Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Info Harga dan Jenis Jendela Terbaik di BukaBangunan

may.rahmadi
jendela (unsplash)
jendela (unsplash)

Dalam proyek konstruksi bangunan gedung atau rumah, jendela menjadi salah satu komponen esensial. Oleh karena itu, pemilihan bahan untuk jendela pun juga sangat penting. Fungsi jendela yang cukup vital dalam konstruksi bangunan kini tidak hanya sebatas sebagai pergantian udara saja dan tempat masuknya cahaya matahari saja, melainkan juga sebagai pendukung nilai estetik suatu bangunan. Desain jendela yang diusung oleh suatu bangunan pun sangat beragam, umumnya mengikuti desain atau konsep dari gaya bangunan tersebut. Beda desain, maka memungkinkan juga untuk menggunakan material yang berbeda. Pemilihan material jendela sangatlah penting, sebab pemilihan material yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan kebutuhan ataupun desain dari bangunan itu sendiri pasti akan menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari. Mulai dari masalah kebocoran, kerusakan, dan lain sebagainya. Material jendela tidak hanya diperhatikan untuk jangka pendek saja, melainkan juga untuk jangka panjang dan bahkan selama bangunan tersebut berpenghuni. Selain mengetahui jenis material yang tepat, komponen-komponen yang diperlukan dari suatu desain jendela juga penting untuk diperhatikan, misalnya grendel dan handle jendela. Temukan berbagai produknya di BukaBangunan, distributor online berbagai material bahan bangunan untuk melengkapi stok di toko kamu. 

Jenis Material Jendela yang Wajib Ada di Toko Bahan Bangunan

Untuk mewujudkan toko bahan bangunan yang lengkap dan selalu menjadi andalan pelanggan, pastikan untuk selalu memberikan stok lengkap untuk setiap produk. Tak terkecuali varian atau jenis dari produk itu sendiri sehingga membuat pelanggan lebih leluasa dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini beberapa jenis material jendela bangunan yang sangat sayang untuk kamu lewatkan di toko. 

- Jendela Kayu

Material kayu adalah salah satu pilihan terbaik untuk desain rumah yang memiliki tampilan alami dengan konsep hunian tropis. Material kayu yang digunakan pada jendela membuat desain terlihat lebih alami dengan gaya semi-modern. Material kayu juga merupakan material yang sangat umum digunakan dalam bahan bangunan dan perabotan rumah tangga. Selain mudah dibentuk, material kayu juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Pemilihan kayu yang berkualitas bisa membuatnya lebih tahan lama dan terhindar dari keropos. Jendela dari kayu dapat dengan mudah dicat dan diwarnai sesuai dengan konsep desain dan dekorasi apa pun. Jendela kayu juga memiliki sifat yang tidak menghantarkan panas seperti material lainnya, sehingga menjadi banyak pilihan untuk hunian tradisional dan semi-modern. 

- Jendela Aluminium

Selain dari kayu, material jendela dari aluminium juga menjadi salah satu pilihan populer hunian masyarakat. Banyak digunakan pada desain hunian yang lebih modern serta gedung-gedung pencakar langit. Jendela dari material aluminium tidak membutuhkan perawatan yang terlalu banyak seperti halnya jendela kayu. Selain itu, penggunaan jendela dari material aluminium juga akan terasa lebih ringan namun tetap kuat untuk menopang kaca. Bahan material ini lebih tahan lama, ringan, serta mudah dalam pemasangannya. Selain minim perawatan, material aluminium juga tidak membutuhkan pengecatan ulang serta memiliki sifat kedap suara yang cukup baik. 

- Jendela Material UPVC

Jenis material jendela yang ketiga adalah UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride yang kerap digunakan sebagai bahan alternatif dari material kayu sebagai bahan kusen jendela dan juga pintu. Material UPVC memiliki ketahanan yang lebih baik dan tidak mudah pecah layaknya material PVC. Selain itu, UPVC juga cenderung memiliki material yang lebih tebal serta ketahanan yang lebih baik terhadap cuaca. Saat ini, jendela UPVC sudah mulai luas dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan alternatif dari material aluminium dan kayu. Selain dapat meredam suara dengan baik, material ini juga cenderung memberikan kesan tampilan yang mewah dengan bodi yang kuat. Material UPVC juga merupakan material yang tahan terhadap berbagai cuaca, anti karat, serta anti rayap sehingga membuatnya lebih awet dibandingkan material kayu. Sifat bahannya juga sangat halus dan tidak berpori sehingga membuatnya lebih mudah dalam hal perawatan, sangat mudah untuk dibersihkan. 

- Jendela Fiberglass

Jenis material jendela selanjutnya adalah fiberglass yang cenderung memiliki harga cukup mahal. Namun, penggunaan material ini tetap memiliki daya tarik di masa kini. Bahan dasarnya terbuat dari serat kaca yang dapat menciptakan bahan tahan lama. Fiberglass pada dasarnya adalah suatu serat kaca yang melalui proses sedemikian rupa agar menjadi serat tipis yang kuat. Hal tersebut membuat material fiberglass juga sering dikenal sebagai plastik dengan serat kaca yang diperkuat. Beberapa kelebihan penggunaan jendela fiberglass adalah bahannya yang tidak mudah memudar, tidak cepat mengelupas, serta anti lapuk dan anti jamur. Pastikan kamu menyiapkan stok jendela dari material fiberglass di toko. 

- Jendela Bahan Composite

Material komposit merupakan material yang memberikan kualitas terbaik dari berbagai bahan yang digabungkan, sehingga menghasilkan suatu produk jendela yang lebih kuat dan dapat diandalkan. Bahan komposit merupakan kombinasi dari material kayu, logam, dan vinil. Pada awalnya, material komposit hanya digunakan pada komponen kusen jendela saja, namun sekarang sudah banyak juga digunakan untuk seluruh bingkai jendela yang menjadikannya lebih tahan terhadap karat dan juga tahan cuaca. Bahan komposit yang digunakan dalam jendela juga dapat dibuat untuk meniru kayu alami yang dapat diwarnai dengan mudah, namun dengan kualitas yang lebih baik dan tahan lama.

Produk Komponen Jendela 

Selain mengetahui jenis material jendela yang umum digunakan masyarakat, pastikan kamu juga mengetahui komponen jendela yang memiliki fungsi esensial. Sediakan stok lengkapnya di toko yang bisa kamu beli dengan harga terjangaku hanya di BukaBangunan. 

- Kusen Jendela

Kusen merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang fungsi dari suatu jendela ataupun pintu. Rangka kusen diperlukan sebagai peletakkan daun jendela, sehingga jendela dapat berfungsi untuk dibuka dan ditutup dengan lancar. Pemilihan kusen yang tepat dan sesuai dengan desain jendela tentunya akan membuat kualitasnya lebih tahan lama. Beberapa material kusen yang banyak digunakan dalam material kusen kayu, kusen beton, aluminium, dan UPVC. 

- Grendel Jendela

Selain kusen, ada juga grendel jendela yang memiliki fungsi tak kalah penting. Grendel merupakan komponen pengunci tambahan yang biasa dipasang pada jendela dan pintu. Disebut pengunci tambahan karena biasanya grendel bukan merupakan kunci utama, melainkan kunci tambahan dengan pengamanan yang lebih ringan dibandingkan dengan kunci utama. Ada beberapa jenis grendel jendela dan pintu yang umum digunakan, yakni jenis grendel sliding dan grendel rantai. 

- Handle Jendela

Sama halnya dengan pintu, jendela juga memerlukan komponen handle. Umumnya, handle yang digunakan berjumlah dua handle pada satu jendela yang terpasang pada suatu ruangan, yang bisa dibuka ke dua arah yang berbeda. Material handle jendela umumnya terbuat dari bahan aluminium yang sering digunakan dalam desain jendela pada bangunan modern. 

Dapatkan Harga Jendela Murah Kualitas Terbaik di BukaBangunan

Lengkapi stoko jendela di toko kamu untuk memenuhi permintaan pelanggan setia. Beli produknya hanya di BukaBangunan, distributor online berbagai bahan dan material bangunan dengan harga terjangkau. Tersedia berbagai pilihan model jendela dari berbagai jenis material terbaik yang banyak digunakan masyarakat. Tak ketinggalan juga komponen penting yang dibutuhkan dalam pemasangan jendela, mulai dari kusen, grendel, dan juga handle jendela. NIkmati kemudahan belanja online bahan bangunan dengan sistem pembayaran yang aman dan pengiriman yang cepat hanya di BukaBangunan. 


 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Info Harga dan Jenis Kusen Pintu dengan Material Berkualitas di BukaBangunan

Info Harga dan Jenis Kusen Pintu dengan Material Berkualitas di BukaBangunan

25 Maret 2023

Info Jenis dan Harga Grendel Pintu Berkualitas di BukaBangunan

Info Jenis dan Harga Grendel Pintu Berkualitas di BukaBangunan

25 Maret 2023

Info Harga Handle Pintu Murah Berkualitas di BukaBangunan

Info Harga Handle Pintu Murah Berkualitas di BukaBangunan

25 Maret 2023

Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus Serta Cara Pengaplikasiannya!

Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus Serta Cara Pengaplikasiannya!

7 Januari 2023

Info Tipe dan Harga Engsel Pintu Murah di BukaBangunan

Info Tipe dan Harga Engsel Pintu Murah di BukaBangunan

25 Maret 2023

Ketahui Model, Bahan, dan Ukuran Kusen Pintu agar Kamu Tidak Salah Pilih!

Ketahui Model, Bahan, dan Ukuran Kusen Pintu agar Kamu Tidak Salah Pilih!

7 Januari 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it