Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

7 Mesin Las Listrik Terbaik, Berikut Rekomendasi dan Keunggulannya!

may.rahmadi
Mesin Las Listrik Terbaik
Mesin Las Listrik Terbaik

Mesin las listrik kerap dibutuhkan dalam pembangunan rumah. Sebagai penghubung antara dua buah logam, mesin ini biasanya digunakan untuk membuat pagar, teralis, atau kanopi. Tentu kamu perlu menggunakan mesin las listrik terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan kamu bisa dapetin stok mesin las di Bukabangunan dengan harga dan kualitas terbaik loh. Yuk, mulai bisnis mesin las sekarang!

Saat ini, ada berbagai spesifikasi mesin las listrik yang tersedia di pasaran. Ada mesin las listrik untuk industri, ada pula yang rumahan. Nah, jika kamu sedang mencari mesin las listrik, simak artikel ini sampai selesai, agar bisa mendapatkan merek mesin las terbaik yang cocok untuk kebutuhanmu, ya!

Jenis Mesin Las Listrik

Mesin Las Listrik Terbaik
Mesin Las Listrik Terbaik

 

Sebelum mengetahui merek-merek mesin las listrik terbaik, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu mengenai jenis pengelasan. Dengan begitu, kamu bisa memilih mesin las listrik sesuai jenis yang kamu butuhkan. Berikut ini penjelasannya:

1. MMA (manual metal arc)

MMA (manual metal arc) atau disebut juga SMAW (shield metal arc welding) adalah mesin las listrik yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan mesin las ini memiliki banyak keunggulan. Salah satunya, harga beli dan perawatannya lebih murah dibanding tipe lainnya. Selain itu, mesin stick dapat menyolder material yang lebih kuat bahkan pada level daya yang sama. 

Kamu bisa menemukan berbagai tipe mesin las MMA berdasarkan ukuran amperenya, seperti 160 ampere atau 200 ampere. Namun besaran ampere yang dimaksud bukanlah ukuran arus listrik PLN, melainkan daya yang dihasilkan oleh mesin las tersebut. Mesin las ini pun sudah dilengkapi dengan inverter, sehingga daya listrik yang dihasilkan lebih besar dari arus listrik yang masuk. 

2. TIG (tungsten inert gas) 

Mesin las ini dikenal juga dengan sebutan GTAW (gas tungsten arc welding). Ada pula yang menyebutnya dengan mesin las argon sebab gas yang dipakai umumnya menggunakan gas argon. Dan kamu bisa dapetin stok mesin las di Bukabangunan dengan harga dan kualitas terbaik loh. Yuk, mulai bisnis mesin las sekarang!

Mesin las TIG ini biasanya digunakan untuk logam ringan seperti alumunium, kuningan atau baja ringan. Mesin TIG lebih sulit digunakan daripada MMA. Oleh karena itu, penggunaannya membutuhkan lebih banyak teknik dan keterampilan. 

Perbedaan mesin las TIG dengan MMA sendiri terletak pada penambahan gas argon. Kamu tidak dapat mengoperasikan trafo las TIG bila tidak disambungkan dengan gas argon.

Kelebihan mesin las TIG adalah hasil yang lebih bagus, halus, dan bermutu tinggi. Selain itu, bila proses pengelasan dilakukan dengan baik, kotoran yang sering timbul dapat diminimalkan, bahkan tidak ada.

3. MIG (metal inert gas)

Bila kamu membutuhkan mesin las untuk industri, mesin las MIG (metal inert gas) adalah pilihan tepat. Disebut juga GMAW (Gas Metal Arc Welding), mesin las ini sering digunakan bahkan untuk pengelasan body kendaraan. Hal ini dikarenakan panas yang dihasilkan tidak memuai sehingga membuat hasil lebih bersih.

Mesin las ini adalah salah satu mesin las tercanggih dan sering digunakan pada lambung kapal, mesin dan kendaraan lainnya. Penggunaan mesin las MIG juga lebih luas dan fleksibel. Kamu dapat menggunakannya pada besi dengan berbagai ukuran ketebalan, mulai dari yang tipis hingga yang tebal sekalipun.

Cara kerjanya pun hampir sama dengan mesin las TIG, tetapi gas yang dipakai adalah gas CO2 atau karbondioksida. Proses pengelasan mesin las ini lebih cepat serta hasil yang bersih tanpa terak. 

Oleh karena itu, prosesnya pun terbilang lebih efisien dan cocok untuk pekerjaan berat. Namun, set up awal mesin ini sedikit rumit dan tidak dapat dipakai di tempat terbuka. Selain itu, objek las juga harus dipastikan bersih dari minyak, karat, atau kotoran untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain jenisnya, kamu juga perlu mengetahui tipe-tipe mesin las listrik. Ada tiga tipe mesin las listrik sebagai berikut:

- Tipe Mesin Las Ganda (AC DC) merupakan tipe yang umum diterapkan pada arus paralel (DC) dan arus bolak-balik (DC). Mesin las ini memiliki transformator 1 frasa dan 1 buah alat perata pada 1 unit mesin.

- Tipe Mesin Las Arus Bolak-Balik (AC) merupakan tipe yang hanya bisa digunakan pada arus AC seperti listrik PLN dan generator AC

- Tipe Mesin Las Arus Searah (DC) merupakan tipe yang hanya bisa digunakan pada arus DC atau arus paralel

 

Merek Mesin Las Listrik Terbaik

Mesin Las Listrik Terbaik
Mesin Las Listrik Terbaik

Lalu apa saja merek mesin las listrik terbaik? Berikut ini daftarnya:

1. MULTIPRO MIG 350 G-KR 

Mesin las listrik terbaik pertama adalah MULTIPRO MIG 350 G-KR. Mesin las ini diproduksi oleh PT. Mayaka juga dikenal  sebagai produsen kompresor udara dan cat. Kamu dapat menggunakan mesin las ini bahkan dengan voltase yang tidak stabil. 

Dengan kata lain, MULTIPRO MIG 350 G-KR termasuk mesin las yang dapat disambungkan ke genset, sehingga mesin tetap dapat bekerja jika terjadi kerusakan atau jauh dari sumber listrik. 

Mesin las ini mampu menghasilkan daya hingga 350 A. Dengan daya tersebut, mesin bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, kekuatan kawat las pada mesin las ini adalah 0,8-1,2 mm, sedangkan efisiensinya  89%. Dengan begitu, proses pengelasan dapat dilakukan dengan lancar. 

2. Krisbow Inverter Welder 

Salah satu mesin las inverter elektrik terbaik berasal dari merek Krisbow. Dengan teknologi inverter, penggunaan listrik secara alami lebih hemat. Krisbow Inverter Welder bekerja dengan listrik 1 fasa, 220 V dan menghasilkan 10-160 ampere. Dan kamu bisa dapetin stok mesin las di Bukabangunan dengan harga dan kualitas terbaik loh. Yuk, mulai bisnis mesin las sekarang!

Mesin las ini mampu menyalakan busur api dengan stabil sehingga kamu dapat melakukan pengelasan dengan optimal. Jika kamu tidak menyukai suara mesin las, kamu dapat memilih merek mesin las ini. Mesin yang beratnya hanya 7 kg ini tidak menghasilkan suara yang begitu berisik ketika digunakan.

3. REDBO MMA 120A 

REDBO MMA 120A memiliki arus maksimum 115-117 ampere. Merek mesin las listrik ini sudah lulus uji overheat. Pengujian dilakukan dengan menyolder beberapa kabel secara terus menerus tanpa henti. Hasilnya adalah total 10 kabel yang berhasil dilas. Ini menandakan bahwa mesin las ini tidak cepat panas dan bisa bekerja dalam waktu yang cukup lama. 

4. Rhino MMA-120A 

Mesin las ini menggunakan teknologi inverter yang membuat penggunaan mesin las menjadi lebih efisien. Dari segi desain, mesin las listrik mini ini cukup sederhana dan mudah dibawa. Mesin las inverter Rhino MMA-120A hanya membutuhkan daya 900 watt untuk kebutuhan kerjanya. Kamu dapat menggunakan mesin las listrik ini untuk mengelas beragam jenis logam. 

5. RILAND ARC200T 

Rekomendasi merek mesin las listrik selanjutnya datang dari brand yang dikenal oleh para pecinta dunia las, yaitu Riland. RILAND ARC200T mampu menyalakan busur api yang stabil sehingga proses pengelasan bisa terlihat lebih rapi. Kamu bisa menggunakan mesin las ini di bengkel atau di body mobil. 

6. Multipro EG 120A - SC 450 Watt 

Kamu sedang mencari mesin las listrik dengan daya kecil? Jika iya, maka Multipro EG 120A - 450 W SC adalah solusinya. Karena kebutuhan dayanya yang rendah dan ukurannya yang sederhana, mesin las ini cocok untuk penggunaan rumah skala kecil. 

Dilengkapi dengan teknologi inverter IGBT terbaru, mesin las Multipro EG 120A - SC dapat digunakan meskipun listrik padam. Jadi, kamu dapat melanjutkan proses pengelasan meskipun  jaringan listrik PLN tiba-tiba mati. 

Kelebihan lain dari mesin las listrik ini adalah kemampuannya dalam menggunakan sumber tegangan yang tidak stabil. Artinya, mesin ini dapat menggunakan genset saat tidak ada listrik di dekatnya. 

 

7. Mesin Las Inverter Lakoni Falcon 120e  / Trafo Las 900 W 

Yang terakhir adalah mesin las inverter Lakoni Falcon 120e. Mesin las yang tahan lama dan berperforma tinggi ini merupakan salah satu produk terbaik Lakoni. Daya yang dibutuhkan juga hanya 900 watt. Dan kamu bisa dapetin stok mesin las di Bukabangunan dengan harga dan kualitas terbaik loh. Yuk, mulai bisnis mesin las sekarang!

Mesin ini dapat memenuhi kebutuhan pengelasan skala besar. Kamu juga bisa menggunakannya dengan genset, sehingga proses pengelasan bisa dilakukan dimana saja. 

Selain itu, ukurannya yang kecil membuatnya mudah untuk dibawa. Jadi, pilih mesin las listrik ini jika kamu menginginkan alat las yang kecil, mudah dibawa, sudah memiliki inverter hemat energi, dan memiliki daya tahan yang baik. Apabila kamu adalah seorang pengusaha yang ingin membuka usaha toko material bangunan dan menjual bahan bangunan seperti mesin las listrik, kamu bisa gabung Bukabangunan untuk dapetin stok bahan material termurah dan terbaik.

Itulah merek-merek mesin las listrik terbaik yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhanmu. Jangan sampai salah pilih, ya

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Info Distributor Mesin Perkakas dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

Info Distributor Mesin Perkakas dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

24 Maret 2023

7 Mesin Las Listrik Terbaik, Berikut Rekomendasi dan Keunggulannya!

7 Mesin Las Listrik Terbaik, Berikut Rekomendasi dan Keunggulannya!

7 Januari 2023

Ukuran Kawat Las untuk Kebutuhan Renovasi Rumahmu, Berikut Proses dan Jenis nya!

Ukuran Kawat Las untuk Kebutuhan Renovasi Rumahmu, Berikut Proses dan Jenis nya!

7 Januari 2023

Terbaru
15 Bangunan Unik di Dunia dengan Arsitektur Luar Biasa

15 Bangunan Unik di Dunia dengan Arsitektur Luar Biasa

2 Februari 2024

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Bangunan Bertingkat

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Bangunan Bertingkat

2 Februari 2024

Daftar 15 Alat Bangunan yang Wajib Dimiliki di Rumah

Daftar 15 Alat Bangunan yang Wajib Dimiliki di Rumah

2 Februari 2024

7 Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

7 Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

1 Februari 2024

Daftar Ukuran Pipa PVC dan Pipa Besi untuk Saluran Air

Daftar Ukuran Pipa PVC dan Pipa Besi untuk Saluran Air

1 Februari 2024

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Ringan per Meter yang Tepat

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Ringan per Meter yang Tepat

1 Februari 2024

Ini Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan yang Aman

Ini Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan yang Aman

31 Januari 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Mewah dan Elegan

Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Mewah dan Elegan

31 Januari 2024

Rekomendasi Cat Kayu Terbaik dan Tips Memilihnya

Rekomendasi Cat Kayu Terbaik dan Tips Memilihnya

31 Januari 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it