Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Desain Bangunan Warung Sembako yang Bikin Betah Belanja

Dewi Maharani IR
Desain Bangunan Warung Sembako
Desain Bangunan Warung Sembako

Buat kamu yang punya rencana untuk membangun usaha rumahan, warung sembako bisa jadi salah satu opsi yang dapat kamu dirikan. Mengingat sembako adalah bahan yang pasti dibutuhkan oleh rumah tangga, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba. Dalam operasionalnya, kamu juga harus memikirkan kenyamanan pelanggan saat berbelanja. Oleh karena itu, salah satu hal yang dapat kamu berikan yaitu dengan membuat desain bangunan warung sembako yang nyaman agar pelanggan betah dan ingin kembali berbelanja.

Jadi, pilihan desain bangunan warung sembako adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan selain kelengkapan barang dagangan. Sebisa mungkin, desain bangunan warung sembako harus di set dengan rapi, bagus, dan nyaman sesuai dengan budget yang kamu miliki agar menarik minat pelanggan untuk berbelanja. 

Selain itu, desain bangunan warung sembako juga dapat memberikan ciri khas dari usaha rumahan yang kamu miliki. Hal yang perlu diingat, penting juga untuk menyesuaikan desain bangunan warung sembako dengan lokasi tempat sekitar. Mengapa demikian? Karena penentuan desain bangunan warung sembako memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat mempengaruhi usahamu, lho! 

Misalnya, dengan desain bangunan warung sembako yang sederhana, pelanggan pasti tidak akan berpikir dua kali ketika ingin membeli. Sebaliknya, dengan desain bangunan warung sembako yang megah, terkadang pelanggan berpikir dulu sebelum belanja. Takutnya, sembako yang dijual harganya mahal dan tidak sesuai dengan budget mereka.

Namun, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal itu, ya! Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai beberapa ide desain bangunan warung sembako yang dapat kamu terapkan untuk usahamu, baik di rumah ataupun di tempat lainnya. Yuk, baca sampai bawah! 

Beberapa Ide Desain Bangunan Warung Sembako

Sekilas, kamu pasti berpikir bahwa desain bangunan warung sembako pasti begitu-begitu saja dan tidak ada yang spesial. Eits, jangan salah! Bisa jadi pemilik usaha punya cara yang efektif agar tempat usaha warung sembako mereka jadi nyaman. Berikut penjelasannya.

  • Desain Bangunan Warung Sembako di Halaman Rumah

Jika kamu baru mau mulai usaha warung sembako, rumah merupakan salah satu pilihan yang tepat. Kamu bisa menyulap halaman rumah menjadi warung sembako. Halaman rumah merupakan bagian rumah yang terlihat oleh orang yang lewat, sehingga mereka pasti akan mampir membeli jika memang sedang butuh.

Kamu bisa menampilkan dan menyusun sembako di etalase besar dan menempatkannya di sisi depan dan sudut halaman rumah. Hal yang penting, jangan lupa untuk menerapkan layout U shape agar warung sembako terlihat lebih luas. Kamu juga bisa meletakkan sembako dengan ukuran besar seperti beras di bagian tengah agar pelanggan dapat melihat jenis beras yang ditawarkan. 

  • Desain Bangunan Warung Sembako di Garasi

Selain halaman rumah, garasi juga bisa disulap menjadi warung sembako rumahan yang dapat kamu coba. Terlebih lagi, jika garasi rumahmu memang jarang digunakan dan masih terdapat space untuk dijadikan warung sembako, maka akan lebih menguntungkan.

Jika memungkinkan, kamu bisa membuat warung sembako ala-ala minimarket, di mana pelanggan bisa mengambil sendiri sembako yang diinginkan. Kamu bisa menyusun sembako di etalase atau rak kecil. Pilihan lain, kamu juga bisa membuatnya dengan layout U shape jika luas garasimu tidak terlalu besar.

Baca juga: Mesin Blower Angin Terbaik di BukaBangunan

Hal yang harus diperhatikan jika membuka warung sembako di garasi, perhatikan sirkulasi udaranya, ya! Jangan sampai warung sembako pengap karena kekurangan ventilasi udara. Kamu juga bisa menambahkan kipas angin agar sejuk.

  • Desain Bangunan Warung Sembako dalam Rumah

Warung sembako di dalam rumah, apa mungkin? Mungkin saja! Selain di halaman dan garasi, kamu juga bisa menyulap bagian dalam rumah menjadi warung sembako. Biasanya, bagian dalam rumah yang sangat memungkinkan untuk dibuat warung sembako adalah ruang tamu karena terletak di depan.

Terdapat beberapa cara untuk membuat ruang tamu menjadi warung sembako. Namun, salah satu cara yang biasa digunakan yaitu dengan meletakkan etalase menutupi pintu masuk ruang tamu. Ini juga sekaligus sebagai tempat kamu menerima pelanggan. Hal ini diterapkan mengingat bagian dalam rumah merupakan privacy, sehingga pelanggan cukup sampai di dekat pintu saja dan kamu yang menerima pelanggan berada di dalam rumah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tambahan etalase atau rak kecil sebagai tempat menaruh sembako. Hal yang perlu diperhatikan juga, sebisa mungkin berikanlah celah agar pelanggan bisa melihat sembako yang diletakkan di dalam rumah.

  • Desain Bangunan Warung Sembako di Ruko

Jika kamu memiliki budget yang lebih, tidak ada salahnya untuk membuka usaha warung sembako di ruko. Namun, kamu harus jeli dalam memilih lokasinya agar peluang laris pembeli juga semakin besar.

Terdapat beberapa cara untuk mendesain ruko menjadi warung sembako. Namun, desain yang umum diterapkan pada warung sembako di ruko yaitu dengan layout U shape. Di mana etalase bisa diletakkan di bagian depan, sudut kanan dan kiri, bahkan bisa diletakkan di bagian belakang. 

Untuk peletakan mesin kasir, kamu bisa menerapkan dua opsi. Pertama, mesin kasir bisa diletakan sejajar dengan etalase bagian depan agar pelanggan lebih mudah untuk membayar. Kedua, mesin kasir bisa diletakan di bagian tengah atau belakang agar space untuk kamu atau karyawan yang melayani pelanggan bisa lebih luas. 

Karena kamu membuka warung sembako di ruko, kamu juga bisa menjual barang lainnya untuk tambahan pemasukan. Barang lain tersebut bisa berupa sabun, aneka makanan ringan, minuman, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Kamu juga bisa menambahkan kayu penggantung untuk meletakkan makanan dan minuman sachet.

  • Desain Bangunan Warung Sembako Minimalis dan Kekinian

Saat ini, orang-orang akan tertarik dengan desain bangunan yang minimalis tapi tetap sederhana. Jadi, kamu bisa mendesain bangunan warung sembako dengan minimalis, baik itu di rumah, di ruko, atau di bangunan kosong yang disewakan atau milik pribadi.

Baca juga: Cara Tepat Melubangi Kaca: Tips dan Trik untuk Pemula

Misalnya, kamu punya bangunan kosong yang lumayan luas di depan rumah dan ingin menjadikannya warung sembako. Kamu bisa mendesain warung sembako dengan desain yang minimalis dan sederhana. Kamu bisa membuatnya seperti di toko roti, di mana etalase diletakkan di berbagai sudut ruangan bahkan di tengah. 

Jika ada budget lebih, kamu bisa menggunakan rak kayu kekinian yang bercorak untuk meletakkan sembako dan barang dagangan lainnya. Kamu juga bisa membuat rak yang ditempel di dinding untuk meletakkan beberapa pot bunga kecil agar warung sembako jadi lebih fresh. Jangan lupa untuk menambahkan kipas angin atau AC agar warung sembako jadi lebih sejuk, sehingga pelanggan akan nyaman ketika berbelanja.

Nah, itu tadi beberapa ide desain bangunan warung sembako yang dapat kamu terapkan untuk usahamu. Hal yang perlu diperhatikan saat kamu membangun warung sembako atau hanya sekedar melakukan renovasi ringan, jangan lupa untuk menggunakan material seperti semen dan cat yang bagus agar bangunan tidak mudah rusak. 

Untuk mencari material bahan bangunan dan kelengkapan lainnya, kamu bisa coba beli di BukaBangunan. BukaBangunan menawarkan bahan bangunan dengan harga yang terjangkau, lho! Selain itu, stok bahan bangunan juga selalu ada, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan. Belanja bahan bangunan di BukaBangunan juga anti ribet! Kamu hanya perlu buka aplikasi, pilih, pesan, dan bisa diantar. Yuk, coba beli di BukaBangunan sekarang juga! Atau kamu bisa gabung dan mulai bisnis bahan bangunan di Bukabangunan untuk mendapatkan stok jualan bahan bangunan dan material mu terlengkap dan termurah!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
5 Tren Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis Masa Kini

5 Tren Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis Masa Kini

15 Juni 2023

Desain Bangunan Warung Sembako yang Bikin Betah Belanja

Desain Bangunan Warung Sembako yang Bikin Betah Belanja

8 April 2023

Yuk, Kenali Karakteristik Bangunan Rumah Minimalis

Yuk, Kenali Karakteristik Bangunan Rumah Minimalis

30 Mei 2023

Ketahui! Inilah Pengertian Gambar Bangunan dan Jenisnya

Ketahui! Inilah Pengertian Gambar Bangunan dan Jenisnya

8 April 2023

Mengenal Bangunan Semi Permanen, Ciri dan Jenisnya

Mengenal Bangunan Semi Permanen, Ciri dan Jenisnya

30 Mei 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it