Beranda

Kategori

Artikel

10 Bahan Baku Material Bangunan Terbaik untuk Rumah Modern, Apa Saja?

Ardito Wahyu Octian
Bahan baku material yang berkualitas membuat bangunan menjadi tahan lama (Foto: 123rf)
Bahan baku material yang berkualitas membuat bangunan menjadi tahan lama (Foto: 123rf)

Saat kita membangun sebuah rumah modern, maka dibutuhkan bahan baku material bangunan yang berkualitas terbaik. Memang, memiliki rumah yang nampak modern terlihat sangat menarik dengan perkembangan zaman saat ini. Apalagi, saat ini pemilihan bahan material untuk pembangunan rumah juga cukup mudah ditemukan sejak adanya perkembangan teknologi.

Saat kamu ingin membuat rumah modern, tidak hanya dekorasi dan furniturnya saja yang harus diperhatikan. Pemilihan bahan baku bangunan juga tidak kalah penting. Sebab, bahan baku yang berkualitas terbaik dapat bertahan lama.

 

 

10 Bahan Baku Material Bangunan untuk Rumah Modern

Inilah bahan bangunan untuk rumah modern
Inilah bahan bangunan untuk rumah modern (Foto: 123rf)

 

Untuk kamu yang tengah mencari 10 bahan baku material bangunan terbaik untuk rumah modern, simak ulasannya di bawah ini.

1. Batu bata

Bahan baku material pertama saat membangun rumah tentunya adalah batu bata. Batu bata sendiri memang banyak dipakai pada bagian dinding rumah. Sebab, sifat batu bata sangat kokoh dan juga tahan lama. Sering juga bahan baku bangunan yang satu ini disusun dengan cara dibiarkan polos atau sering dikenal dengan desain dinding bata ekspos. Desain tersebut memang dapat menunjukkan kesan tema ruangan industri.

Meskipun begitu, desain tersebut juga bisa dipakai untuk rumah modern saat ini. Dengan memakai teknik yang tepat, rumah modern yang kamu inginkan bisa terlihat unik. Hal itu dikarenakan terdapat unsur klasik di dalam desain tersebut.

Dari sisi harga, batu bata tergolong cukup murah. Harga untuk batu bata merah sendiri ada di kisaran Rp700 hingga Rp900 per buah. Namun, harga tersebut bisa berubah tergantung jenis batu bata yang digunakan.

2. Kayu

Kayu juga merupakan salah satu bahan baku material bangunan yang sering ada di dalam rumah modern. Apalagi, kayu dapat membuat penampilan rumah terlihat unik dan juga menarik. Jika mampu menggunakan teknik yang tepat, unsur kayu dapat melengkapi desain modern pada bangunan rumahmu.

Untuk kamu yang memakai kayu sebagai bahan baku material bangunan, gunakan kayu alami. Hal itu dikarenakan kayu alami dapat membuat kesan natural di rumah dan semakin terlihat lebih mencolok. Untuk kamu yang tertarik membeli kayu papan, harganya ada di kisaran Rp70.000 sampai Rp260.000 per batang. Semua harga tersebut bergantung pada jenis kayu yang kamu inginkan.

3. Bambu

Bambu sering menjadi alternatif dalam bahan baku material bangunan. Sama halnya dengan kayu pada poin sebelumnya, bambu juga bisa menjadi opsi dalam menghadirkan unsur natural nan asri pada sebuah rumah modern. Pemakaian bambu dapat dihadirkan pada teras rumah, maupun pada ruangan lain di dalam rumah modern itu sendiri.

Dengan begitu, desain modern minimalis yang tropis juga bisa nampak dan interior ruangan tidak terlihat membosankan. Bahan bangunan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai tipe rumah Japanese. Jika tertarik memakai bahan baku dari bambu, harganya ada di kisaran Rp5.000 hingga Rp40.000 per batang. Sekali lagi, harga tersebut bisa berbeda karena tergantung besar dan jenis bambu yang kamu beli.

4. Batu alam

Jika kamu melihat beberapa jenis rumah saat ini, hampir semuanya memakai batu alam sebagai salah satu bahan bakunya. Batu alam sendiri merupakan salah satu bahan bangunan yang kuat dipakai dalam pembuatan pondasi. Selain itu, batu alam ini juga bisa dihadirkan pada rumah modern saat ini.

Kesan estetis yang dimiliki batu alam ini dapat membuat penampilan rumahmu semakin terlihat lebih menarik. Secara khusus, batu alam ini cocok digunakan pada bagian taman atau teras untuk melengkapi unsur natural dari tanaman di rumahmu. Berbicara harga batu alam ada di kisaran Rp5.000 per kilogram untuk jenis batu koral. Namun, jumlah tersebut bisa saja berbeda di berbagai tempat.

5. Kaca

Pada beberapa tahun terakhir ini, kaca sering dijadikan unsur dalam rumah bergaya modern. Oleh sebab itu, kamu juga bisa menggunakan kaca sebagai bahan baku material bangunan untuk rumah modern. Tidak hanya membuat ruangan di rumah terkesan luas dan terbuka, penggunaan kaca juga membuat sirkulasi cahaya lebih baik.

Meskipun menggunakan kaca sebagai bahan baku material sangat menyenangkan, namun kamu juga perlu pertimbangkan hal lainnya. Sebab, memakai bahan kaca untuk dinding cukup risih dalam hal privasi. Namun, akan beda ceritanya jika kamu membuat rumah untuk usaha, maka memakai bahan kaca adalah pilihan terbaik.

6. Keramik

Keramik adalah salah satu bahan material
Keramik adalah salah satu bahan material bangunan (Foto: 123rf)

 

Tidak hanya kaca, keramik juga menjadi salah satu bahan material bangunan rumah. Padahal selama ini keramik lebih banyak digunakan untuk melapisi lantai saja. Meskipun begitu, kamu harus memilih keramik yang cocok dengan tema ruangan sehingga lebih cantik dan harmonis.

Untuk tema modern, keramik lantai dengan motif geometrik bisa menjadi pilihan menarik. Selain itu, kamu bisa kombinasikan warna keramik sesuai dengan keinginan. Untuk harga keramik secara umum tentunya sangat beragam dan tergantung motifnya.

7. Cat tembok

Cat tembok merupakan salah satu bahan baku material bangunan yang umum dipakai pada bangunan. Bisa kamu bayangkan jika semua rumah tidak menggunakan cat tembok, pastinya tidak sedap dipandang. Apalagi, saat ini cat tembok sudah memiliki banyak warna yang disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Kamu bisa memakai warna apa pun seperti warna mencolok, monokrom, maupun pastel. Hal yang harus kamu perhatikan adalah cara memadukan warnanya sehingga sesuai dengan furnitur ruangan yang bernuansa modern minimalis. Tentunya dari segi harga juga bisa bermacam-macam, tergantung kualitas dan merek cat yang dipilih.

8. Paku

Semua bahan baku material bangunan akan sulit terpasang jika tidak menggunakan paku. Kehadiran paku memang sangat penting untuk dapat menggabungkan bahan-bahan bangunan seperti kayu maupun triplek. Dengan begitu, bahan baku tersebut bisa lebih kokoh.

Kamu harus memilih jenis paku yang berkualitas tanpa karat sehingga hasil bangunan bisa lebih maksimal. Untuk mencari paku juga sangat mudah melalui toko bangunan baik itu di sekitar rumah maupun melalui sistem online.

 

 

9. Pipa

Pipa juga adalah salah satu bahan baku material bangunan yang berfungsi sebagai saluran air dan saluran pembuangan di kamar mandi. Dengan adanya pipa, maka air bisa dapat disalurkan ke seluruh bagian rumah. Beberapa ruangan yang membutuhkan pipa adalah kamar mandi, dapur, hingga taman. Harga pipa juga bisa beragam karena disesuaikan dengan kebutuhan dan ukurannya.

10. Semen

Bahan baku material terakhir yang sangat penting di dalam bangunan adalah semen. Untuk merekatkan batu bata hingga lantai keramik, maka semen sangatlah dibutuhkan. Tanpa adanya semen, maka bangunan rumah sulit diwujudkan.

Secara umum, harga semen untuk berat 50 kg ada di kisaran Rp55.000 hingga Rp70.000. Namun, harga tersebut bisa jadi berbeda jika dilihat dari sisi merek dan kualitasnya. Nah, itulah daftar 10 bahan baku material bangunan untuk rumah modern. Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk kamu yang sedang membangun rumah modern.

 

Setelah mengetahui 10 bahan baku material utama yang diperlukan untuk membangun rumah, kini saatnya kamu mengumpulkan bahan-bahan bangunan tersebut. Saat ini, kamu juga bisa membeli kebutuhan bahan baku bangunan secara online, lho. BukaBangunan menyediakan berbagai kebutuhan material yang diperlukan, mulai dari cat tembok, semen, batu bata, pasir, kayu, dan yang lainnya. Belanja bahan bangunan pun jadi semakin mudah!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
 Info Harga dan Distributor Saringan Got Stainless Terbaik di BukaBangunan

Info Harga dan Distributor Saringan Got Stainless Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Distributor Kertas Amplas Kayu dan Amplas Besi di BukaBangunan

Info Distributor Kertas Amplas Kayu dan Amplas Besi di BukaBangunan

21 Maret 2023

Info Distributor dan Harga Mesin Las Terbaik di BukaBangunan

Info Distributor dan Harga Mesin Las Terbaik di BukaBangunan

20 Maret 2023

Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Ideal

Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Ideal

8 Maret 2023

Info Harga Mesin Amplas Terbaik di BukaBangunan

Info Harga Mesin Amplas Terbaik di BukaBangunan

24 Maret 2023

Rekomendasi Desain Rumah Minimalis Modern: dari Jepang Sampai Rietveld

Rekomendasi Desain Rumah Minimalis Modern: dari Jepang Sampai Rietveld

8 Maret 2023

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it