Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Rekomendasi 10 Model Jendela Kamar Tidur Terbaik yang Modern dan Minimalis

Ardito Wahyu Octian
Model jendela yang pas akan membuat kamar tidur semakin nyaman (Foto: 123rf)
Model jendela yang pas akan membuat kamar tidur semakin nyaman (Foto: 123rf)

Penggunaan model jendela kamar tidur yang modern dan minimalis tengah disukai oleh para konsumen. Hal itu dikarenakan model seperti itu memberikan nilai estetika yang lebih tinggi. Ditambah lagi, jendela kamar tidur sangat penting untuk sirkulasi udara dan cahaya dari luar.

Selain itu, penggunaan jendela kamar tidur memiliki kriteria tersendiri dan terkadang berhubungan dengan selera pengguna kamar itu sendiri. Di sinilah kita perlu memilih model jendela kamar tidur yang tepat tanpa menghilangkan sisi estetikanya.

 

 

Rekomendasi Model Jendela Kamar Tidur Terbaik

Ada banyak model jendela kamar tidur yang bisa kita pilih (Foto: 123rf)
Ada banyak model jendela kamar tidur yang bisa kita pilih (Foto: 123rf)

Untuk mengetahui apa saja model jendela kamar tidur yang modern dan minimalis, simak ulasannya di bawah ini.

1. Jendela kamar tingkap

Model jendela kamar tidur pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah jendela tingkap atau bisa juga disebut casement window. Bisa dikatakan, model jendela ini paling populer pada seluruh bagian rumah dan termasuk kamar.

Jendela yang satu ini dapat dibuka ke arah atas (top hung) atau ke samping (side hung). Selain itu, ada juga jendela tingkap berpanel tunggal serta jendela tingkap dengan panel ganda. Untuk rumah dengan gaya tradisional, biasanya memiliki jendela tingkap panel ganda. Lalu, untuk bagian daun jendelanya menggunakan bahan dari kayu dan bisa dibuka sangat lebar.

Sedangkan untuk rumah modern, lebih banyak memakai jendela tingkap kaca berbingkai aluminium atau bisa juga kayu. Lalu, untuk membukanya dibatasi dengan engsel sehingga sulit jika ingin dibuka lebih lebar. Keunggulan menggunakan jenis jendela tingkap ini adalah lebih mudah dalam mengontrol sirkulasi udara. Selain itu, jendela tingkap berbahan kaca juga memberikan pemandangan yang tidak terhalang apa pun.

2. Jendela kamar single hung

Berikutnya ada model jendela kamar tidur bernama single hung yang terdiri dari dua bagian, yakni atas dan bawah. Pada jendela bagian bawah bisa digeser ke atas untuk membuka dan ke bawah untuk menutup. Sedangkan untuk bagian atas tidak dapat digerakkan.

Saat jendela dibuka, maka jendela bagian bawah akan menutupi jendela di bagian atas. Meskipun begitu, ada juga jendela single hung yang cara bukanya tidak digeser, namun di dorong ke bawah. Jendela kamar tidur ini cukup sering dipakai untuk pengguna yang menginginkan konsep minimalis.

3. Jendela kamar jungkit

Jendela kamar jungkit atau sering disebut awning window ini merupakan salah satu model jendela kamar tidur yang populer dipakai. Pada dasarnya, jendela ini dapat membuka ke atas seperti jendela tingkap. Akan tetapi, jendela tingkap berbentuk vertikal, sedangkan jendela jungkit berbentuk horizontal.

Jika kamu membuka jendela kamar jungkit, maka tampilannya seperti kanopi atau awning yang melindungi dari hujan. Dengan begitu, kamu bisa menghirup aroma hujan dari kamar tanpa takut air hujan akan masuk. Karena alasan tersebut, jendela kamar tidur ini sangat populer di Indonesia.

 

Baca Juga: Inspirasi 11 Model Pagar Besi Unik untuk Desain Rumah Minimalis

 

4. Jendela kamar geser

Jendela kamar geser juga merupakan salah satu model jendela kamar tidur yang cocok untuk model rumah modern dan minimalis. Jika jendela single hung terdiri dari bagian atas dan bawah dan digeser secara vertikal, maka jendela kamar geser ini sedikit berbeda. Untuk jenis jendela ini memiliki bagian kanan dan kiri serta dapat digeser secara horizontal.

Jendela kamar geser ini memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik karena dapat dibuka lebar. Akan tetapi, pastikan juga dinding kamar milikmu cukup lebar untuk dipasangi dua panel jendela tersebut.

5. Jendela teluk

Selanjutnya ada jendela teluk atau busur yang sering dijadikan model jendela kamar tidur. Bentuk jendela ini lebih menjorok keluar sehingga disebut sebagai jendela teluk. Bahkan, jendela teluk ini juga bisa memberikan kesan yang modern dan minimalis.

Pada dasarnya, jendela teluk memiliki 3 jendela yang disusun sedemikian rupa. Meskipun begitu, sebenarnya kamu bisa menambah 1 jendela lagi sesuai dengan ukuran kamarnya. Jika kamu memadukan jendela teluk dengan warna yang pas, maka tampilan kamar tidur yang modern dan minimalis akan makin terasa.

6. Jendela casement

Jendela casement bisa kamu gunakan untuk kamar tidur (Foto: 123rf)
Jendela casement bisa kamu gunakan untuk kamar tidur (Foto: 123rf)

Jika kamu ingin model jendela kamar tidur dengan konsep klasik, maka jendela casement ini bisa menjadi pilihan. Model jendela tersebut bisa menjadi pelengkap keanggunan di dalam kamar tidur. Bahkan, kamu bisa buka jendela secara lebar. Dengan begitu, udara segar bisa masuk ke setiap sudut ruangan secara maksimal.

Sebenarnya, jendela casement ini banyak dipakai pada rumah bergaya lama. Contohnya bisa kamu lihat pada rumah Eropa, kolonial, hingga art deco. Bentuk jendela ini cukup sederhana. Akan tetapi, terdapat banyak variasi dan warna. Dengan begitu, kamu bisa pilih sesuai dengan keinginan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Model Plafon Gypsum Minimalis untuk Seluruh Ruangan di Rumah

 

7. Jendela skylight

Selanjutnya ada jendela skylight yang juga termasuk model jendela kamar tidur. Bisa dikatakan, ini adalah jendela yang ditaruh pada langit-langit kamar sehingga kamu bisa melihat pemandangan langit. Dengan adanya jendela skylight, kamar tidurmu akan mendapatkan sinar matahari dan udara segar.

Untuk jendela skylight ini sendiri sejatinya bisa mengubah tampilan ruangan menjadi lebih unik. Ketika malam hari tiba, maka kamu bisa menikmati pemandangan langit bertabur bintang dengan lebih mudah dan jelas. Bahkan, beberapa perumahan di Indonesia sudah banyak yang memakai model jendela skylight.

8. Jendela shutter window

Model jendela kamar tidur selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah jendela shutter window. Bisa dikatakan, ini adalah model jendela yang dilengkapi dengan gorden di dalamnya. Tipe ventilasi tersebut sangat cocok untuk kamu yang menginginkan kualitas tidur yang lebih maksimal.

Pada dasarnya, cahaya matahari tidak bisa sepenuhnya masuk melalui jendela tersebut. Ditambah lagi, jendela ini memiliki kelebihan dari sisi privasi yang lebih terjaga. Untuk dapat menghindari nuansa gelap, kamu bisa menambahkan roster pada bagian dinding ruangan sebagai ventilasi tambahan.

 

 

 

9. Jendela bay window

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan model jendela kamar tidur yang satu ini. Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika kamu pakai model jendela ini pada kamar tidur. Selain terlihat cantik, jendela kamar tidur ini juga memiliki fungsi sebagai tempat duduk atau bersantai dekat jendela.

Dari sisi ukurannya pun terbilang cukup besar sehingga tidak dibutuhkan pencahayaan tambahan ketika siang hari. Karena jarang digunakan pada berbagai rumah Indonesia, pastikan saja ukuran jendela dan modelnya sudah sangat tepat. Apabila tidak sesuai, maka bisa merusak tampilan kamar tidur milikmu.

10. Jendela venetian blind

Terakhir, ada model jendela kamar tidur yang bernama jendela venetian blind. Mungkin kamu sering melihat jenis jendela ini pada sebuah perkantoran atau ruangan khusus. Sebab, jenis jendela ini hampir sama dengan shutter window, yakni menjaga privasi pemiliknya.

Fungsi blind pada jendela jenis ini adalah sebagai pengganti kain hordeng. Jika kain hordeng digunakan dengan cara digeser, maka venetian blind dikendalikan dengan cara ditarik tali kendalinya. Ditambah lagi warna putih pada bagian blind memberikan kesan minimalis pada kamar tidur.

 

Baca Juga: 11 Contoh Keramik Kamar Mandi yang Cocok untuk Rumah Minimalis

 

Nah, itulah 10 model jendela kamar tidur yang modern dan minimalis. Bagi kamu yang sedang mengubah tampilan kamar tidur, kamu bisa membeli barang-barang material yang dibutuhkan di BukaBangunan atau jika kamu ingin menjual bahan material dan memulai usaha toko bangunan, kamu bisa gabung di Bukabangunan untuk dapetin stok bahan material terbaik.

BukaBangunan menyediakan bahan-bahan bangunan terlengkap. Mencari model jendela kamar tidur yang modern dan minimalis pun jadi semakin mudah, cepat, dan praktis!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Info Harga dan Jenis Kusen Pintu dengan Material Berkualitas di BukaBangunan

Info Harga dan Jenis Kusen Pintu dengan Material Berkualitas di BukaBangunan

25 Maret 2023

Info Jenis dan Harga Grendel Pintu Berkualitas di BukaBangunan

Info Jenis dan Harga Grendel Pintu Berkualitas di BukaBangunan

25 Maret 2023

Info Harga Handle Pintu Murah Berkualitas di BukaBangunan

Info Harga Handle Pintu Murah Berkualitas di BukaBangunan

25 Maret 2023

Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus Serta Cara Pengaplikasiannya!

Warna Plitur Kayu Jati yang Bagus Serta Cara Pengaplikasiannya!

7 Januari 2023

Info Tipe dan Harga Engsel Pintu Murah di BukaBangunan

Info Tipe dan Harga Engsel Pintu Murah di BukaBangunan

25 Maret 2023

Ketahui Model, Bahan, dan Ukuran Kusen Pintu agar Kamu Tidak Salah Pilih!

Ketahui Model, Bahan, dan Ukuran Kusen Pintu agar Kamu Tidak Salah Pilih!

7 Januari 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it