Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Panduan Memilih Merek Bor Listrik Terbaik serta Rekomendasinya

may.rahmadi
Bor listrik terbaik (123rf)
Bor listrik terbaik (123rf)

Buat kamu yang sedang melakukan renovasi rumah, keberadaan bor listrik menjadi salah satu perkakas yang sangat penting. Memiliki fungsi utama untuk membuat lubang, bor listrik akan memudahkanmu mengkreasi tampilan rumah.

Saat ini banyak sekali merek bor listrik terbaik yang beredar di pasaran. Agar memudahkan kamu, berikut ini panduan untuk memilih merek bor listrik terbaik. Namun sebelum itu, kamu perlu juga untuk mengetahui aspek apa saja yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih bor listrik terbaik. 

Bagaimana Memilih Merek Bor Listrik Terbaik

Di Indonesia jumlah rumah tangga yang memiliki bor listrik bisa dibilang masih sangat minim. Padahal salah satu perkakas ringan ini memiliki banyak sekali manfaat mulai dari membuat lubang, sampai mengencangkan sekrup. Mulai dari kebutuhan pertukangan, kerajinan tangan dan hobi, sampai proyek pribadi kamu.

Karena telah banyak varian merek bor listrik terbaik yang beredar di pasar Indonesia dengan beragam jenis dan fungsinya masing-masing, agar tidak bingung, berikut rangkuman yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih bor listrik terbaik apa yang kamu akan beli. Yuk simak panduannya.

1. Bor Kabel atau Tanpa Kabel?

Meski berasal dari satu daya yaitu listrik, namun bor listrik dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan adanya kabel atau tidak. Bor listrik dengan kabel mendapatkan daya langsung dari sumber listrik, sementara yang tanpa kabel disokong daya dari baterai. 

Kedua jenis bor listrik ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bor listrik dengan kabel misalnya dapat memiliki putaran kekuatan yang lebih besar hingga mencapai 3.000 RPM. Namun, karena memiliki kabel aplikasi bor ini memiliki keterbatasan, karena harus selalu berada dekat setop kontak.

Sebaliknya, yang non kabel bisa menjadi opsi bor listrik terbaik karena portabel dan bisa diaplikasikan dimana saja karena mengandalkan baterai. Namun, bor listrik tanpa kabel cenderung memiliki kecepatan putaran yang rendah, maksimum hanya bisa mencapai 1.500 RPM. Belum lagi semakin keras objek, maka daya baterai bisa cepat habis. 

Setelah mengetahui dua jenis ini, kamu bisa mulai menentukan merek bor listrik terbaik sesuai kebutuhan aplikasimu. Kalau kamu membutuhkan aplikasi untuk mobilitas tinggi, tentu saja bor listrik tanpa kabel harus jadi pilihan. 

2. Opsi Mata Bor

Sejumlah merek bor listrik terbaik biasanya telah menyertakan variasi mata bor dalam paket penjualannya. Nah, kamu perlu memilih mata bor yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebab, masing-masing mata bor memiliki fungsi spesifik misalnya untuk melubangi besi atau untuk mengencangkan sekrup.

3. Material Objek

Pemilihan mata bor juga akan sangat tergantung material objek yang akan dibor. Mata bor untuk melubangi beton misalnya akan berbeda dengan mata bor untuk melubangi kayu, pun sebaliknya. Salah menggunakan mata bor bukan hanya akan merusak material objek, namun juga bisa berbahaya terhadap aplikasi. 

Pastikan juga kamu memilih tipe bor listrik yang tepat, saat ini banyak merek bor listrik terbaik tersedia atau dua tipe: impact drill, dan hammer drill. Impact drill biasanya digunakan untuk memberi lubang kecil baik untuk paku baut, atau sekrup.

Sedangkan hammer drill, biasanya digunakan untuk membuat lubang pada objek yang lebih keras seperti besi, beton, batu bata dan lainnya. Sebab, tipe bor listrik ini bekerja dengan mekanisme hantaman maju mundur secara simultan untuk menambah gaya dobrak. Hammer drill biasanya juga dilengkapi dengan semacam sakelar atau tuas khusus yang bermanfaat untuk menyesuaikan tingkat kecepatan, sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan kamu.

5. Merek

Selain pertimbangan teknis, kamu juga perlu mempertimbangkan merek. Sebab, merek bor listrik terbaik biasanya didesain secara khusus dengan memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan penggunaan. Serta merek-merek bor listrik terbaik juga biasanya memiliki material yang lebih bagus sehingga punya durabilitas yang tinggi. 

Meskipun jarang digunakan, tentu keawetan perkakas merupakan salah satu yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih perkakas apapun termasuk bor listrik. Untuk memudahkan kamu, berikut rangkuman lima merek bor listrik terbaik yang bisa kamu pilih

Rekomendasi Merek Bor Listrik Terbaik

1. BOSCH IXO3 Cordless Drill

Merek BOSCH asal Jerman telah terkenal sebagai salah satu produsen perkakas paling unggul di dunia. Tak terkecuali untuk bor listrik, untuk itu BOSCH IXO3 Cordless Drill jadi rekomendasi pertama sebagai merek bor listrik terbaik. 

BOSCH IXO3 Cordless Drill berbobot kurang dari satu kilogram memberikan kemudahan dalam aplikasinya. Salah satu bor listrik terbaik yang ada di pasaran ini ditopang dengan desain yang ergonomis dan kecil serta dilengkapi dengan lampu LED sehingga cocok untuk pekerjaan ringan untuk melubangi kayu, atau tembok bahkan di malam hari. 

2. Makita DF 333

Seri dari merek bor listrik terbaik Makita ini merupakan salah satu bor yang paling laku di pasar global. Makita DF 333 juga merupakan penerus seri Makita DF 331 yang juga terkenal tangguh dalam aplikasinya. 

Memiliki desain kompak yang akan membuat tangan kamu nyaman saat melakukan pengeboran Makita DF 333 memiliki performa yang unggul yaitu dapat membuat lubang pada besi hingga kedalaman 10 milimeter atau kayu dengan kedalaman hingga 21 milimeter. 

3. Dewalt DCD776C2

Merek bor listrik terbaik selanjutnya adalah Dewalt DCD776C2 yang sudah dikenal akan ketangguhannya dalam aplikasi pengeboran. Sebab bor listrik tanpa kabel ini mampu memiliki kekuatan hingga 18V yang dapat membantu kamu mengebor objek material mulai dari kayu hingga beton. 

Dewalt DCD776C2 juga dibekali sejumlah fitur jempolan seperti lampu LED sehingga memungkinkan kamu menggunakannya pada malam hari. Ditambah baterai berdaya 1.3 Ah yang bisa bertahan lama saat kamu gunakan sebelum kamu perlu isi kembali daya baterainya. 

4. Black+Decker Hammer Drill TB555-B1

Rekomendasi selanjutnya adalah Black+Decker Hammer Drill TB555-B1 yang merupakan merek bor listrik terbaik tersedia di pasar. Black+Decker Hammer Drill TB555-B1 didesain dengan sangat kokoh dengan sasis yang kuat dan tidak mudah pecah. 

Kumparan tembaga pada Black+Decker Hammer Drill TB555-B1 juga memiliki mekanisme khusus yang membuat aplikasi pengeboran tidak menimbulkan panas lebih dalam intensitas tinggi. Tambahan pegangan pada badan bor ini juga akan makin memudahkan kamu saat aplikasi pengeboran. 

5. Maktec MT60

Rekomendasi merek bor listrik terbaik selanjutnya adalah Maktec MT60 yang sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Sebab bor listrik ini merupakan jenis berkabel yang ditopang daya 350 W namun memiliki desain yang kecil dan ringan, sehingga cocok untuk pekerjaan pengeboran ringan atau hobi. 

Meski berukuran kecil, namun performa Maktec MT60 tak bisa diremehkan, Maktec MT60 memiliki kemampuan untuk menembus kayu hingga 20 milimeter dan besi hingga 10 milimeter dan dapat menghasilkan kecepatan putaran sampai 3.000 RPM.

Itulah panduan serta daftar merek bor listrik terbaik yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa membantu, ya! Dan jika kamu adalah seorang pengusaha yang ingin memulai atau sedang merintis modal usaha toko bangunan, kamu bisa gabung di Bukabangunan untuk dapatkan stok jualan bahan bangunan terbaik.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Panduan Memilih Merek Bor Listrik Terbaik serta Rekomendasinya

Panduan Memilih Merek Bor Listrik Terbaik serta Rekomendasinya

7 Februari 2023

Terbaru
10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Kayu yang Memukau

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Kayu yang Memukau

20 Maret 2024

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it