Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Jenis dan Ukuran Gypsum Terlengkap yang Laris di Pasaran

Ardito Wahyu Octian
Gypsum banyak dipakai karena ringan dan kuat (Foto: 123rf)
Gypsum banyak dipakai karena ringan dan kuat (Foto: 123rf)

Penggunaan gypsum di rumah belakangan ini sudah sering dipakai sebagai alternatif material bangunan. Gypsum sering dipakai banyak orang untuk langit-langit rumah karena sangat ringan dan kuat. Karena itu, siapa pun yang memilih material gypsum harus mengetahui ukuran yang akan diaplikasikan di rumah.

Memilih ukuran gypsum yang tepat membuat penggunaannya pun bisa lebih pas, tidak kurang atau berlebihan. Hal ini pun bisa menghemat biaya pemasangan nantinya agar tidak menambah. Jumlah gypsum lembaran yang dibutuhkan dalam konstruksi bangunan bisa cukup banyak, biarpun hanya untuk renovasi.

 

 

Fungsi Gypsum untuk Rumah dan Bangunan

Ada banyak fungsi gypsum untuk tempat tinggal kita
Ada banyak fungsi gypsum untuk tempat tinggal kita (Foto: 123rf)

 

Gypsum adalah material yang terbentuk dari proses penguapan dan endapan beberapa material lainnya. Lapisannya terbentuk dari batuan sedimen, batu gamping, serpih merah, batu pasir, dan lempung. Bebatuan ini yang membuat gypsum menjadi material yang tahan api dan panas.

Dilihat dari fungsinya, gypsum tentu sangat bermanfaat untuk rumah dan bangunan. Tidak heran material ini selalu jadi pilihan banyak orang. Berikut sederet fungsi gypsum yang perlu diketahui:

1. Sebagai pembuat langit-langit

Gypsum cukup kuat untuk dijadikan langit-langit. Bahannya pun mampu menahan panas matahari dari luar. Hal ini membuat bagian dalam rumah terasa lebih adem. Material ini pun sangat mudah dipotong dan dibentuk sesuai kebutuhan untuk menjadikan langit-langit lebih indah.

2. Sekat dinding bangunan

Banyak orang juga yang menggunakan gypsum sebagai sekat antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Material yang tebal ini membuat suara dari luar tidak ikut masuk. Kekuatannya pun serupa dengan bata sehingga awet dan tahan lama.

3. Perekat atau plester

Gypsum juga bisa menggantikan acian semen untuk merekatkan bata. Material ini cukup fleksibel dan tidak mudah rapuh. Kamu hanya perlu mencampurkannya dengan material lain untuk membuat acian  plester.

4. Penyubur tanaman

Material gypsum ternyata bisa dipakai sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Pasalnya, material pembentuk gypsum didapat dari bebatuan yang mengalami proses penguapan dan sedimentasi. Gunakan sisaan gypsum untuk menaruhnya di tanah sekitar rumah.

Ukuran Gypsum Standar di Pasaran

Ada beberapa ukuran gypsum yang dijual di pasaran
Ada beberapa ukuran gypsum yang dijual di pasaran (Foto: 123rf)

 

Ukuran gypsum bisa sangat bervariasi tergantung dari merk yang memproduksinya. Namun, tetap ada standar baku yang digunakan untuk mengukur gypsum. Mengetahui ukuran gypsum akan mempermudah pengukuran saat ingin diaplikasikan di ruangan.

Ukuran gypsum standar adalah 122 cm x 244 cm dan material ini dijual per lembar. Sebuah papan gypsum memiliki luas 2,88 meter persegi. Namun, ada juga ukuran gypsum yang lebih kecil 120 cm x 60 cm untuk kebutuhan yang lebih sedikit. Ketebalan gypsum bisa dipilih antara 6,5 mm, 9 mm, 12 mm, dan 15 mm.

Makin tebal gypsum, makin kokoh juga material ini saat dipasang di rumah. Material yang satu ini juga cukup kedap terhadap suara dan panas. Memilih ukuran gypsum yang lebih tebal untuk dinding atau atap rumah membuat suara yang datang dari luar atau ruangan lain pun bisa direndam.

Cara Menghitung Kebutuhan Gypsum

Hal yang perlu dilakukan saat menggunakan material gypsum adalah mengetahui kebutuhan untuk setiap ruangan. Karena itu, kamu perlu mengukur dulu ruangan yang ingin dipasang gypsum. Selanjutnya, mencari tahu kebutuhan lembar gypsum sebelum mulai menyediakannya.

Sebagai contoh, kamu akan menutup sebuah ruangan dengan ukuran 4 x 5 meter. Luas ruangan tersebut adalah 20 meter persegi. Selanjutnya, kamu perlu membagi luas ruangan tersebut dengan luas lembar gypsum yang digunakan, misalnya 2,88 meter persegi.

Perhitungannya akan menjadi:

20 : 2,88 = 6,94 lembar gypsum.

Kamu bisa menyediakan 7 lembar gypsum untuk menutup ruangan tersebut. Nantinya, tinggal memotong satu lembar gypsum supaya bisa pas.

Rekomendasi Merk Gypsum yang Bagus

Inilah beberapa produk gypsum yang bagus untuk atap rumah
Inilah beberapa produk gypsum yang bagus untuk atap rumah (Foto: 123rf)

 

Mengingat kelebihan yang dibawa, banyak orang mencari gypsum untuk kebutuhan membangun atau merenovasi rumah mereka. Sejumlah merek gypsum pun bisa didapatkan dan menawarkan kualitas terbaik. Berikut pilihan merk gypsum terbaik untuk siapa pun yang ingin memanfaatkan gypsum di rumah:

1. Gypsum Aplus

Merek gypsum Aplus merupakan salah satu produsen material lokal yang memiliki kualitas dan mutu terbaik. Variannya pun sangat lengkap sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk ukuran standar, Aplus menyediakan ketebalan gypsum mulai dari 9—12 mm.

Aplus pu menawarkan berbagai jenis yang bisa dipilih, mulai dari gypsum standar hingga yang tahan lembap dan api. Dengan bobot gypsum sekitar 17 kg per lembarnya, material ini bisa menahan beban yang cukup kuat. Jadi, tidak perlu khawatir gypsum akan retak atau patah.

2. Gypsum Knauf

Knauf merupakan merek asal Jerman yang sudah terbukti kekuatannya. Bobotnya cukup ringan dan sangat fleksibel. Gypsum ini mudah dipotong dan dibentuk sesuai dengan motif dan kondisi ruangan. Biarpun begitu, gypsum Knauf tetap sangat kuat dan tidak mudah rusak.

Merek gypsum Knauf juga menawarkan ketebalan hingga 12 mm. Dapatkan juga gypsum Knauf MoistureShield yang tahan akan kelembapan sehingga tidak mudah berjamur.

3. Gypsum Jayaboard

Jayaboard merupakan produsen gypsum lokal yang sudah berdiri puluhan tahun. Produk yang ditawarkannya pun sudah dipakai oleh banyak bangunan, mulai dari rumah, toko, hingga perkantoran. Gypsum buatan Jayaboard ini pun cocok dipakai di lokasi yang memiliki tingkat kelembapan tinggi.

Dari sisi harga, gypsum Jayaboard tergolong masih sangat terjangkau. Tidak heran banyak dipilih oleh para pelaku usaha material. Terlebih lagi, merk gypsum yang satu ini juga hadir dengan pilihan ketebalan yang bervariasi, mulai dari 6,5 mm hingga 16 mm.

4. Gypsum Gyproc

Merek Gyproc juga sudah jadi pilihan banyak bangunan. Gypsum ini dipakai untuk proyek besar, seperti pembangunan apartemen dan mal. Beberapa rumah-rumah modern juga memanfaat gypsum dari Gyproc karena cukup kuat dengan harga yang relatif terjangkau.

Material gypsum ini sangat tahan dengan benturan. Penggunaannya pun bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Dalam penggunaannya sebagai plafon rumah, gypsum Gyproc juga mampu menyerap panas sehingga membuat ruangan lebih adem.

5. Gypsum Indoboard

Produk lokal lain yang juga bisa diandalkan adalah Indoboard. Merk gypsum yang satu ini dipercaya untuk melapisi sejumlah bangunan tempat tinggal. Ukuran gypsum yang ditawarkan juga cukup tebal dan kuat.

Di samping itu, gypsum dari Indoboard juga menawarkan harga yang lebih terjangkau. Gypsum ini bisa dipakai oleh siapa pun yang ingin membetulkan plafon langit-langit rumahnya yang rusak.

 

 

Itulah berbagai jenis dan ukuran gypsum yang bisa dimanfaatkan untuk proyek pembangunan maupun renovasi rumah. Dapatkan berbagai pilihan gypsum terbaik dan terlengkap di BukaBangunan untuk usaha penyediaan material bangunan. BukaBangunan menawarkan harga terbaik untuk para pelaku usaha yang ingin membuka peluang franchise toko bahan bangunan dan mendapatkan stok barang yang dibutuhkan.

Dapatkan juga promo gratis ongkos kirim ke mana pun lokasi toko material berada. Dengan begitu, harga jual yang ditawarkan tentu akan lebih bersaing.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Jenis dan Ukuran Gypsum Terlengkap yang Laris di Pasaran

Jenis dan Ukuran Gypsum Terlengkap yang Laris di Pasaran

20 September 2022

Rekomendasi Model Plafon Gypsum Minimalis untuk Seluruh Ruangan di Rumah

Rekomendasi Model Plafon Gypsum Minimalis untuk Seluruh Ruangan di Rumah

15 September 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it