Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Rekomendasi Cat Kayu Terbaik dan Tips Memilihnya

Uji Agung Santosa
Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (123rf.com)
Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (123rf.com)

Sedikit banyak rumah akan diisi juga oleh material kayu, baik interior maupun eksteriornya. Karena itu, pastikan kamu memilih cat kayu terbaik untuk melapisi material kayu tersebut. Memilih cat yang tepat akan membuat bagian rumah yang terbuat dari kayu bisa lebih cantik dan tahan lama.

Sekarang ini sudah banyak merk cat pernis kayu yang menawarkan kualitas bagus untuk orang-orang yang berencana bangun rumah. Cari tahu rekomendasinya sekaligus tips untuk memilih cat kayu terbaik di bawah ini.

Tips Memilih Cat Kayu Terbaik

Tips Memilih Cat Kayu Terbaik
Tips Memilih Cat Kayu Terbaik

Memilih cat kayu juga tidak boleh asal-asalan. Ikuti cara memilih cat kayu yang tepat supaya kamu tidak salah.

1. PIlih berdasarkan bahan pelarutnya

Sebelum digunakan, kamu perlu melarutkan cat kayu terlebih dulu. Kamu bisa melarutkannya dengan cairan berbasis minyak atau air.

Untuk cat kayu berbahan volatile organic compound, kamu perlu melarutkannya dengan cairan minyak, seperti spiritus, thinner, atau terpentin. Cat kayu jenis ini biasanya memiliki aroma menyengat. Namun, material kayu bisa lebih terlindungi dari jamur.

Di sisi lain, ada cat kayu yang bisa dilarutkan dengan menggunakan air bersih saja. Jenis cat yang satu ini relatif lebih cepat kering dan lebih mudah dipakai. Kamu bahkan bisa menggunakan spray untuk mengaplikasikannya ke atas kayu.

2. Sesuaikan dengan lokasi

Kamu harus menyesuaikan pemilihan cat kayu dengan penempatan kayu tersebut. Barang-barang kayu yang diletakkan di luar ruangan tentunya butuh perlindungan ekstra terhadap cuaca. Karena itu, kamu memilih cat kayu yang bisa menjaga dari panas, hujan dan juga jamur.

Di sisi lain, furnitur indoor bisa mengenyampingkan urusan daya tahan. Kamu bisa fokus pada warna dan tingkat kecerahan cat saat diaplikasikan di material kayu.

3. Melihat karakteristik kayu

Setiap kayu punya keunikannya masing-masing sehingga kamu perlu tahu cat seperti apa yang tepat untuk melapisinya. Ada kayu yang bersifat halus dan rata, seperti misalnya kayu jati. Jenis kayu ini hanya perlu diberi cat yang mengilap untuk mengeluarkan keindahannya.

Ada juga jenis kayu yang memiliki tekstur, seperti kayu jati. Dalam kasus ini, kamu perlu memilih cat kayu yang punya kemampuan masuk ke dalam pori-pori kayu. Jadi, seluruh bagian kayu bisa terisi dengan penuh.

4. Memilih warna cat yang tepat

Warna juga memegang peran yang cukup krusial dalam memilih cat kayu. Perlu melihat banyak faktor dalam pemilihan cat ini. Sebut saja jenis furniturnya, lokasi penempatannya, fungsi dari bahan kayu tersebut, dan nuansa seperti apa yang mau kamu tampilkan. Pastikan semuanya tepat supaya warna yang kamu gunakan.

Baca juga: Rekomendasi Trend Warna Cat Rumah dan Tips Memilihnya

 

Pilihan Warna Cat Kayu Terbaik

Pilihan Warna Cat Kayu Terbaik
Pilihan Warna Cat Kayu Terbaik

Saat bicara tentang warna cat kayu, kebanyakan orang akan menganggap cokelat sebagai satu-satunya pilihan. Sebenarnya masih ada banyak pilihan lain, loh. Berikut rekomendasi warna cat kayu yang bisa dipilih.

1. Warna hitam atau gelap

Warna gelap mungkin jarang jadi pilihan untuk kayu-kayu di rumah. Namun, warna ini malah bisa menggambarkan sisi maskulin dari pemilik rumah. Jika bisa menggunakannya dengan baik, ruangan dengan kayu hitam malah terlihat estetik.

2. Warna cokelat kopi

Warna ini paling sering dipakai di kayu rumah untuk pintu, jendela, dan furnitur rumah lainnya. Bisa dibilang, warna ini cocok dengan banyak warna cat apa pun sekaligus penyeimbang warna terang. Kamu pun bisa mengaplikasikan di banyak gaya interior rumah.

3. Warna cokelat terang

Pilihan warna cokelat terang juga bagus untuk menambah pencahayaan di rumah. Warna ini cocok diaplikasikan di tempat-tempat berkumpul di rumah, seperti ruang keluarga atau meja makan.

4. Warna transparan

Kamu yang memilih jenis kayu terbaik biasanya tidak perlu lagi menambah warna yang mencolok. Pilihan warna cat kayu transparan sudah cukup membuat keindahan kayu tersebut keluar.

5. Warna putih

Warna putih bisa dipakai untuk lantai atau dinding kayu di rumah. Selain itu, banyak juga perabotan kayu yang bisa diberi warna putih, kok.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Teras Rumah yang Bagus untuk Rumahmu!

 

10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik

10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik
10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik

Ada beragam merk cat kayu yang bagus dan  punya kualitas tinggi di pasaran. Berikut rekomendasi cat kayu terbaik untuk pelapis material kayu di rumah.

1. Avian Cat Kayu dan Besi

Cat kayu dari Avian ini punya daya tutup yang maksimal dan bisa melapisi sampai ke bagian pori. Warna yang dihasilkan juga cerah dan mengilap. Selain itu, cat kayu ini juga cepat kering hanya dalam 12 jam. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran hingga kaleng 3,6 liter.

2. Dulux V-Gloss

Dulux menawarkan cat kayu berbasis air yang aman untuk seluruh anggota keluarga. Kamu cukup mengencerkannya dengan air dan bisa langsung diaplikasikan menggunakan kuas, roll, atau spray. Namun, jenis cat kayu ini hanya bisa dipakai untuk material kayu yang diletakkan di dalam ruangan saja.

3. Biovarnish Wood Stain

Merk yang satu ini merupakan cat pernis kayu untuk melapisi kayu sehingga lebih mengilap. Hasil yang diberikan juga sangat cerah natural dan pastinya tahan terhadap serangan jamur. Biovarnish Wood Stain juga memberikan banyak pilihan warna, mulai dari candy brown, cherry, dark walnut, light brown, dark brown, red mahogany, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, cat kayu ini berbasis air sehingga aman untuk diaplikasikan di ruangan keluarga.

4. Nippon Paint Woodstain (Water-Based)

Merk Nippon Paint merupakan cat kayu anti rayap water based terbaik. Cat ini bisa melapisi kayu sekaligus menjaganya dari rayap dan jamur yang menyebabkan lapuk. Selain itu, kayu pun lebih tahan terhadap segala macam cuaca. Nippon Paint Woodstain jug tersedia dalam banyak warna, seperti pine, walnut, oak, akasia, dan masih banyak lagi.

5. Propan Woodstain

Cat Propan Woodstain ini bisa menyerap sampai ke serat kayu sehingga semua lapisannya bisa tertutup sempurna. Mengingat cat ini berbasis air, kamu pun bisa memanfaatkan spray atau kuas untuk pengaplikasiannya di atas kayu. Cat Kayu Propan bisa digunakan untuk finishing jendela, kusen,  hingga railing tangga di rumah.

6. FTALIT Cat Besi dan Kayu

Kayu yang dilapisi cat FTALIT akan tampil cerah dan glossy sehingga lebih indah dipandang. Cat ini pun bisa membantu melindungi kayu dari cuaca ekstrem sekalipun. Jadi, kamu bisa memakai cat kayu FTALIT untuk pagar rumah atau tempat duduk kayu di taman.

7. Jotun Gardex Premium Gloss

Kamu yang mencari tipe cat kayu eksterior bisa memilih cat kayu dari Jotun yang satu ini. Cat kayu terbaik ini bisa membuat kayu terbebas dari jamur dalam tempo yang cukup panjang. Kamu bahkan bisa menggunakannya untuk interior rumah, loh. Tidak perlu khawatir karena aroma cat ini tidak terlalu kuat sehingga tidak mengganggu selama proses pengerjaan.

8. Mowilex Water Based Woodstain

Kelebihan dari cat kayu Mowilex adalah cepat kering sehingga membuat pengerjaan makin cepat. Produk ini pun tidak mengandung bahan berbahaya sehingga tidak perlu khawatir aromanya terhirup saat pengecatan. Kayu yang dilapisi cat Mowilex Woodstain ini bisa melindungi kayu dari air hujan dan cahaya UV matahari.

9. EMCO Lux

Produk ini menggunakan formulasi resin dan pigmen warna yang sangat tinggi. Selain bisa melindungi kayu dari serangan cuaca, warna yang dihasilkan juga cukup tebal dan cerah. Cat ini juga punya daya tutup yang kuat bahkan sampai ke pori-pori yang kecil sekalipun.

10. Puffin Woodstain Water Based

Cat kayu dari Puffin ini memiliki pilihan warna clear gloss dan clear doff yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena punya warna transparan, warna asli dari kayu akan tetap terjaga sehingga tetap bisa menampilkan keindahan yang alami. Kamu pun bisa memanfaatkan cat kayu dari Puffin ini untuk keperluan indoor maupun outdoor.

Nah, itu dia rekomendasi cat kayu terbaik yang bisa ditemukan di pasaran. Kamu yang ingin mendapatkan berbagai macam cat dan keperluan alat bangunan lain bisa mencarinya di BukaBangunan.com. Kamu pun bisa memulai bisnis dengan menjadi agen material terlengkap dengan bergabung menjadi partner BukaBangunan sekarang.

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

1 November 2023

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

1 November 2022

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

12 Maret 2024

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

12 Maret 2024

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

1 Maret 2024

Terbaru
Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

2 Mei 2024

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

2 Mei 2024

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

2 Mei 2024

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

1 Mei 2024

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

30 April 2024

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

30 April 2024

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

30 April 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it