Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Alat-alat Cat Tembok yang Membuat Proses Pengecatan Lebih Cepat

may.rahmadi
Mengenal Berbagai Jenis dan Fungsi Alat Cat Tembok (Foto:123rf)
Mengenal Berbagai Jenis dan Fungsi Alat Cat Tembok (Foto:123rf)

Entah karena bosan, atau memang kamu memang sedang berencana melakukan renovasi rumah, pengecatan bagian dalam maupun luar rumah menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Maklum, tembok merupakan salah satu komponen utama atas sebuah rumah, dan pewarnaan terhadap tembok rumah sangat mempengaruhi orang-orang yang ada di dalamnya, dan jika kamu adalah pengusaha yang ingin merintis modal toko bangunan kamu bisa gabung Bukabangunan untuk dapetin stok bahan material termurah.

Makanya tembok biasanya dicat dengan warna-warna sesuai dengan keinginan penghuni rumah, supaya rumah dapat menggambarkan bagaimana karakteristik pemilik rumah, bahkan sampai menambah gengsi.

Tahukah kalau ternyata banyak sekali alat cat tembok yang dibutuhkan?

 

Alat-alat Cat Tembok

Untuk melakukan pengecatan tembok, tentu kamu membutuhkan beberapa alat-alat untuk menunjang pekerjaan pengecatan rumah kamu. 

Mulai dari kuas, baki cat dan masih banyak lagi. Alat cat tembok ini memiliki fungsinya masing-masing, sehingga perannya sangat dibutuhkan dalam proses pengecatan tembok. 

Bagi  yang belum tahu apa saja alat-alat cat tembok beserta fungsinya, yuk simak daftar dan penjelasannya lewat ulasan di bawah ini:

 

1. Kuas Cat

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan alat cat tembok ini? Kuas cat merupakan alat yang paling sederhana dan umum dalam mengecat tembok.

Sesuai namanya, kuas cat biasanya terbuat dari bulu pada bagian bawah untuk menyapu cat ke bagian yang ingin dicat. 

Kuas cat memiliki ukuran yang sangat beragam mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Variasi ukuran ini bermanfaat untuk membantu kamu dalam proses pengecatan yang lebih efisien. 

Misalnya, untuk are-area yang sulit dijangkau kamu dapat menggunakan kuas cat yang berukuran kecil supaya  bisa mengecat dengan lebih hati-hati agar cat tidak keluar batasan tembok yang ingin dicat.

Sementara untuk mengecat dinding kamu bisa pakai kuas cat yang berukuran paling besar agar pekerjaan mengecat yang kamu lakukan jadi lebih efisien dan cat lebih cepat teroles dengan rata di tembok. 

2. Kuas Roll

Sementara jika bidang yang kamu cat lebih luas kamu bisa menggunakan kuas roll, alat cat tembok ini memang memiliki fungsi utama untuk mempercepat proses pengecatan yang lebih rapi karena membuat penyapuan cat lebih rata dan halus. 

Jenis alat cat tembok ini juga menjadi salah satu alat yang sering digunakan dalam proses mengecat tembok. Alat ini berbentuk tabung dengan gagang di bagian pinggirnya yang digunakan sebagai pegangan kuas. 

Tidak hanya pada tembok, kuas roll juga bisa digunakan untuk mengecat pada area-area yang tinggi seperti platform, atap rumah dengan menambahkan ekstensi pada pegangannya. 

Sehingga alat cat tembok bisa jadi pilihan yang cukup fleksibel untuk mengecat area-area yang lebar dan luas. Namun perlu dicatat, kuas roll tidak disarankan untuk digunakan pada area-area yang kecil dan sempit.

Seperti kuas cat biasa, kuas roll juga memiliki varian ukuran yang beragam mulai dari yang  berukuran kecil hingga besar. Pilihlah kuas roll yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya. 

3. Amplas

Amplas digunakan sebelum proses pengecatan dimulai, ia merupakan alat cat tembok yang memiliki fungsi untuk menghaluskan permukaan tembok yang kasar sehingga pengaplikasian cat akan lebih mudah dan merata.

Amplas merupakan alat cat tembok yang berbentuk kertas dengan permukaan kasar yang terkenal juga dengan nama kertas pasir. Amplas juga memiliki sejumlah ukuran yang menandakan tingkat kasarnya permukaan amplas. Ukuran ini berguna untuk menentukan seberapa halus hasil yang kamu inginkan dari hasil pengamplasan. 

Namun perlu diingat, amplas hanya digunakan di tembok, ya. Pengamplasan pada furnitur, atau dekorasi rumah justru bakal merusak. Meskipun, amplas juga tak jarang digunakan untuk menghaluskan permukaan bahan baku seperti kayu, 

4. Dempul atau Plamir

Dempul merupakan alat cat tembok yang berguna saat kamu sedang ingin merestorasi dinding kamu sebelum melakukan pengecatan. Ia berfungsi untuk menambal keretakan, lubang pada tembok.

Seperti amplas, dempul juga berfungsi untuk membuat rata permukaan tembok yang bertekstur sehingga proses pengecatan akan lebih mudah dan merata sebelum melakukan proses pengecatan. 

Namun alih-alih memangkas ketebalan tembok seperti amplas, dempul justru menambah tebal tembok. 

5. Scraper

Scraper merupakan alat cat tembok yang juga berfungsi sebagaimana amplas. Bahkan scraper digunakan saat amplas kurang efektif dalam melakukan penghalusan tembok sebelum melakukan proses pengecatan. 

Karena scraper berfungsi untuk mengerok cat lama pada tembok untuk kamu yang sedang ingin melakukan pengecatan ulang tembok rumahmu. Pengerokan cat lama ini dilakukan untuk membuat pengecatan tembok lebih merata dan tidak membayangi warna cat lama. 

Tidak hanya itu, scraper ini juga mampu digunakan untuk menambal lubang dan retakan pada tembok. Perlu diketahui bahwa scraper ini memiliki berbagai ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan .

6. Spons

Alat cat tembok selanjutnya adalah spons yang berfungsi untuk membersihkan tembok dari kotoran dan debu terutama setelah proses pengamplasan atau scraping.

Pembersihan dinding dengan spons dilakukan agar saat proses pengecatan, cat dapat merekat dengan sempurna dan merata di tembok nanti. 

Sejatinya kamu tak hanya bisa menggunakan spons, namun juga dapat menggunakan alat-alat kebersihan lainnya seperti sapu atau kemoceng sebagai alat cat tembok untuk membersihkan tembok dari debu atau kotoran. 

Namun untuk menggunakan spons dan mendapatkan hasil yang bersih sempurna, kamu perlu mencelupkan spons ke dalam air dengan campuran pembersih terlebih dulu.

7. Baki Cat atau Roller Tray

Baki cat merupakan salah satu alat cat tembok yang mungkin sering kamu lihat. Ia berfungsi untuk menampung cat, yang biasanya akan diaplikasikan dengan kuas roll.

Tak hanya sebagai penampung, baki cat juga berperan agar pelapisan cat pada kuas roll terjadi secara merata. Namun perlu diperhatikan takaran saat menuangkan cat ke dalam baki, karena jika terlalu banyak selain akan tumpah, cat jadi akan lebih cepat mengering di baki.

8. Masking Tape

Masking tape adalah alat cat tembok tambahan yang dibutuhkan jika kamu menginginkan presisi yang tinggi dalam proses pengecatan. 

Karena masking tape berguna untuk memberikan batas dan melindungi area yang tidak dicat agar terhindar dari noda cat. Alat ini umumnya digunakan sebagai pembatas pada pinggiran tembok agar cat tidak menodai bagian lain selain tembok yang sedang dicat.

9. Spray Gun

Spray gun adalah alat cat tembok yang fungsinya sama dengan kuas konvensional maupun roll, yaitu untuk mengaplikasikan cat ke tembok. Perbedaannya, spray gun bekerja dengan cara otomatis dengan disemprot karena menggunakan kompresor udara. 

Dengan spray gun, pengaplikasian cat akan sangat cepat dan jauh lebih merata. Namun, kamu perlu benar-benar harus mempersiapkan segala hal dengan sangat baik mulai dari memasang masking tape dan juga memberi alas pada lantai agar cat tidak berjatuhan dan menodai lantai. 

Selain itu, cat yang digunakan juga perlu diaduk terlebih dulu hingga rata sebelum diaplikasikan menggunakan alat semprot cat tembok ini. Harga spray gun biasanya jauh lebih mahal dibandingkan kuas konvensional maupun roll. 

10. Pembersih Kuas

Alat cat tembok selanjutnya adalah pembersih kuas, alat yang sejatinya penting namun kerap disepelekan bagi sebagian orang. 

Apalagi jika kamu menggunakan cat lebih dari satu warna, pembersih kuas memungkinkan kamu untuk menggunakan satu kuas untuk mengaplikasikan cat dalam beragam warna. 

Pembersih kuas juga bermanfaat untuk menghindari pengeringan cat yang terjadi pada kuas sehingga menghindari terjadinya penumpukan warna cat pada kuas yang membuat hasil warna nantinya berbeda pada tembok. Pembersih kuas ini tersedia dalam banyak jenis, mulai dari thinner, minyak tanah, air hingga cuka murni.

Setelah mengetahui 10 alat cat tembok dengan beragam fungsinya, kini kamu bisa menentukan alat-alat cat tembok apa saja yang kamu butuhkan. Agar proses pengecatan tembok kamu bisa lebih efisien dan hemat biaya.

Karena kamu tidak perlu membeli alat cat tembok yang sebenarnya tidak kamu butuhkan, atau dapat kamu cari alternatifnya. Selain alat-alat di atas, terdapat beberapa peralatan lain yang bisa digunakan untuk memastikan agar proses mengecat berlangsung lebih aman dan lancar. 

Beberapa di antaranya adalah tangga dan tiang ekstensi untuk menjangkau area yang tinggi serta perangkat pelindung seperti sarung tangan dan kaca mata pelindung. Terlebih, jangan lupa untuk memakai pakaian yang nyaman agar kamu leluasa dalam mengecat, ya!
 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Musim Hujan Tiba, Lindungi Rumahmu dengan Cat Waterproof Terbaik

Musim Hujan Tiba, Lindungi Rumahmu dengan Cat Waterproof Terbaik

31 Desember 2022

Inspirasi 15 Warna Cat Bagian Luar Rumah yang Elegan

Inspirasi 15 Warna Cat Bagian Luar Rumah yang Elegan

29 Desember 2022

10 Rekomendasi Merk Cat Terbaik dan Tahan Lama

10 Rekomendasi Merk Cat Terbaik dan Tahan Lama

15 September 2022

 Harga Mesin Bobok dan Hal-hal Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

Harga Mesin Bobok dan Hal-hal Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

24 Maret 2023

 Mesin Mixer Pengaduk Cat Terbaik dan Tips Menjualnya

Mesin Mixer Pengaduk Cat Terbaik dan Tips Menjualnya

24 Maret 2023

Jangan Sampai Tekor! Ini Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Benar

Jangan Sampai Tekor! Ini Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Benar

9 Februari 2023

Terbaru
10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Kayu yang Memukau

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Kayu yang Memukau

20 Maret 2024

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it