Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Bahan Bangunan Penting: Panduan untuk Konstruksi yang Aman dan Tahan Lama

may.rahmadi
Pekerja Bangunan (Pixabay)
Pekerja Bangunan (Pixabay)

Bahan bangunan merupakan bagian penting dari setiap proyek konstruksi baik dalam skala besar maupun kecil. Mulai dari membangun rumah hingga membangun gedung puluhan tingkat.

Bahan bangunan memberikan kekuatan dan stabilitas pada bangunan kamu. Itu sebabnya sangat berpengaruh pada keamanan dan ketahanan bangunan. Lalu, apa saja, sih, bahan-bahan bangunan yang penting dalam sebuah konstruksi? Lalu apabila kamu adalah pengusaha yang ingin memulai bisnis bahan bangunan atau franchise toko bangunan, kamu bisa gabung Bukabangunan untuk dapatkan stok jualan material dan bahan konstruksi terbaik dan termurah.

Bahan Bangunan Penting

Ada berbagai jenis bahan bangunan yang dapat digunakan dalam konstruksi. Bahan-bahan itu memiliki fungsinya masing-masing.

Untuk membantu kamu menentukan bahan-bahan bangunan apa saja yang kamu perlukan dalam proyek konstruksimu, berikut ini daftar 15 bahan bangunan penting yang sering digunakan oleh para profesional di industri konstruksi:

1. Batu Bata 

Batu bata adalah bahan bangunan penting pertama dan yang paling umum digunakan untuk membuat dinding. Tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, batu bata sangat mudah dibentuk dan tahan lama. Bahan ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi dan dapat diaplikasikan dengan berbagai motif.

2. Kayu

Bahan bangunan penting selanjutnya adalah kayu yang banyak digunakan dalam pembuatan atap, dinding, dan lantai. Kayu memiliki nilai estetika yang tinggi dan mudah diproses. Kekurangannya, kayu dapat terkena serangan rayap dan kerusakan akibat cuaca.

3. Baja

Sedangkan baja merupakan bahan bangunan penting dalam pembuatan rangka bangunan, pintu, dan jendela. Baja memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim.

4. Beton

Selanjutnya adalah beton yang merupakan bahan bangunan penting dalam memenuhi setiap kebutuhan konstruksi. Sebab beton cukup multifungsi, karena dapat digunakan dalam pembuatan pondasi, lantai, hingga dinding. Maklum beton memang memiliki sifat tahan lama, dan kekokohan yang baik terhadap tarikan dan tekanan. beton juga memiliki kekuatan yang tinggi, tetapi kurang cocok untuk area dengan banyak gempa bumi.

5. Batu Alam

Batu alam adalah bahan bangunan penting selanjutnya yang juga memiliki daya tahan sangat baik seperti beton. Tambahannya batu alam memberikan nilai estetika yang tinggi. Batu alam sering digunakan dalam pembuatan dinding, lantai, dan hiasan bangunan. Namun, bahan ini sangat berat dan mahal.

6. Gipsum

Sementara gipsum bisa menjadi alternatif bahan bangunan penting lainnya dalam pembuatan dinding, plafon, hingga dekorasi dinding. Sebab gipsum relatif memiliki bobot yang ringan dan tahan terhadap api. Gipsum juga mudah dipasang dan memiliki harga yang relatif rendah.

7. Asbes 

Untuk pilihan kebutuhan atap lainnya ada asbes sebagai bahan bangunan penting selanjutnya. Asbes adalah bahan bangunan yang tahan terhadap api dan suhu panas. Bahan ini biasanya digunakan dalam pembuatan atap dan dinding bangunan. Namun, asbes sangat berbahaya bagi kesehatan dan tidak lagi dianjurkan untuk digunakan.

8. Aluminium

Aluminium adalah bahan bangunan yang ringan dan tahan terhadap korosi. Bahan bangunan penting ini banyak digunakan dalam pembuatan rangka jendela, pintu, dan atap. Aluminium juga mudah diolah dan dapat diaplikasikan dengan desain yang berbeda.

9. Keramik

Keramik adalah bahan bangunan penting yang umum digunakan untuk lantai, dinding, dan ubin. Keramik dapat dibuat dari berbagai macam bahan, termasuk tanah liat, porselen, dan kaca. Keramik memiliki tampilan yang indah dan mudah dibersihkan.

10. Kaca

Kaca adalah bahan bangunan penting yang populer untuk jendela, pintu, dan dinding eksterior. Kaca memberikan tampilan modern dan indah pada bangunan dan memungkinkan cahaya alami untuk masuk ke dalam ruangan.

11. Cat 

Untuk kebutuhan dekoratif, cat menjadi bahan bangunan penting. Memang sekarang muncul tema-tema bangunan seperti industrial, klasik yang tidak menggunakan cat sebagai pewarna tembok. Namun cat tidak hanya berfungsi untuk memenuhi unsur dekoratif melainkan juga fungsi proteksi seperti cat pelapis bocor, dan lainnya. 

12. Semen

Bahan bangunan penting lainnya adalah semen yang berfungsi untuk merekatkan bahan bangunan lainnya seperti batu bata hingga lantai keramik. Oleh karena itu, fungsi semen dalam bahan bangunan menjadi sangat vital dalam pembangunan konstruksi. Jika tidak, bahan bangunan lain pun tidak dapat kokoh berdiri. 

13. Pipa 

Pipa digunakan untuk menghubungkan saluran air dan saluran pembuangan. Pipa menjadi masuk dalam daftar bahan bangunan penting karena kebutuhan air dalam sebuah bangunan juga vital. Seperti untuk kamar mandi, dapur, maupun taman. 

14. Bambu

Bambu bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan konstruksi, terlebih jika kamu ingin memberikan elemen alami dalam konstruksi kamu. bambu menjadi bahan bangunan penting untuk dihadirkan seperti di teras, maupun ruangan lain. Dengan begitu, desain modern minimalis yang tropis pun bisa tampak dan interior ruangan tidak terlihat membosankan. 

15. Logam

Logam juga dapat menjadi alternatif selanjutnya. Dengan sifat yang kuat dan tahan lama, logam dapat digunakan sebagai bahan bangunan penting dalam membuat rangka atap, dinding, dan struktur lainnya. bahan, aluminium, besi galvanis adalah beberapa jenis logam yang umum dipakai dalam konstruksi bangunan. 

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Bahan Bangunan

Karena membuat sebuah bangunan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kamu perlu memperhitungkan beberapa hal sebelum membeli bahan bangunan penting untuk kebutuhanmu. Sebab, itu mungkin bisa menghemat pengeluaranmu.

Berikut ini hal-hal yang bisa kamu perhatikan sebelum melakukan pembelian:

1. Jumlah Pembelian

Saat membeli bahan bangunan kamu pasti akan berhadapan dengan pertanyaan seberapa banyak bahan bangunan penting ini dibeli. Beberapa bahan bangunan memang perlu dibeli dalam jumlah besar, untuk mengurangi biaya kirim seperti batu bata, semen, baja. Namun beberapa lainnya bisa kamu beli dalam jumlah yang sedikit. Makanya kamu perlu mengetahui hal ini terlebih dahulu. 

2. Ukur dan Hitung Kebutuhan

Untuk memudahkan kamu dalam melakukan pembelian, kamu perlu melakukan pengukuran terhadap proyek konstruksi kamu, tujuannya agar kamu dapat mengetahui jumlah pembelian bahan bangunan penting yang kamu butuhkan. 

3. Bandingkan Harga

Di dekat proyek konstruksimu pasti akan terdapat puluhan bahkan ratusan toko bangunan, kamu dapat melakukan riset kecil-kecilan untuk membandingkan harga kebutuhan bahan bangunan penting yang kamu butuhkan, pilihlah harga bahan bangunan yang paling pas sesuai dengan alokasi biaya kamu.

Tahap ini akan membantu kamu untuk menghemat waktu sekaligus biaya, karena kamu pasti tidak mau datang ke toko bangunan namun barang yang kamu cari kosong atau melampaui biaya yang kamu tentukan. 

4. Pilih Toko Bangunan yang Tepat

Ini masih terkait dengan poin sebelumnya, tak hanya membandingkan harga, kamu juga perlu memastikan toko bangunan yang kamu tuju menjual produk-produk berkualitas. Sebab, saat ini marak beredar produk-produk berkualitas rendah yang dibanderol dengan merek-merek ternama alias barang palsu. 

Itulah daftar bangunan penting yang bisa kamu jadikan rujukan dalam membangun proyek konstruksimu sekaligus, tips sebelum kamu melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
 Info Harga dan Distributor Saringan Got Stainless Terbaik di BukaBangunan

Info Harga dan Distributor Saringan Got Stainless Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Distributor Kertas Amplas Kayu dan Amplas Besi di BukaBangunan

Info Distributor Kertas Amplas Kayu dan Amplas Besi di BukaBangunan

21 Maret 2023

Info Distributor dan Harga Mesin Las Terbaik di BukaBangunan

Info Distributor dan Harga Mesin Las Terbaik di BukaBangunan

20 Maret 2023

Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Ideal

Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Ideal

8 Maret 2023

Bahan Mentah untuk Bangunan yang Penting dan Harus Ada

Bahan Mentah untuk Bangunan yang Penting dan Harus Ada

26 Oktober 2022

Rekomendasi Nama Toko Bangunan Pembawa Hoki dan Tips Membuatnya

Rekomendasi Nama Toko Bangunan Pembawa Hoki dan Tips Membuatnya

15 September 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it