Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Info Distributor Mesin Perkakas dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

may.rahmadi
mesin perkakas (unsplash)
mesin perkakas (unsplash)

Mesin perkakas adalah sebutan untuk mesin yang biasa digunakan dalam kegiatan industri, pabrik, atau proyek bangunan. Pada umumnya digunakan untuk memotong atau mempabrikasikan suatu objek atau material menjadi barang jadi atau barang setengah jadi dalam bentuk yang dibutuhkan. Pengoperasian mesin perkakas umumnya tidak dilakukan dengan tenaga manusia secara langsung, melainkan dirancang khusus sedemikian rupa yang digerakkan oleh mesin penggerak. Objek yang menjadi benda kerjanya biasanya terbuat dari material jenis logam. Beberapa jenis perkakas mesin diantaranya adalah mesin bubut, mesin frais, mesin skrap, mesin CNC, mesin bor, dan gerinda. Cara kerjanya memiliki sistem mekanis masing-masing yang memiliki fungsi berbeda, meski masih dalam satu golongan jenis pengerjaan. 

Selain itu, kualitas yang dihasilkan dari mesin perkakas juga tergantung dari kondisi pengerjaannya. Misalnya, pengerjaan dengan kecepatan mesin potong yang rendah biasanya akan memberikan hasil permukaan yang kasar. Oleh karena itu, ada berbagai macam mesin perkakas dengan kondisi atau teknik kerja yang berbeda-beda guna mencapai hasil objek kerja yang berbeda pula sesuai dengan kebutuhan. Penting bagi pengusaha toko bahan bangunan untuk mengetahui apa saja mesin perkakas yang sering digunakan. Temukan berbagai produk lengkapnya hanya di BukaBangunan, distributor mesin perkakas dan bahan bangunan terpercaya. 

Berbagai Jenis Perkakas Mesin yang Wajib Ada di Toko 

Untuk menciptakan toko bahan bangunan yang lengkap, diperlukan pengetahuan mengenai apa saja jenis mesin perkakas yang biasa digunakan oleh masyarakat, baik untuk kebutuhan rumahan yang sederhana, ataupun untuk kebutuhan proyek dalam skala besar. Ketahui beberapa jenis perkakas mesin yang patut kamu lengkapi stoknya di toko berikut ini. 

- Mesin Bor

Perkakas mesin pertama yang paling umum dikenal oleh masyarakat awam adalah mesin bor. Mesin ini digunakan untuk pengeboran suatu objek, bisa objek kayu, logam, hingga beton, tergantung mata bor yang digunakan. Pengeboran dilakukan guna membuat lubang atau memperbesar diameter lubang pada suatu objek. Mata bor yang ditancapkan pada mesin akan menentukan hasil pengikisan dari mesin tersebut. Ada beberapa jenis mesin bor, yakni mesin bor meja, mesin bor duduk, mesin bor radial, dan mesin bor tangan untuk pengerjaan sederhana. 

- Mesin Gerinda

Mesin perkakas jenis kedua ini merupakan mesin yang bekerja untuk memotong, meratakan, menghaluskan, membentuk, atau membuat alur suatu benda kerja. Sama seperti mesin bor, gerinda juga memiliki beberapa mata pisau yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan mata pisau bisa memberikan hasil yang berbeda pada objek. Begitu pula dengan jenis objek yang menjadi objek kerja, diperlukan mata gerinda yang berbeda untuk memberikan hasil yang maksimal. Jenis mata gerinda yang umum digunakan adalah mata gerinda potong, mata gerinda asah, dan mata gerinda pengkilap.

- Mesin Gergaji

Perkakas mesin yang satu ini juga tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat awam. Sering digunakan untuk memotong berbagai objek dari material kayu, dan juga memotong batang atau ranting pohon. Mesin gergaji memiliki banyak variasi, mulai dari gergaji manual dengan beragam mata pisau, hingga mesin gergaji yang berukuran besar untuk pemotongan objek kerja yang tebal. 

- Mesin Bubut

Perkakas mesin selanjutnya yang wajib kamu sediakan stoknya di toko adalah mesin bubut. Digunakan untuk memotong, membuat laur, hingga membuat lubang pada suatu objek kerja. Cara kerjanya adalah dengan proses penyayatan pada benda kerja yang diputar. Diperlukan mata pahat yang akan digesekkan pada objek kerja sehingga terjadi pengikisan hingga membentuk objek yang dikehendaki. 

- Mesin Frais

Mesin frais adalah jenis perkakas mesin yang cukup multifungsi. Hal tersebut dapat terlihat langsung dari banyaknya mata potong yang dapat digunakan oleh mesin frais. Sehingga menjadikan mesin ini memiliki banyak fungsi, mulai dari meratakan permukaan, membuat lubang, membuat roda gigi, hingga membuat alur pada suatu objek kerja. 

- Mesin Sekrap

Mesin perkakas ini memiliki fungsi umum untuk meratakan permukaan objek kerja. Selain untuk meratakan, ada juga mesin sekrap yang digunakan sebagai pembuat alur pada suatu bidang kerja. Cara kerja mesin sekrap menggunakan mata pahat yang bergerak maju mundur menghasilkan gesekan yang berulang pada permukaan objek hingga memberikan hasil yang dibutuhkan. 

- Mesin Las

Satu lagi jenis perkakas mesin yang wajib kamu perhatikan stoknya di toko adalah mesin las listrik. Mesin las listrik digunakan untuk menyambungkan dua buah logam. Banyak digunakan untuk pengerjaan pada proyek dan bengkel. Ada beberapa jenis mesin las, diantaranya mesin las stik, las titik, las asetilin, serta mesin las potong.

Tips Menjadi Distributor Mesin Perkakas yang Laris Pelanggan

Memiliki toko yang laris pengunjung tentu menjadi dambaan setiap orang. Apalagi saat memutuskan untuk menjadi distributor bagi suatu produk material atau bahan bangunan tertentu. Ketahui beberapa tips singkat untuk menjadi distributor mesin perkakas yang laris pelanggan berikut ini.

- Menyediakan Jenis Mesin yang Lengkap

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, perkakas mesin terdiri dari berbagai jenis dengan fungsi kerja yang berbeda-beda. Usahakan untuk menyediakan keseluruh jenis mesin di toko agar bisa meraih lebih banyak pelanggan. Ada konsumen yang biasanya membutuhkan mesin bor lengkap, ada juga yang membutuhkan seluruh mesin perkakas lengkap untuk kebutuhan proyeknya. Oleh karena itu, sediakan selalu stok untuk berbagai mesin perkakas, setidaknya mesin bor, mesin gergaji, gerinda, dan mesin las listrik yang sangat umum digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

- Tawarkan Promo Untuk Pembelian yang Banyak

Salah satu cara untuk menghabiskan stok barang dengan lebih cepat adalah dengan memberikan promo pada pelanggan untuk pembelian borongan atau dalam jumlah banyak. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menjalankan strategi penjualan ini. Pertama, promo bundling beberapa produk. Misalnya, beli mesin gergaji menjadi lebih hemat apabila juga membeli berbagai jenis mata gergajinya lengkap sekaligus. Kedua, promo grosir. Berikan harga yang lebih murah bagi pembeli yang membeli suatu produk dalam jumlah banyak. Tawarkan promo grosir pada pelanggan yang juga memiliki suatu usaha terkait dengan bahan bangunan. Belanja grosir yang ditawarkan pada konsumen untuk penggunaan sehari-hari biasanya kurang efektif. 

- Pilih Supplier atau Distributor Terpercaya

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah menentukan kerja sama dengan suatu supplier atau distributor yang akan menyediakan stok di toko kamu. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai harga pasaran yang biasa ditawarkan dari distributor ke distributor lain. Pastikan juga kualitas produk yang biasa ditawarkannya, serta kredibilitas dari distributor itu sendiri. Hal ini bisa kamu teliti dengan mengetahui bagaimana sistem pembayarannya, bagaimana layanan pengaduan pelanggannya, hingga sistem pengiriman yang disertakan asuransi dan garansi. Kamu bisa mengandalkan BukaBangunan, yang merupakan distributor bahan bangunan terpercaya di Indonesia. Menyediakan stok lengkap untuk berbagai jenis material bangunan dengan sistem pembayaran yang aman, pengiriman cepat, dan aplikasi digital yang menjanjikan kemudahan berbelanja dalam genggaman. 

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Info Distributor Mesin Perkakas dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

Info Distributor Mesin Perkakas dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

24 Maret 2023

7 Mesin Las Listrik Terbaik, Berikut Rekomendasi dan Keunggulannya!

7 Mesin Las Listrik Terbaik, Berikut Rekomendasi dan Keunggulannya!

7 Januari 2023

Ukuran Kawat Las untuk Kebutuhan Renovasi Rumahmu, Berikut Proses dan Jenis nya!

Ukuran Kawat Las untuk Kebutuhan Renovasi Rumahmu, Berikut Proses dan Jenis nya!

7 Januari 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it