Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

10 Rekomendasi Merk Cat Terbaik dan Tahan Lama

Ardito Wahyu Octian
Cat tembok ada yang untuk bagian eksterior dan juga interior rumah (Foto: 123rf)
Cat tembok ada yang untuk bagian eksterior dan juga interior rumah (Foto: 123rf)

Cat tembok selalu menjadi pembeda dari satu rumah dengan rumah lainnya. Tidak sedikit pemilik rumah yang juga sudah mulai berani menghadirkan pilihan warna, baik untuk ruangan pribadi maupun keseluruhan rumah. Kamu yang juga ingin menghadirkan tampilan rumah yang lebih segar perlu memilih merk cat terbaik yang menawarkan beragam warna.

Sekarang ini sudah banyak produk cat dinding berkualitas baik yang bisa kamu pilih. Bukan hanya untuk memberikan warna terbaik, ada juga cat pelapis untuk mencegah rembes dan bocor. Jangan lupa selalu memperhatikan daya tahan cat dinding karena beberapa daerah memiliki curah hujan yang tinggi atau panas yang sangat terik.

 

Jenis Cat Tembok dan Fungsinya

Ada beberapa jenis cat tembok beserta fungsinya
Ada beberapa jenis cat tembok beserta fungsinya (Foto: 123rf)

 

Cat bisa dikelompokan lagi ke dalam jenis dan fungsinya. Ada jenis cat yang cocok untuk interior dan ada juga yang bisa dipakai di bagian luar rumah. Bukan hanya itu, cat dinding kamar mandi pun tentu harus dibedakan dengan cat kamar tidur, ruang tengah, dan atap rumah. Untuk itu, simak jenis cat yang perlu diketahui fungsinya.

1. Cat emulsi styrene acrylic

Cat ini mengandung campuran akrilik yang bagus. Cat ini ini bisa digunakan untuk mengecat batako, beton, asbes, plester, dan panel tripleks. Jenis cat ini cukup kuat dengan cuaca panas sehingga tidak mudah terkelupas. Selain itu, cat ini pun tidak mudah ditumbuhi jamur.

2. Cat alkyd synthetic

Jenis cat dinding ini juga cukup tahan dengan udara lembap serta panas. Jadi, kamu bisa mengaplikasikannya untuk interior maupun eksterior rumah. Hasil catnya pun cukup mengilap dan sedikit memantulkan cahaya. Selain dinding, cat ini pun bisa dipakai untuk kayu dan besi dengan kualitas yang sama baiknya.

3. Cat wall sealer

Seperti namanya, cat ini dipakai sebagai pelindung dinding yang diplester. Kemampuan cat ini mampu masuk dan menutupi pori-pori dinding sehingga hasilnya jadi lebih halus. Cat ini pun bisa digunakan untuk bagian dinding dan sambungan atap rumah untuk mencegah rembesan pada dinding setelah selesai dicat.

4. Cat duco

Jenis cat duco paling populer di pasaran karena penggunaannya juga cukup banyak. Sebutan lain dari cat ini adalah cat dempul yang dipakai untuk menutup permukaan dinding. Cat ini memiliki kerapatan yang sangat tinggi sehingga finishing dari hasil kerjaannya bisa sangat halus.

5. Cat polyurethane

Cat ini berwujud transparan sekaligus memiliki tekstur mengilap. Lapisan yang dicat akan punya hasil yang halus setelah kering nantinya. Cat ini berfungsi sebagai pelindung dari goresan benda pada dinding. Dengan begitu, dinding akan selalu halus dan cantik.

6. Cat zinc chromate primer

Ada satu lagi jenis cat. Namun, jenis ini tidak digunakan untuk dinding rumah, melainkan material besi atau logam lain yang ada di bangunan. Fungsinya untuk melindungi logam dari karat.

Rekomendasi Cat Tembok terbaik

Inilah rekomendasi cat tembok terbaik untuk rumahmu
Inilah rekomendasi cat tembok terbaik untuk rumahmu (Foto: 123rf)

 

Setiap merk cat biasanya menyediakan pilihan kemasan 5 kg dan 25 kg untuk kebutuhan berbeda. Kamu hanya perlu memilihnya sesuai kebutuhan ruangan atau rumah yang ingin dicat. Berikut deretan merk cat dinding terbaik yang bisa kamu dapatkan di pasaran!

1. Dulux

Dulux merupakan merk cat yang sudah sangat populer dengan pilihan varian untuk interior dan eksterior rumah. Seluruh catnya dilengkapi dengan ProCover Technology yang membuat cat lebih awet dan tahan lama.

Untuk eksterior, kamu bisa dapatkan pilihan Dulux Weathershield, Aqua Shield, dan Catylac yang semuanya tahan terhadap cuaca ekstrem. Di sisi lain, Dulux menyediakan varian Dulux Ambiance, Wallfiller, dan EasyClean yang mampu memberikan kecerahan di dalam rumah.

Pilihan warnanya tentu saja sangat banyak dan bervariasi. Kamu pun bisa menentukan sendiri warna yang diinginkan, loh. Sudah gitu, pengaplikasian cat ke dinding pun lebih mudah, halus, dan bisa merata sempurna.

2. Mowilex

Merk yang satu ini juga menawarkan beragam jenis cat untuk keperluan rumah. Kamu bisa dapatkan cat eksterior, interior, cat untuk kayu dan besi, serta cat antibakteri. Mowilex juga dikenal sebagai cat tembok yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Warna yang diberikan pun cukup tegas dan hangat. Salah satu warna terbaik yang dimiliki oleh Mowilex adalah varian warna pastel. Warna ini cocok untuk diaplikasikan di ruang tengah tempat kumpul keluarga atau kamar tidur untuk ciptakan suasana nyaman.

Di samping itu, seluruh cat Mowilex sangat mudah dibersihkan saat terkena noda cipratan. Jadi cocok untuk rumah yang diisi oleh keluarga yang sudah memiliki anak.

3. Nippon Paint

Teknologi Jepang yang sangat modern mampu mengurangi level Volatile Organic Compound (VOC) dalam cat ini hampir setara dengan nol. Hal ini membuat cat dinding dari Nippon Paint aman untuk seluruh anggota keluarga.

Cat yang sudah diaplikasikan ke dinding tidak akan menimbulkan bau cat dalam jangka waktu lama. Setelah cat mengering sempurna, kamu sudah bisa langsung menggunakan ruangan tersebut. Cat pada dinding pun bisa bertahan lebih lama dan pastinya terhindar dari jamur akibat kelembapan tinggi.

Nippon Paint juga menawarkan pilihan warna cerah dan pastel yang sangat beragam. Kamu pun bisa bereksplorasi warna lebih banyak di luar maupun dalam rumah.

4. Jotun

Jotun juga merupakan pilihan cat tembok premium untuk kamu yang ingin dapatkan kualitas terbaik. Merk cat yang satu ini menawarkan lebih dari lebih dari 120 warna dengan berbagai kombinasi yang menawan. Pembuatan warna pun menggunakan mesin yang mutakhir sehingga warna yang dihasilkan sangat pas.

Produk cat dari Jotun pun aman terhadap pernapasan karena VOC yang dimiliki juga sangat rendah. Tekstur catnya pun sangat kental sehingga sehingga mudah diaplikasikan langsung ke dinding rumah. Dinding rumah pun bisa tahan terhadap jamur biarpun cuaca sedang sangat lembap.

5. Puffin

Merk cat Puffin menawarkan warna cat menawan untuk tempat tinggal yang lebih nyaman. Produk yang satu ini memang lebih kuat untuk cat interior rumah yang tahan lama hingga bertahun-tahun. Warna cat yang dihadirkan pun diklaim bisa menangkal serangga di dalam rumah.

Harga cat Puffin pun terbilang sangat terjangkau. Biarpun begitu, kamu tetap bisa dapatkan kualitas terbaik untuk renovasi rumah. Kamu bisa dapatkan pilihan cat dinding, cat plafon, hingga cat acrylic. 

6. Avitex

Avitex merupakan merk cat dinding dari Avian Paint. Produsen cat ini pun menawarkan lebih dari 170 warna untuk interior dan eksterior rumah. Cocok untuk kamu yang ingin mengubah tampilan rumah yang lebih berani, ceria, atau lain daripada yang lain.

Cat tembok dari Avitex juga memiliki UV Shield di dalamnya. Teknologi ini menjaga cat supaya tidak berubah warna saat terkena cahaya matahari. Jadi, rumah kamu bisa tetap segar sampai kapan pun.

7. Decolith

Decolith menjadi pilihan untuk kamu yang ingin lebih hemat saat mengecat seluruh rumah. Pasalnya, merk cat ini punya tekstur yang sangat kental sehingga jangkauannya bisa sangat luas. Untuk 1 kg cat Decolith, kamu bisa mengecat ruangan berukuran 12 meter persegi.

Selain itu, cat ini pun tidak mudah mengapur dan bisa disimpan lebih lama jika masih tersisa. Decolith pun punya pilihan warna yang cukup beragam, loh. Kamu pun dapatkan warna cerah untuk buat ruangan minimalis menjadi serasa lebih luas.

8. Aquaproof

Nama yang satu ini juga cukup populer di masyarakat. Bahan polimernya sangat elastis dan kedap air untuk melindungi pori-pori di dinding dan atap rumah. Cat Aquaproof memang diciptakan untuk melindungi dinding rumah supaya tidak bocor.

Sifat elastisnya pun membuat cat tembok tidak mudah lapuk karena sering terkena air. Cat pelapis ini pun bisa tahan terhadap cuaca di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi.

9. No Drop

Masih dari cat pelapis bocor. No Drop juga jadi pilihan untuk mencegah rumah bocor akibat hujan deras. Cat ini pun memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Kamu bisa gunakan cat No Drop pada dinding, beton, asbes, galvanis, dan terakota.

Lapisi langit-langit rumah dengan cat ini untuk berikan kenyamanan dari kebocoran. Dalam sekali pelapisan, cat No Drop bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Cat pun tidak akan terkelupas biarpun terkena panas tinggi.

10. Kansai Paint

Rumah yang penuh dengan nyamuk bisa diganti dengan produk cat dinding dari Kansai Paint. Cat ini memiliki teknologi MosQuick dan sudah teruji secara laboratorium. Warna dan aroma cat bisa mengusir dan membuat nyamuk penyebab malaria dan demam berdarah dengue tidak datang lagi.

Kansai Paint juga memberikan garansi untuk menjaga nyamuk di rumah hingga dua tahun, loh. Dari sisi kualitas, cat dinding dengan teknologi dari Jepang ini pun tidak kalah dengan merk lainnya. Selain untuk dinding, Kansai Paint juga memiliki produk cat kayu dan besi dengan kualitas yang sama baiknya.

 

Itu dia merk cat tembok terbaik yang bisa kamu pilih untuk berikan warna di rumah. Selalu kedepankan kualitas saat memilih cat tembok karena kamu akan menggunakannya selama bertahun-tahun. Dapatkan berbagai merk cat tembok terbaik di BukaBangunan.

Kamu pun bisa memulai usaha jual-beli dan menjadi distributor bahan bangunan dari BukaBangunan. Bukan hanya cat tembok, BukaBangunan pun menawarkan berbagai peralatan untuk mengecat lainnya untuk menunjang bisnis cat kamu. Mulai stok usaha cat dinding sekarang dan dapatkan keuntungan berlipat.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Musim Hujan Tiba, Lindungi Rumahmu dengan Cat Waterproof Terbaik

Musim Hujan Tiba, Lindungi Rumahmu dengan Cat Waterproof Terbaik

31 Desember 2022

Inspirasi 15 Warna Cat Bagian Luar Rumah yang Elegan

Inspirasi 15 Warna Cat Bagian Luar Rumah yang Elegan

29 Desember 2022

10 Rekomendasi Merk Cat Terbaik dan Tahan Lama

10 Rekomendasi Merk Cat Terbaik dan Tahan Lama

15 September 2022

 Harga Mesin Bobok dan Hal-hal Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

Harga Mesin Bobok dan Hal-hal Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

24 Maret 2023

 Mesin Mixer Pengaduk Cat Terbaik dan Tips Menjualnya

Mesin Mixer Pengaduk Cat Terbaik dan Tips Menjualnya

24 Maret 2023

Jangan Sampai Tekor! Ini Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Benar

Jangan Sampai Tekor! Ini Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Benar

9 Februari 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it