Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Rumus Siku Bangunan Untuk Membuat Sudut Siku, Ini Cara nya!

Dewi Maharani IR
Rumus Siku Bangunan
Rumus Siku Bangunan

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam membangun sudut siku dalam suatu bangunan adalah melalui rumus siku bangunan yang mampu membantu perhitungan yang akurat. Bagian sudut ini umumnya ada pada hunian dan gedung bertingkat. Kalau kamu saat ini sedang berencana membangun, rumus siku bangunan patut dipahami juga. Lalu jika kamu butuh bahan bangunan untuk sudut siku, kamu bisa dapeting dengan mudah di Bukabangunan. Bisnis bahan untuk sudut siku yuk sekarang!

Meski bagian sudut siku ini terlihat tidak memerlukan perlakuan yang spesial, tapi nyatanya sudut ini punya pengaruh besar dalam sebuah bangunan. Misalnya saja dari segi estetika atau dari segi sebagai penyokong kekuatan bangunan. 

Makanya, perhitungan bagian sudut siku yang akurat tentu diperlukan. Hal ini dapat membantu kamu ketika merancang interior pada sudut tersebut, seperti pemasangan keramik dengan jumlah dan ukuran yang tepat, hingga peletakan perabotan yang pas di bagian ini.

Nah, dengan melakukan perhitungan yang pas melalui rumus mencari siku bangunan, kamu bisa mendapatkan arahan yang jelas mengenai apa yang perlu dilakukan. Ingin tahu seperti apa rumus siku bangunan? Yuk, baca di bawah ini!

Rumus Siku Bangunan
Rumus Siku Bangunan

 

Apa itu Rumus Siku Bangunan?

Sebelum kamu membuat atau membangun sudut siku dalam suatu bangunan, tentu perlu ketahui ukuran dari masing-masing sisinya. Perhitungan ukuran yang akurat ini adalah langkah yang esensial dalam membangun hunian karena dapat mencegah kegagalan atau kerugian ketika melaksanakannya.

Jadi, bagaimana sebenarnya itu rumus siku bangunan rumah? Sebenarnya, mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah menemui rumus siku bangunan di masa bangku sekolah. Rumus siku bangunan yang akan digunakan ini menggunakan rumus matematika dasar untuk menghitung segitiga siku-siku. 

Pada dasarnya, hasil akhir dari sudut siku akan menghasilkan bentuk segitiga siku-siku dengan sudut 90 derajat. Rumus siku bangunan berikut menggunakan rumus matematika yang bernama Teorema Phytagoras. Melalui rumus siku bangunan Phytagoras ini, kamu dapat mengetahui hubungan dan ukuran antara masing-masing sisi segitiga siku-siku.

Berikut adalah rumus siku bangunan dengan Phytagoras.

e² = f² + g² atau EF² = FG² + EG²

di mana:

  • FG atau f adalah sisi penyiku
  • EG atau g adalah sisi penyiku
  • EF atau e adalah sisi miring

Sisi penyiku adalah bagian dari segitiga siku-siku yang membentuk sudut siku. Sedangkan, sisi miring adalah “jembatan” kedua sisi penyiku. Menghitung sisi miring ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menjumlahkan kuadrat kedua sisi penyiku tersebut.

Agar lebih jelas, berikut adalah penerapan rumus di atas.

Jika diketahui:

Sisi f = 5 m

Sisi g = 12 m

Maka, sisi e adalah

e² = f² + g²

e² = 5² + 12²

e² = 25 + 144

e² = 169

e = √169

e = 13 m

Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut didapatkan bahwa sisi miring atau e adalah 13 m. Rumus Phytagoras ini umumnya punya pola yang sering ditemukan. Selain pola 5,12,13, pola triple Phytagoras lainnya ada 3,4,5, 6,8,10, 7,24,25, dan 8,15,17. 

Bagaimana kalau panjang sisi pada sudut siku di hunian kamu punya sisi yang berbeda? Tenang, kamu hanya perlu masukkan ukuran-ukurannya pada rumus siku bangunan di atas. Kalau ukuran masing-masing sudah ketemu, barulah kamu bisa melanjutkannya ke tahap pembuatan siku bangunan.

Baca Juga: Panduan Merancang dan Rekomendasi Desain Rumah 2 Lantai

 

Rumus Siku Bangunan
Rumus Siku Bangunan

 

Beberapa Cara Membuat Siku Bangunan

Pembangunan sebuah hunian memang wajib dilakukan dan diketahui baik oleh kontraktor dan pembangunnya. Tapi, kamu sebagai pemilik bangunan tersebut tidak ada salahnya kalau ingin tahu apa yang terjadi di dalamnya, seperti pengukuran bidang, penentuan banyaknya jumlah bahan bangunan dan pembuatan sudut siku bangunan. 

 

Baca Juga: Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Ideal

Sekadar informasi tambahan, pengerjaan pengukuran bidang bangunan disebut juga dengan uitzet atau “esset”. Dalam tahapan ini, para pekerja bangunan akan menentukan peletakan dan pemosisian pondasi bangunan. Langkah ini cukup penting dalam pembangunan setiap hunian, terutama gedung-gedung yang bertingkat.

Nah, dalam membuat sudut siku pada suatu bangunan, pastinya masing-masing pekerja bangunan punya caranya sendiri. Pada umumnya, terdapat tiga cara untuk membuat siku ini.

  1. Menggunakan Meteran
    Cara yang pertama ini tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, yaitu dengan memanfaatkan meteran. Meteran adalah salah satu alat pengukuran yang pasti dimiliki oleh pekerja bangunan. Alat ini tergolong tradisional dan cara menggunakannya bisa dibilang manual.
    Meteran dapat kamu beli di toko-toko bangunan, jadi mudah untuk mendapatkannya. Tapi, satu kekurangan dari cara ini adalah umumnya cocok untuk proyek-proyek bangunan berukuran kecil.
    Terlepas dari hal tersebut, cara ini masih relevan untuk diterapkan kok. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat siku bangunan dengan meteran.
    1. Tentukan dan tandai satu titik yang akan dijadikan bagian sudut.
    2. Buat sisi penyiku pertama dengan menarik meteran dari titik sudut tadi ke atas sesuai dengan
     ukuran yang kamu tentukan.
    3. Buat sisi penyiku kedua dengan menarik meteran dari titik sudut ke samping sesuai ukuran.
    4.Hitung ukuran sisi miring segitiga dengan menggunakan rumus siku bangunan.
    Tarik garis dan pertemukan  masing-masing ujung kedua sisi penyiku tersebut.
    5. Bagian sudut siku pun sudah jadi.
  2. Menggunakan Theodolit
    Mungkin banyak masyarakat awam yang belum begitu kenal dengan theodolit. Theodolit merupakan alat yang juga umum digunakan untuk mengukur suatu bidang. Biasa digunakan oleh juru ukur tanah, surveyor, atau pun pekerja yang terkait di bidang pertanahan. 
    Theodolit ini cukup canggih karena dapat membantu penggunanya menentukan titik sudut, jarak vertikal dan horizontal kedua titik. Oleh karena kecanggihan alat ini, theodolit umumnya dipakai untuk garapan proyek besar yang punya bidang tanah yang luas.
    Theodolit
    Theodolit

     

  3. Menggunakan Benang
    Cara membuat siku bangunan yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan benang. Yap, penggunaan benang sering sekali dijumpai dalam pembangunan. Pekerja bangunan menggunakan benang untuk menandai bagian yang sudah diukur. Benang juga umum dipakai sebagai penanda dalam pembangunan, misalnya bagian yang akan ditembok.
    Untuk membuat siku bangunan dengan menggunakan benang, langkahnya cukup mirip dengan menggunakan meteran. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  • Tandai titik yang akan menjadi titik sudut dengan menggunakan paku.
  • Kaitkan benang pada paku.
  • Buat sisi penyiku pertama dengan menarik benang ke atas sesuai ukuran, lalu paku.
  • Buat sisi penyiku kedua dengan menarik benang ke samping sesuai ukuran juga dan paku.
  • Buat sisi miring dengan menarik benang dari ujung kedua sisi penyiku.
  • Sudut siku pun sudah terbentuk.

 

Demikian, itulah ketiga cara untuk membuat sudut siku pada banguanan yang bisa kamu lakukan. Mudah, bukan? Apapun cara dan alat yang kamu pilih, pastikan ukuran masing-masing sisi sudut siku-siku itu sudah diukur secara akurat. Salah satu cara yang bisa membantumu adalah dengan memakai rumus siku bangunan. Rumus siku bangunan ini juga bisa dihitung mudah dengan teorema Phytagoras.

Kalau ukuran sudah siap dan kamu butuh mencari bahan bangunan, cari aja di BukaBangunan! BukaBangunan adalah sumber material bahan bangunan. Stoknya banyak dan selalu tersedia. Kamu tinggal pilih, check out, bayar, lalu tinggal duduk manis untuk menunggu barang dikirimkan. Yuk, beli di BukaBangunan! Dan jika kamu adalah pengusaha yang sedang mencari peluang usaha toko bangunan, kamu bisa gabung di Bukabangunan untuk dapatkan stok bahan material terbaik secara online dan menguntungkan.

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Rumus Luas Bangunan dan Cara Tepat Menghitungnya

Rumus Luas Bangunan dan Cara Tepat Menghitungnya

30 Mei 2023

Apa Itu Pemborong Bangunan: Tips Pilih Jasa yang Tepat

Apa Itu Pemborong Bangunan: Tips Pilih Jasa yang Tepat

30 Mei 2023

 Rumus Siku Bangunan Untuk Membuat Sudut Siku, Ini Cara nya!

Rumus Siku Bangunan Untuk Membuat Sudut Siku, Ini Cara nya!

30 Mei 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it