Beranda

Kategori

Artikel

Halaman 1

|

1-30 barang dari 61 barang

RYU Mesin Blower Tangan - RBL25-1

RYU Mesin Blower Tangan - RBL25-1

Paku Beton 2cm

Paku Beton 2cm

Paku Beton 3cm

Paku Beton 3cm

Paku Beton 5cm

Paku Beton 5cm

Paku Beton 7cm

Paku Beton 7cm

Paku Beton 10cm

Paku Beton 10cm

Sekrup 1inch

Sekrup 1inch

Paku 3 Inch

Paku 3 Inch

Paku 2 Inch

Paku 2 Inch

Paku 1,5 inch

Paku 1,5 inch

Paku 12cm

Paku 12cm

Paku 4 Inch

Paku 4 Inch

Paku 5 Inch

Paku 5 Inch

TEKIRO Tang Potong 6 Inch - PL-DG0762 (6's)

TEKIRO Tang Potong 6 Inch - PL-DG0762 (6's)

Paku Payung 5cm

Paku Payung 5cm

Paku Payung 7cm

Paku Payung 7cm

Paku GRC

Paku GRC

Paku Karpet

Paku Karpet

TEKIRO Tang Kombinasi 7 Inch - PL-LM0758 6's

TEKIRO Tang Kombinasi 7 Inch - PL-LM0758 6's

TEKIRO Kotak Perkakas 3 Susun (550x200x290mm) - ST-TB1068

TEKIRO Kotak Perkakas 3 Susun (550x200x290mm) - ST-TB1068

VONE Shower Tangan HS-88

VONE Shower Tangan HS-88

VONE Shower Tangan HS-194

VONE Shower Tangan HS-194

Hansgrohe Raindance S Shower Tangan

Hansgrohe Raindance S Shower Tangan

RYU Mesin Gerinda Tangan - RSG100-3

RYU Mesin Gerinda Tangan - RSG100-3

Makita Mesin Gerinda Tangan M 0900

Makita Mesin Gerinda Tangan M 0900

Makita Mesin Bor Tangan M 0600B

Makita Mesin Bor Tangan M 0600B

Shower Tangan Hansgrohe Croma 100 (Mono)

Shower Tangan Hansgrohe Croma 100 (Mono)

Shower Tangan Hansgrohe Croma 100 (Multi)

Shower Tangan Hansgrohe Croma 100 (Multi)

Shower Tangan Hansgrohe Raindance S 120

Shower Tangan Hansgrohe Raindance S 120

RYU Mesin Bor Tangan Elektrik - RDR10-3RE

RYU Mesin Bor Tangan Elektrik - RDR10-3RE

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store

Daftar Hand Tools yang Wajib ada di Toko Bangunan Anda

Hand tools atau perkakas tangan merupakan semua jenis alat bantu kerja yang dioperasikan oleh tangan manusia untuk memperbaiki sesuatu. Keberadaan perkakas tangan memudahkan pekerjaan manusia, terlebih untuk pekerja profesional dan para teknisi. Tidak hanya mempermudah para teknisi, siapa pun bisa menggunakan perkakas tangan untuk memudahkan pekerjaannya.

Hand tools atau perkakas tangan adalah alat yang penggunaannya mengandalkan tenaga manusia. Alat ini disebut perkakas tangan karena mengoperasikan alat tersebut memakai tenaga manusia sebagai sumber tenaga utama. Hal ini berbeda dengan power tool yang penggunaannya memakai sumber tenaga lain seperti listrik, tenaga angin bertekanan, hingga mesin penyalaan dalam (ICE).

Perkakas tangan adalah kebutuhan dasar dari semua bentuk pekerjaan mekanik, bangunan, bengkel dan keperluan lainnya. Secara umum perkakas tangan diantaranya kunci pas, tang, palu, obeng, dll. Lalu apa yang dimaksud dengan perkakas tangan dan apa saja alat-alat yang termasuk didalamnya? Berikut ini pengertian perkakas tangan jenis-jenis, dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Perkakas Tangan

Secara pengertian, perkakas tangan merupakan semua jenis perkakas yang bisa digunakan langsung oleh tangan manusia tanpa perlu sumber tenaga lain seperti tenaga motor atau tenaga listrik. Keberadaan perkakas tangan dapat memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit diselesaikan tanpa alat bantu. Selain tidak memerlukan energi listrik, penggunaan perkakas tangan pun cukup mudah.

Alat-alat yang Termasuk Perkakas Tangan dan Fungsinya Masing- masing

Perkakas tangan merupakan alat pertukangan atau mekanik yang berperan penting dalam melakukan pemasangan, perbaikan, pembuatan furnitur dan kebutuhan lainnya. Alat perkakas tangan memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kegunaannya baik untuk penggunaan pribadi, industri, UMKM, servis atau bengkel, dan lainnya. Ada berbagai macam jenis perkakas tangan untuk memudahkan banyak pekerjaan.

Dengan adanya alat-alat perkakas tangan, Anda akan lebih mudah untuk memperbaiki berbagai permasalahan teknik di rumah, seperti keran air yang bocor, mengatasi masalah di jendela, pintu, dan lainnya. Lantas apa saja alat-alat yang termasuk perkakas tangan? Berikut adalah beberapa daftar perkakas tangan yang sering digunakan dalam aktifitas sehari-hari beserta fungsinya masing-masing.

Palu

Palu adalah perkakas tangan yang memudahkan kita ketika ingin menancapkan paku di tembok, permukaan kayu, atau permukaan lainnya. Penggunaan palu memberikan daya tekan tinggi sehingga paku menjadi mudah tertancap di permukaan yang diinginkan. Selain itu, palu juga bisa dipakai untuk hal lain misalnya menghancurkan benda atau menipiskan logam.

Palu dirancang untuk memberikan kekuatan yang tinggi di area kecil. Palu biasanya memiliki berbagai macam bentuk dan model, tergantung dari material benda yang dikerjakan. Beberapa macam palu yang dikategorikan sesuai dengan penggunaannya, yaitu :

Palu konde (ball peen hammer) yang berfungsi untuk memukul benda yang terbuat dari logam keras seperti paku, baja, besi, dll.

Palu tembaga (copper hammer) yang berfungsi untuk memukul benda yang terbuat dari logam keras dan bertujuan agar perubahan bentuk pada benda tersebut tidak terjadi (mencegah kerusakan pada benda kerja).

Palu karet (rubber mallet hammer) yang berfungsi untuk memukul benda yang terbuat dari plat untuk mencegah kerusakan pada permukaan plat.

Palu godam (sledge hammer) yang berfungsi untuk menggedor, menghancurkan tau membongkar suatu benda.

Pisau

Pisau merupakan salah satu perkakas tangan yang paling sering dipakai dan hampir setiap rumah selalu terdapat pisau. Pisau berfungsi untuk memotong sesuatu yang teksturnya tidak terlalu keras. Dengan pisau, aktivitas memotong menjadi lebih mudah dan cepat. Biasanya pisau kerap digunakan sebagai peralatan di dapur atau alat memasak.

Gunting

Fungsi gunting sebenarnya hampir sama dengan pisau yakni untuk memotong sesuatu yang tidak terlalu keras. Namun, penggunaan gunting lebih luas sehingga banyak barang yang bisa dipotong dengan gunting. Selain itu gunting juga cenderung lebih aman untuk memotong jika dibandingkan dengan pisau.

Kunci

Kunci berfungsi untuk mengendurkan atau mengencangkan mur dan baut. Kunci juga biasa digunakan dalam hal perakitan pipa yaitu untuk melonggarkan dan mengencangkan pipa. Dari sekian banyak jenis kunci yang ada di pasaran, kunci pas dan kunci ring adalah kunci yang paling sering digunakan.

Obeng

Siapa yang tidak tahu obeng? Obeng merupakan salah satu alat perkakas tangan yang ada di hampir setiap rumah. Biasanya, banyak orang menyediakan beberapa jenis obeng sekaligus di dalam rumahnya untuk berbagai macam keperluan.Obeng hampir mempunyai fungsi yang sama dengan kunci yaitu untuk mengencangkan dan mengendorkan baut atau sekrup.

Tapi bedanya obeng dipakai untuk mengencangkan sekrup atau baut yang tidak membutuhkan tekanan tinggi untuk mengendurkan dan mengencangkannya. Obeng bisa digunakan untuk memperbaiki alat elektronik, pintu, jendela, sepeda motor, dan lainnya. Setiap jenis obeng memiliki fungsi yang tidak sama. Berikut ulasan beragam jenis obeng dan cara menggunakannya.

Obeng Pipih: obeng ini mempunyai mata obeng yang berbentuk pipih dan biasa disebut dengan obeng minus. Obeng ini berfungsi mengencangkan dan melonggarkan baut yang berbentuk minus.

Obeng Kembang: mata obeng pada jenis ini mempunyai bentuk plus atau tanda tambah sehingga kerap disebut dengan obeng plus. Fungsi obeng kembang adalah untuk melonggarkan dan mengencangkan baut berbentuk plus. Karena baut berbentuk plus memiliki berbagai ukuran, mata obeng kembang yang dipakai juga harus sesuai dengan ukuran bautnya.

Obeng Ratchet: Obeng ini cukup unik karena bentuk gagangnya yang mirip seperti pistol. Dengan menggunakan obeng ratchet, Anda bisa melakukan bongkar pasang berbagai macam mata obeng. Namun, kekurangan obeng ini adalah di bagian penyetelannya yang cepat haus.

Obeng Fleksibel: Keunikan dari obeng ini yaitu bentuknya yang mirip seperti pulpen. Kelebihan obeng ini ada di mata obengnya yang bisa membuka dua macam sekrup, yaitu sekrup pipih dan kembang.Bila Anda ingin mengganti mata sekrupnya, Anda tinggal membalikkan mata obengnya.

Tang

Tang (plier) berfungsi untuk menjepit, membengkokkan atau mencabut benda yang tertancap di permukaan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan perkakas tangan yang satu ini. Seperti meluruskan atau membengkokkan kabel dan kawat, mengiris atau memotong kabel, mencabut paku, sampai memegang suatu benda agar daya cengkramnya lebih kuat sehingga memudahkan mekanik untuk melakukan pekerjaanya.

Alat perkakas tangan ini mudah digunakan untuk berbagai keperluan tergantung dari bentuk dan jenis tang yang digunakan. Ada beberapa jenis tang, diantaranya tang kombinasi (combination plier) yang berfungsi memegang benda, memotong kabel atau kawat, hingga membengkokkan logam tipis, tang potong (side cutting plier) yang berfungsi memotong kawat atau kabel dan tang slip (slip joint plier) yang berfungsi memegang benda kerja dengan berbagai ukuran karena tang slip memiliki rahang yang bisa diperbesar dan disesuaikan.

Klem

Klem digunakan untuk mengikat suatu benda pada benda yang lainnya. Seperti mengikat selang pada suatu kran agar selang itu tidak lepas dari kran sehingga airnya tidak bocor.

Alat Ukur/Meteran

Alat ukur atau meteran banyak dipakai untuk berbagai macam keperluan. Berbagai profesi biasa menggunakan perkakas tangan yang satu ini seperti penjahit untuk mengukur suatu kain, tukang bangunan untuk mengukur rancangan pondasi dan lainnya, hingga penjual tanah untuk mengukur berapa besar luas tanah.

Gergaji

Gergaji digunakan dalam aktifitas pertukangan untuk pekerjaan potong memotong sebuah benda seperti kayu, pipa, dan besi. Biasanya, ada pilihan pisau gergaji 8, 10 atau 12 inci.

Bilah gergaji umumnya terbuat dari material baja bermutu tinggi dan keras. Gergaji tangan menggunakan tangan secara manual dalam penggunaannya dengan gerakan maju mundur. Berbeda dengan gergaji mesin, gergaji tangan tidak perlu bantuan listrik dalam pengoperasiannya.

Pahat

Pahat adalah salah satu alat perkakas yang berfungsi untuk memberi variasi di permukaan furnitur. Pahat juga sering dimanfaatkan untuk menyiasati permukaan yang rusak dan membongkar permukaan dinding atau furnitur.

Kikir

Kikir merupakan alat perkakas tangan yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan sebuah benda, meratakan serta mengikis suatu benda. Alat ini mempunyai beragam jenis dan bentuk yang sesuai dengan fungsinya. Misalnya kikir gepeng atau plat untuk meratakan bidang benda, kikir persegi empat untuk membuat bidang benda terlihat siku, kikir segitiga untuk membentuk bidang benda menjadi sudut 60 derajat, dan masih banyak lagi bentuk kikir yang lainnya.

Manfaat Perkakas tangan

Contoh di atas adalah sebagian kecil dari banyak perkakas tangan. Banyak sekali macam-macam perkakas tangan mulai dari yang sering digunakan untuk sehari-hari hingga perkakas tangan yang jarang ditemui di pasaran. Ada banyak manfaat menggunakan perkakas tangan untuk melakukan pekerjaan. Apa saja? berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Memudahkan Pekerjaan

Perkakas tangan merupakan alat bantu dalam melakukan berbagai pekerjaan agar semua menjadi lebih mudah. Perkakas tangan dirancang sedemikian rupa sehingga berfungsi dengan maksimal saat digunakan. Dengan begitu, secara umum perkakas tangan akan memudahkan pekerjaan yang dilakukan manusia.

Mempercepat Pengerjaan

Dengan menggunakan perkakas tangan, berbagai macam pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah sehingga pekerjaan tersebut bisa diselesaikan jauh lebih cepat. Bila deretan perkakas tangan itu tidak ada, pasti berbagai pekerjaan akan sulit dilakukan dan memakan waktu yang sangat lama untuk diselesaikan.

Tahan Lama

Karena tidak menggunakan komponen motor, sistem atau komputerisasi maka perkakas tangan adalah alat yang cenderung sangat awet dan tahan lama bila dibandingkan dengan peralatan yang membutuhkan tenaga motor atau listrik.

Bisa Digunakan Kapanpun

Dengan tidak membutuhkan tenaga motor atau listrik dalam penggunaannya, perkakas tangan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan tenaga manual dari tangan manusia.

Harga Perkakas Tangan

Sejumlah kategori perkakas tangan yaitu tang, gergaji, kunci pas, pemotong palu, obeng, pisau, klem dan lainnya bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Berikut kompilasi harga perkakas tangan dari setiap merek.

Kennedy

Merek asal Amerika yang satu ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ada berbagai macam alat perkakas tangan import yang bisa Anda jadikan pilihan. Palu dibanderol dengan harga Rp 500 ribu, klem di kisaran harga Rp 200 ribuan dan Rp 1 jutaan untuk kunci Inggris.

Tekiro

Bila Anda ingin perkakas tangan dengan harga yang cukup terjangkau, merek Tekiro bisa dijadikan pertimbangan. Merek asal Indonesia ini memiliki lisensi standar industri Jepang. Perkakas tangan dari Tekiro banyak direkomendasikan selain memiliki harga yang murah, kualitasnya sangat bisa diandalkan, termasuk untuk produk perkakas tangan di perbengkelan.

Tekiro fokus pada alat perkakas yang dikerjakan manual dengan tangan seperti kunci pas, kunci Inggris, kunci ring, kunci L, dan perkakas tangan lainnya. Produk Tang Snap Ring dan palu mekanik dijual dengan harga Rp 40 ribuan. Gergaji tangan kayu hanya Rp 60 ribuan dan Kunci Pas Set berisi 5 Pcs bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 130 ribuan.

Jonnesway

Sebagai merek premium, tak heran jika Jonnesway menawarkan harga perkakas tangan yang sedikit lebih mahal namun sesuai dengan kualitas yang diberikan. Palu plastik karet 16 oz dan kunci inggris dijual dengan harga Rp 300 ribuan, Combination Wrench Set 14Pcs Rp 1.6 jutaan dan Kunci Pipa 36 inch seharga Rp 2.5 jutaan.

Stanley

Merek ini bisa Anda jadikan pilihan karena harganya cukup ramah dikantong namun berkualitas tinggi. Produsen perkakas asal Amerika ini memiliki pengalaman selama satu abad lamanya sebagai produsen perkakas tangan berkualitas.

Inilah yang membuat Stanley bisa menjadi salah satu opsi untuk perkakas pilihan Anda. Karena ini adalah produk impor, maka kualitasnya juga tidak main-main.Tang Double Open End dijual dengan harga Rp 50 ribuan, klem 4 inci Rp 100 ribuan, palu sledge Rp 900 ribuan serta tang nipper dan tang circlip Rp 80 ribuan.

Total

Total adalah solusi bagi Anda yang ingin perkakas tangan dengan harga hemat. Ada banyak pilihan alat perkakas tangan yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Misalnya pisau pengupas kabel hanya Rp 30 ribuan, palu dan gergaji gagang Rp 40 ribuan, gergaji tangan Rp 60 ribuan hingga Staple Gun yang dibanderol dengan harga Rp 100 ribuan.

Hasston

Selain Total, Hasston juga bisa dijadikan pilihan merek perkakas tangan yang dibeli. Harganya yang terjangkau dan pilihan alat-alat perkakas tangan yang bervariasi membuat merek ini banyak diminati pasar. Gergaji runcing 14 inci dijual dengan harga hanya Rp 20 ribuan, Gergaji Triplek Mini + 4 Mata Rp 30 ribuan, Palu Kambing Gagang Kayu 0.25 kg Rp 40 ribuan dan Kunci Ring Pas Set 8 Pcs Rp 100 ribuan.

Itulah serba serbi terkait alat-alat perkakas tangan yang perlu Anda ketahui. Anda bisa membeli alat-alat perkakas tangan sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk kebutuhan bengkel, pabrik, atau sebagai alat rumah tangga sehari-hari. Bila Anda membutuhkan perkakas tangan baik itu palu, obeng, kunci pas, tang dan lainnya, Anda bisa menemukannya dengan mudah dan praktis di toko-toko, atau situs belanja online seperti Bukalapak.

Barang-barang tersebut kini bisa di dapatkan di BukaBangunan. Tak perlu khawatir berbelanja di Bukalapak, karena Anda bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan perkakas tangan dan alat mekanik yang original, lengkap dan berkualitas tinggi. Di Bukalapak, Anda juga akan mendapatkan pelayanan yang maksimal dan memuaskan dengan adanya tim customer support yang siap membantu Anda kapan saja. Jadilah Mitra Bukalapak. Jualan bahan bangunan jadi lebih gampang.

 

Kategori Perkakas Tangan
- Kunci Sock
- Kunci Pas
- Sambungan Sock
- Kunci Roda
- Kunci Nepel
- Kunci Inggris
- Tool Kit Set
- Gunting Potong
- Gergaji
- Kunci L
- Sendok Semen
- Mata Soket
- Kunci Ring
- Obeng
- Tang
- Lain-Lain

Semua Kategori

Batu

Besi dan Beton

Cat dan Perlengkapannya

Gypsum

Kamar Mandi

Kawat

Kayu

Keramik

Lampu

Ledeng dan Pipa

Paku

Pasir

Perekat dan Lainnya

Perkakas Listrik

Perkakas Mesin

Perlengkapan Las

Perlengkapan Listrik

Pintu dan Jendela

Semen

Lain-Lain

Baca selengkapnya