Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Memilih Ukuran Tandon Air yang Sesuai dengan Kebutuhan Rumah

may.rahmadi
Tandon air (123rf)
Tandon air (123rf)

Tandon air adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengelolaan air bersih di rumah atau pada sebuah bangunan. Tandon air merupakan medium penyimpanan air bersih, yang berguna sebagai cadangan ketersediaan air jika terjadi masalah. Tandon air dihubungkan dengan sistem melalui serangkaian pipa untuk disalurkan ke area-area strategis yang membutuhkan air. Lalu apabila kamu adalah pengusaha yang ingin memulai bisnis yang di cari distributor bahan bangunan, kamu bisa gabung Bukabangunan untuk dapatkan stok jualan material terbaik dan termurah.

Ukuran tandon air memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan efisiensi dan kinerja dari sistem tersebut. Karena fungsi tandon air yang sebagai sumber air lokal di rumah, maka ketersediaannya menjadi sangat penting terutama dalam situasi-situasi darurat seperti saat listrik mati, atau terjadi kerusakan pompa air. 

Dengan beragam ukuran tandon air, kamu tak lagi perlu khawatir kekurangan pasokan air bersih di rumah. Namun kamu juga perlu cermat, lho, memilih ukuran tandon air yang tepat sesuai dengan kebutuhan rumahmu. 

Fungsi Tandon air

Tandon air memiliki fungsi utama untuk menyimpan air bersih dan memastikan bahwa air bersih tersedia saat dibutuhkan. Namun sebenarnya, tandon air memiliki fungsi lebih dari pada itu. Berikut ini fungsi-fungsi lainnya:

1. Menjaga Tekanan Air

Tandon air berfungsi untuk menjaga tekanan air bersih yang tersedia di dalam sistem. Tandon air akan menahan air bersih sehingga tekanan air bersih tetap stabil meskipun air sedang dipakai secara bersamaan. Ini akan memastikan bahwa air bersih tetap mengalir dengan lancar dan tidak terputus saat air sedang dipakai secara bersamaan.

2. Menjaga Kualitas Air

Tandon air juga berfungsi untuk menjaga kualitas air bersih yang tersedia di dalam sistem. Dengan ukuran tandon air yang tepat akan dipastikan bahwa air bersih yang tersedia tetap bersih dan sehat untuk dipakai. Tandon air akan memfilter air bersih sebelum air tersebut dipompakan kembali ke dalam sistem, sehingga air bersih yang tersedia tetap berkualitas tinggi.

3. Mempermudah Pemeliharaan 

Beragam ukuran tandon air juga mempermudah pemeliharaan dari sistem pengelolaan air bersih. Tandon air akan memastikan bahwa air bersih yang tersedia tetap bersih dan sehat, sehingga mempermudah pemeliharaan dari sistem. Tandon air juga mempermudah pemeliharaan dari pompa air, karena tandon air akan memastikan bahwa beban kerja dari pompa air tetap stabil dan tidak terlalu berat.

4. Menghemat Energi dan Biaya

Memilih ukuran tandon air yang tepat juga dapat membantu kamu dalam menghemat energi dan biaya. Dengan jenis dan ukuran tandon air yang sesuai dengan kebutuhanmu, tandon air akan memastikan bahwa air bersih yang tersedia tetap stabil dan efisien, sehingga menghemat energi dan uang. Tandon air juga akan memastikan bahwa air bersih yang tersedia tetap berkualitas tinggi, sehingga menghemat uang yang harus dikeluarkan untuk membeli air bersih.

Jenis Tandon Air

Setelah memahami fungsi dari tandon air, kini kamu bisa mulai memilih tandon air yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk membantumu berikut daftar jenis-jenis tandon air yang biasanya digunakan

1. Tandon Air Plastik

Tandon air plastik merupakan jenis tandon air yang paling banyak digunakan dan oleh karenanya memiliki ukuran tandon air paling variatif. Tandon air plastik memiliki banyak keuntungan, seperti ringan, mudah dipindahkan, dan tidak mudah pecah. 

Meski demikian, tandon air plastik lebih mudah terpengaruh oleh sinar matahari dan suhu panas, sehingga mudah mempengaruhi kualitas air bersih. Sehingga dalam aplikasinya kamu perlu menempatkan tandon air plastik pada lokasi cenderung sejuk, dan sulit dijangkau sinar matahari. 

2. Tandon Air Stainless Steel

Opsi selain plastik adalah tandon air yang dibuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi. Selain lebih tahan sinar matahari, tandon air stainless steel juga lebih tahan terhadap korosi, sinar matahari dan suhu panas, dan tidak mudah pecah. 

Namun, harga tandon air stainless steel relatif mahal, apalagi tidak banyak variasi ukuran tandon air staineless steel yang tersedia di pasar. Karena kebanyakan jenis tandon air ini digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan komersial seperti pabrik, jarang yang menggunakannya untuk kebutuhan rumah tangga. 

3. Tandon Air Beton

Jenis selanjutnya adalah tandon air berbahan beton, jenis ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan tandon air plastik. Ketahanannya terhadap sinar matahari dan perubahan suhu juga lebih baik.

Namun karena berbahan beton, jenis ini memiliki bobot yang besar sehingga sulit untuk dipindahkan. Belum lagi ukuran tandon air beton juga relatif sedikit dibandingkan yang berjenis plastik.

4. Tandon Air Fiberglass

Jika kamu membutuhkan tandon air dengan performa tinggi namun juga ingin tandon airmu dapat dipindah, tandon air fiberglass bisa menjadi solusi. Tandon air yang dibuat dari fiberglass berkualitas tinggi memiliki banyak keuntungan, seperti ringan, tahan terhadap sinar matahari dan suhu panas, dan tidak mudah pecah. Ukuran tandon air fiberglass juga sangat variatif di pasaran. 

5. Tandon Air Galvanis

Tandon air galvanis sejatinya merupakan tandon air berbahan stainless steel yang dilapis khusus untuk melindunginya dari korosi. Oleh karenanya performa jenis tandon air ini juga lebih baik dibandingkan tandon air stainless steel. 

Namun karena memiliki lapisan khusus, harga tandon air galvanis cenderung lebih mahal bahkan jika dibandingkan tandon air stainless steel. Meski demikian, di pasaran ukuran tandon air galvanis cukup variatif mulai yang terkecil 100 liter sehingga cocok untuk kebutuhan rumah tangga. 

Ukuran Tandon Air

Setelah mengetahui fungsi dan beragam jenis tandon air yang ada, sekarang kamu bisa mulai menentukan ukuran tandon air yang tepat untuk kebutuhanmu. Perlu dicatat bahwa dalam menentukan ukuran tandon air, kamu perlu memastikan kebutuhan, pemakaian, jumlah orang yang beraktivitas.

1. Ukuran Tandon Air 200 Liter

Ukuran tandon air ini merupakan yang terkecil bagi rumah tangga, sebab asumsi umumnya adalah satu orang memiliki kebutuhan 50 liter air bersih per hari. Ukuran tandon air 200 liter cocok digunakan untuk bangunan dengan penghuni atau pemakaian air yang sedikit. Misalnya, rumah dengan 2-3 kamar tidur atau toko kecil.

2. Ukuran Tandon air 500 Liter

Ukuran tandon air 500 liter cocok digunakan untuk bangunan dengan penghuni yang lebih banyak atau pemakaian air yang lebih tinggi. Misalnya, keluarga dengan 3-4 anak, atau rumah dengan 4-5 kamar tidur. Ukuran tandon air ini juga dapat digunakan sebagai bekal penyimpanan air bersih di kantor-kantor berukuran kecil. 

3. Ukuran Tandon Air 1.000 Liter

Ukuran tandon air 1000 liter dapat digunakan dalam bangunan seperti asrama, kosan-kontrakan dengan penghuni yang banyak serta pemakaian air yang tinggi. Ukuran ini juga menjadi ukuran komersial paling kecil yang biasa digunakan untuk rumah sakit, hotel hingga perkantoran menengah.

4. Ukuran Tandon Air 2.000 Liter

Ukuran tandon air ini biasanya hanya digunakan untuk keperluan komersial atau yang bersifat masif seperti gedung perkantoran besar, hotel bintang 5, atau rumah sakit besar.

5. Ukuran Tandon Air 5.000 liter 

Sementara ukuran tandon air 5.00 liter biasanya digunakan untuk bangunan-bangunan besar yang membutuhkan pemakaian air bersih sangat ekstrim seperti pabrik, stasiun air bersih, hingga fasilitas-fasilitas pemerintahan.

Itulah beberapa ukuran tandon air yang umum digunakan. Penting untuk memastikan ukuran tandon air yang dipilih sesuai dengan kebutuhan air bersih di bangunan rumahmu. Jika kamu kurang yakin tentang ukuran yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli atau profesional dalam bidang ini.

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Kran Cuci Piring yang Awet, Kuat, dan Bagus, Berikut Jenis dan Merk nya!

Kran Cuci Piring yang Awet, Kuat, dan Bagus, Berikut Jenis dan Merk nya!

15 September 2022

Info Kran Bathtub Berkualitas dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

Info Kran Bathtub Berkualitas dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

24 Maret 2023

 Info Distributor, Merk, dan Harga Filter Air Kran Terbaik di BukaBangunan

Info Distributor, Merk, dan Harga Filter Air Kran Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

Memilih Ukuran Tandon Air yang Sesuai dengan Kebutuhan Rumah

Memilih Ukuran Tandon Air yang Sesuai dengan Kebutuhan Rumah

13 Februari 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it