menjual harga fitting lampu yang bersaing.

Saat memutuskan usaha sebagai distributor alat-alat listrik, potensi usahanya bisa terus berkembang. Berikut inilah tips untuk mulai usaha fitting lampu dan alat listrik lainnya sebagai distributor:

- Pasokan stok barang mudah didapatkan dari produsen

- Modal usaha tidak terlalu besar karena stok barang bisa diecer

- Proses ekspedisi relatif lebih murah karena barang-barangnya tidak berat

- Kebutuhan konsumen tidak terbatas dalam jumlah eceran maupun grosir

- Usaha bisa dimulai tanpa harus memiliki gudang penyimpanan yang besar

- Toko bisa dikembangkan dengan pembelian online (lewat WhatsApp atau toko online)

Harga Fitting Lampu Plafon dan Fitting Lampu Gantung

Menjadi distributor fitting lampu plafon dan fitting lampu gantung bisa dilakukan semudah berjualan barang grosir. Tidak perlu area gudang yang luas, kamu bisa mulai menjual fitting lampu dan bola lampu untuk mulai menyediakan kebutuhan rumah tangga yang praktis.

Penyediaan komponen kelistrikan dalam jumlah eceran dapat membuka peluang usaha jual harga fitting lampu grosir yang lebih murah. Harga fitting lampu murah bisa dimulai dengan kisaran Rp10.000–Rp30.000 untuk harga fitting lampu plafon dan gantung.

Perkembangan teknologi dan kebutuhan arsitektur semakin berkembang sehingga menghasilkan inovasi pada komponen kelistrikan. Untuk penggunaan fitting lampu otomatis, kisaran harganya mulai dari Rp70.000–Rp160.000.

Dapatkan stok fitting lampu dengan kualitas produk terjamin dari BukaBangunan. Jual harga fitting lampu terbaik untuk konsumen eceran dan grosir dengan harga bersaing. Lebih hemat dan mudah untuk mencari stok barang semudah berbelanja dari toko online.

Mulai usaha fitting lampu dan jual alat kelistrikan lainnya bisa dilakukan dengan berbagai pilihan pembayaran praktis. Kamu juga bisa mempelajari berbagai jenis produk dan komponen listrik secara bertahap sambil membaca situasi pasar dan kebutuhan konsumen.

Distributor bisa beli fitting lampu dalam jumlah grosir dengan gratis ongkos kirim. Di mana pun lokasi toko kamu, stok barangnya bisa didapatkan dari aplikasi BukaBangunan dengan berbagai penawaran promo yang menarik untuk para distributor.

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Pahami Ukuran, Jenis, dan Fungsi Fitting Lampu yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Pahami Ukuran, Jenis, dan Fungsi Fitting Lampu yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

9 Februari 2023

Info Lengkap, Tips Distributor, dan Harga Fitting Lampu Plafon dan Lampu Gantung

Info Lengkap, Tips Distributor, dan Harga Fitting Lampu Plafon dan Lampu Gantung

20 Maret 2023

Jenis-jenis Lampu LED yang Bisa Bikin Suasana Malam Jadi Lebih Indah

Jenis-jenis Lampu LED yang Bisa Bikin Suasana Malam Jadi Lebih Indah

9 Februari 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it