Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Kembangkan Usahamu dengan Memahami Apa Itu Wrapping

may.rahmadi
Wrapping (Pixabay)
Wrapping (Pixabay)

Dari mulai kebutuhan industri sampai rumah tangga kebutuhan wrapping menjadi sangat penting. Tak hanya berfungsi untuk melindungi, perkembangan material wrapping juga membuat pekerjaan terkait pelapisan ini bisa bermanfaat mulai dari kebutuhan dekoratif hingga kebutuhan pengemasan barang. Dan apabila kamu adalah seorang pengusaha yang ingin memulai usaha toko bahan bangunan, kamu bisa gabung di Bukabangunan untuk dapatkan stok jualan bahan bangunan terbaik dan menguntungkan.

Untuk mengetahui seluk beluk soal wrapping lebih dalam lagi, simak penjelasan berikut, ya!

Pengertian Wrapping

Wrapping adalah sebuah proses pelapisan yang dilakukan dengan menambahkan lapisan tambahan pada produk atau benda agar dapat terlindungi dari kerusakan dan kontaminasi, serta menjadi lebih menarik dan menonjolkan merek.

Biasanya, wrapping menggunakan pelapis khusus seperti plastik. Namun, wrapping juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan memanfaatkan sejumlah material-material seperti kertas kado atau bahan kemasan lainnya.

Yang paling sering digunakan dalam jual-beli produk adalah bubble wrap. Pengemasan dengan cara ini menjadi andalan dalam mengirim produk-produk yang ringkih.

Meski demikian, jenis-jenis wrapping saat ini telah banyak berkembang lantaran kebutuhan terhadap wrapping juga sangat banyak saat ini. 

Manfaat Wrapping

Dalam praktik bisnis, wrapping memiliki beberapa manfaat. Berikut ini beberapa manfaat utama wrapping produk:

1. Perlindungan

Proses wrapping bermanfaat sebagai perlindungan produk baik dalam skala besar seperti mesin-mesin industri sampai keperluan rumah tangga seperti melapisi makanan agar lebih tahan lama karena terhindar dari kontaminan, dan kerusakan. 

Wrapping dapat melindungi produk dari kerusakan dan kontaminasi selama proses pengiriman dan penyimpanan karena mengurangi risiko produk dari benturan, goresan, dan debu yang dapat merusak produk.

2. Dekoratif

Perkembangan material wrapping yang pesat juga membuat penggunaan wrapping kini juga bermanfaat tak hanya sebagai pelindung melainkan juga untuk kebutuhan dekoratif.

Apalagi jika kamu memiliki usaha di mana produk kamu dikirim dengan menggunakan wrapping, maka aplikasi wrapping bisa jadi kesempatan untukmu untuk mempromosikan usahamu. 

Karena itu wrapping juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dengan menampilkan logo dan desain merek pada kemasan. Wrapping yang menarik dan berbeda dapat membantu produk lebih menonjol di pasaran.

3. Menghemat Biaya

Ternyata pengaplikasian wrapping pada produk juga bermanfaat untuk efisiensi biaya, lho. Sebab wrapping yang efektif dapat membantu mengurangi biaya pengiriman dan penyimpanan produk.

Wrapping atau pengemasan yang aman dan kuat juga dapat membantu mengurangi kerusakan pada produk dan dengan demikian mengurangi biaya penggantian atau pengiriman ulang.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Wrapping yang menarik dan aman dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan akan merasa senang saat menerima produk yang terlihat menarik dan aman, dan hal ini dapat membantu memperkuat loyalitas pelanggan.

5. Optimalisasi Produksi

Jika kamu menggunakan mesin wrapping maka kamu juga bisa mendapatkan manfaat ekstra, karena dapat membuat proses wrapping produk dalam jumlah banyak atau massal diselesaikan dengan waktu yang lebih singkat. Hal ini tentu mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha kamu. 

6. Meningkatkan Efisiensi 

Mesin wrapping juga sangat bermanfaat jika produksi kamu dilakukan secara massal. Kepastian akan konsistensi dalam tingkat kualitas wrapping seperti kelenturan, kerapian dan lainnya sangat penting untuk mendapatkan hasil yang seragam atau punya standar yang baik.

Tentu hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas yang tidak akan mungkin dicapai hanya dengan proses manual.

Jenis-jenis Wrapping

Pada dasarnya ada empat jenis wrapping yang tersedia kini, namun empat jenis tadi memiliki variasi jenis wrapping yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Lantas, apa saja jenis-jenis wrapping itu? Silahkan simak penjelasan berikut:

1. Jenis Wrapping Plastik

Jenis wrapping pertama adalah yang berbahan plastik dan menjadi yang paling banyak digunakan karena fleksibilitasnya yang baik. Plastik wrap terbuat dari bahan LDPE (Low Density Polyethylene) yang tidak terkandung zat berbahaya dan tahan dalam beragam suhu makanan dan minuman.

Plastik wrap biasanya dijual dalam bentuk gulungan yang bisa ditemukan dengan mudah di ritel-ritel. Ukurannya mulai dari lebar 20 cm dengan panjang 100 cm. 

2. Jenis Wrapping Kertas

Selain berbahan dasar plastik, pembungkus atau wrap yang paling umum ditemui adalah yang berbahan dasar kertas. Jenis wrapping ini biasanya digunakan untuk membungkus bahan-bahan yang tidak terpengaruh terhadap kadaluarsa seperti pakaian, kerajinan, perabot, dan lainnya. 

Wrapping paper merupakan teknik membungkus atau melapisi beragam produk dengan bahan sejenis kertas khusus dengan ketebalan yang cenderung tipis. Sama seperti yang berbahan plastik, jenis wrapping ini juga mudah ditemui di pasaran. 

Dan tahukah kamu bahwa lantaran banyak diaplikasikan pada barang, jenis wrapping ini juga banyak disebut dengan beragam istilah, apa saja sebutan untuk jenis wrapping itu? Di antaranya adalah wrapping paper buket, wrapping bunga, dan wrapping paper polos. Karena manfaat tersebut, wrapping paper juga sering memiliki motif-motif yang indah. 

3. Jenis Wrapping Film

Adapun jenis wrapping selanjutnya adalah yang berbahan film, lantas apa saja jenis film wrap itu? Yang pertama adalah jenis stretch film wrap yang memiliki daya rekat sangat tinggi sehingga dalam aplikasinya tidak memerlukan lem atau tali pengikat. 

Stretch film wrap disusun dengan bagian yang terdiri dari beberapa lapisan elastis dan plastik film tipis. Jenis wrap ini biasanya digunakan untuk beragam produk dalam menghalau debu dan air. 

Sementara jenis kedua adalah shrink film yang berbahan dari polimer, PVC, polietilen, polipropilen dan beberapa komposisi material lainnya. Shrink film wrap tersedia dalam beberapa jenis ketebalan, kekuatan dan skala penyusutan plastik.

Jenis wrap ini biasa digunakan sebagai pembungkus buku lantaran kekuatannya dapat melindungi bentuk buku agar tidak rusak. Ada banyak jenis shrink film berdasarkan materialnya, apa saja jenis shrink film itu? Mereka POF shrink film, PVC shrink film, dan PE shrink film.

4. Jenis Wrapping Sticker

Jenis wrapping terakhir adalah wrapping sticker yang digunakan dengan metode pelapisan tipis untuk menempel pada bidang tertentu. Jenis wrapping ini biasanya dimanfaatkan untuk melapisi kendaraan seperti mobil, dan motor untuk melindungi dari jamur, cahaya matahari, goresan halus hingga untuk mempercantik dan melindungi cat pada kendaraan. 

Jenis wrapping ini juga terdiri dari beberapa jenis tergantung seperti vinyl, krom, dan karbon yang dilakukan dengan memasang atau melapisi seluruh atau sebagian badan kendaraan. Seperti pada mobil misalnya pelapisan misalnya dilakukan pada badan luar mobil, hingga kaca untuk melindungi mobil dari bermacam goresan, kotoran maupun debu.

Selain untuk fungsi perlindungan, wrapping sticker pada mobil juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dekoratif, misalnya untuk mengubah warna badan mobil seluruhnya atau sebagian.

Sementara untuk motor, meski tak berbeda jauh dari mobil namun penggunanya biasanya hanya pada area-area tertentu seperti badan atau kepala motor.

Nah itu lah penjelasan terkait apa itu wrapping, manfaat, dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan bisa membantu kamu mengembangkan bisnis, ya!

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Mengapa Baut Mengalami DOL? Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya

Mengapa Baut Mengalami DOL? Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya

29 Maret 2023

Pengertian Torsi Baut, Cara Mengontrol, dan Tabel Rekomendasinya

Pengertian Torsi Baut, Cara Mengontrol, dan Tabel Rekomendasinya

29 Maret 2023

Info Mesin Blower Angin Terbaik di BukaBangunan

Info Mesin Blower Angin Terbaik di BukaBangunan

24 Maret 2023

 Info Harga Distributor Kotak Perkakas di BukaBangunan

Info Harga Distributor Kotak Perkakas di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Supplier Mata Obeng Terlengkap dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

Info Supplier Mata Obeng Terlengkap dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Supplier Mata Sock dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

Info Supplier Mata Sock dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it