Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

Uji Agung Santosa
10 ide pembatas ruangan dari triplek yang simple (Unsplash)
10 ide pembatas ruangan dari triplek yang simple (Unsplash)

Jangan sepelekan triplek untuk jadi material yang bisa berikan keindahan di dalam rumah. Kamu bisa membuat pembatas ruangan dari triplek yang sederhana dan indah. Pembatas ruangan yang dibuat pun tidak perlu harus disambungkan dengan tembok, loh.

Kamu bisa memanfaatkan pembatas dari triplek ini untuk membagi satu ruangan besar menjadi dua fungsi yang berbeda. Pembatas ini cocok untuk kebanyakan rumah modern yang menerapkan model open space di beberapa interiornya.

Namun, ada juga kalanya pembatas ruangan ini hanya menjadi penghias ruangan saja tanpa mengubah fungsi ruangan. Nah, supaya tidak penasaran, simak penjelasannya di bawah ini.

Ruangan yang Bisa Disekat dengan Triplek Pembatas

Ruangan yang bisa disekat dengan pembatas trilek (Unsplash)
Ruangan yang bisa disekat dengan pembatas trilek (Unsplash)

Triplek pembatas bisa dipakai untuk rumah, apartemen, hingga rumah petakan. Kamu hanya perlu menaruh pembatas triplek di tempat yang tepat. Berikut ruangan yang bisa disekat dengan triplek pembatas.

1. Ruang tengah dengan dapur

Rumah modern minimalis sekarang sudah menggabungkan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga dalam satu studio besar. Nah, kamu bisa memisahkannya dengan sekat untuk membatasi fungsi dari masing-masing ruangan. Dengan begitu, ada pembeda aktivitas di tiga ruangan tersebut.

2. Ruang tamu dan ruang tengah

Tidak semua rumah bisa menyediakan ruang tamu, terlebih lagi rumah minimalis. Banyak dari rumah yang kemudian menggabungkan ruang tamu dan ruang tengah di tempat yang sama. Nah, kamu bisa memanfaatkan pembatas dari triplek ini untuk jadi sekat di antaranya.

3. Kamar tidur dengan ruang kerja

Beberapa orang memilih sebuah kamar besar supaya bisa dibuat lebih banyak fungsi, mulai dari ruang kerja hingga ruang baca. Dibanding membuat dua ruangan terpisah, kamu bisa menyekatnya dengan pembatas ruangan yang terbuat dari triplek. Cara ini terbukti lebih hemat dari berbagai aspek.

4. Ruang tengah dengan ruangan ibadah

Ada sejumlah pemilik yang ingin rumahnya memiliki ruang ibadah sendiri. Jika tidak memiliki space yang cukup, kamu bisa memberikan sekat dengan pembatas dari triplek saja. Kamu bisa membuatnya di salah satu sudut ruangan supaya tidak terganggu saat melakukan ibadah.

Baca juga: Rekomendasi Cat Kayu Terbaik dan Tips Memilihnya

Rekomendasi Ide Pembatas Ruangan dari Triplek

Ide sekat pembatas triplek yang bagus (Unsplash)
Ide sekat pembatas triplek yang bagus (Unsplash)

Kamu tetap bisa membuat sebuah pembatas ruangan yang estetik biarpun hanya terbuat dari triplek. Malahan, pembatas ruangan ini bisa memiliki fungsi yang lebih banyak lagi. Berikut sejumlah ide yang bisa dipakai untuk membuat pembatas ruangan di rumah dari triplek.

1. Sekat triplek sederhana

Kegunaan triplek ini ternyata bisa menjadi tembok di rumah. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai sekat ruangan sederhana hanya dengan memasangnya tegak dari lantai ke langit-langit. Pemasangannya bisa kamu tempel langsung di tembok rumah atau menggunakan besi penyangga.

Setelah itu, berikat sentuhan cat kayu untuk membuat sekat ruangan triplek ini lebih natural. Kamu bisa memilih triplek dengan ketebalan sedang untuk menjadi dinding ruangan. Dinding ini pun bisa jadi penyaring suara supaya tidak ke ruangan sebelahnya.

2. Sekat triplek lipat

Sekat triplek lipat (folding) bisa jadi solusi untuk rumah minimalis. Sekat lipat pun bisa jadi pembatas untuk menutup pintu kamar mandi yang ada di ruangan tengah. Jadi, orang yang masuk dan keluar kamar mandi tidak langsung dilihat orang lain.

Selain itu, sekat jenis ini juga bisa dilipat saat tidak digunakan. Dengan begitu, kamu bisa menyimpannya dengan lebih mudah. Sekat lipat ini pun bisa kamu bikin sendiri loh dengan memanfaatkan engsel pintu.

3. Sekat triplek berongga

Kamu bisa membuat sebuah pembatas ruangan dengan sekat-sekat berongga sehingga tidak tertutup sepenuhnya. Hal ini yang membuat kamu tetap bisa melihat ke ruangan sebelahnya. Nah, tinggal jarak antara rongga-rongganya itulah yang kamu sesuaikan sendiri mau selebar apa.

Jenis sekat triplek ini bisa diaplikasikan untuk ruangan tengah ke ruang tamu atau ruang tengah ke ruang tamu. Kamu juga bisa membuat sekat triplek ini sendiri dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu memotong triplek dengan lebar yang sama, lalu dipasang sejajar di antara ruangan.

4. Sekat triplek berpola

Kamu yang memang ingin membuat sebuah sekat yang hanya mengedepankan keindahan bisa membuat sebuah pola dari kayu triplek. Pola yang dibuat pun bisa bermacam-macam, mulai dari motif bentuk, kaligrafi, atau hanya font saja.

Sekat ruangan dari triplek ini mungkin tidak bisa memisahkan fungsi dari sebuah ruangan. Kegunaannya hanya sebagai pembatas kamar tidur dengan ruang baca atau memisahkan ruangan dengan tempat ibadah di rumah.

5. Sekat triplek mungil

Mungil di sini bisa diartikan dengan banyak makna. Kamu bisa membuat sebuah sebuah dinding pembatas hanya dengan satu lembar triplek saja tanpa perlu menutup ruangan sepenuhnya. Namun, triplek ini tetap bisa dihias dengan menggunakan kreativitas yang kamu miliki.

Pembatas ruangan dari triplek jenis ini merupakan solusi untuk rumah minimalis. Membatasi ruangan dengan triplek juga jadi alternatif penghematan jika dirasa dinding dari bata yang relatif mahal.

Baca juga: Rekomendasi Model Plafon Gypsum Minimalis untuk Seluruh Ruangan di Rumah

6. Sekat triplek rak buku

Sekat Triplek Rak Buku (Unsplash)
Sekat Triplek Rak Buku (Unsplash)

Jangan cuma jadi pembatas ruangan saja. Kamu juga bisa memanfaatkan sekat ruangan menjadi rak untuk menyimpan koleksi buku yang dimiliki. Ruangan kamu tidak perlu menambah furnitur lain untuk fungsi yang sama.

Pembuatan rak buku dari triplek ini pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa membuat rak yang memiliki 3–4 lantai saja dengan tinggi 120–150 cm. Setelah itu, taruh sebagai pembatas ruang tengah, ruang tamu, atau ruang baca.

7. Sekat triplek rak hiasan

Berbeda dengan rak buku, bentuk rak untuk hiasan dan tanaman biasanya lebih tinggi. Tidak jarang ukurannya bisa memanjang dari lantai ke plafon rumah. Malah, banyak orang yang membuatnya memanjang hingga benar-benar menjadi pemisah satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Bentuk dan motifnya juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa membuat rak memanjang sehingga bisa dimasukkan banyak benda di atasnya. Bisa juga dengan membuat sejumlah sekat untuk membagi hiasan berdasarkan kategori hiasannya.

8. Sekat triplek di dalam dinding

Kamu bisa mengaplikasikan pembatas ruangan yang menyatu dengan dinding ruangan. Malahan, pembatas dari triplek ini bisa kamu buat motif yang bermacam-macam. Langkah ini akan membuat ruangan lebih estetik, baik dari luar maupun dalam.

Langkah pertama untuk membuatnya adalah melubangi dinding rumah yang menjadi pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lain. Bentuk sebuah triplek dengan motif tertentu. Selanjutnya, pasang triplek di dalam lubang tembok tersebut.

9. Sekat triplek lemari pembatas

Sekat Triplek Lemari Pembatas (Unsplash)
Sekat Triplek Lemari Pembatas (Unsplash)

Kamu juga bisa membuat sebuah lemari dari triplek sebagai pembatas ruangan, loh. Ide pembatas ruangan dari triplek ini sangat cocok untuk apartemen. Kamu bisa membagi kamar tidur dengan ruangan lainnya.

Sekat lemari yang dibuat pun tidak perlu terlalu lebar. Kamu hanya perlu membuat sekat sekitar 50–70 cm saja untuk menyimpan pakaian. Lebar tersebut sebenarnya tidak terlalu memakan banyak space di apartemen kamu, kok.

10. Sekat triplek dan pintu

Mirip dengan sekat triplek lipat, kamu juga bisa membuat pembatas ruangan yang memiliki pintu. Bedanya, hanya sebagian saja yang bisa dilipat dan pembuatannya menempel dengan dinding rumah. Artinya, kamu tidak bisa melepasnya atau melipatnya untuk disimpan karena dia menjadi bagian dari dinding.

Sekat triplek pintu ini bisa kamu jadikan pembatas ruangan untuk rumah ibadah atau mushola di rumah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sebuah ruang ibadah yang memiliki pintu.

Baca juga: 10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

Itu dia beberapa ide yang bisa diaplikasikan untuk membuat pembatas ruangan dari triplek. Pilih ketebalan yang sesuai untuk pembatas ruangan yang tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Nah, beli tripleknya di BukaBangunan untuk dapatkan harga yang bersaing. Kamu pun bisa menjadi Partner BukaBangunan untuk mulai bisnis bahan material dan dapatkan keuntungan berlipat.
 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

30 April 2024

Terbaru
Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

2 Mei 2024

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

2 Mei 2024

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

2 Mei 2024

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

1 Mei 2024

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

30 April 2024

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

30 April 2024

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

30 April 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it