Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Pengertian Material Hingga Jenis-Jenisnya Inilah Rincian nya!

Ardito Wahyu Octian
Pengertian Material
Pengertian Material

Saat kamu menggunakan benda-benda seperti besi, plastik, atau emas, maka secara tidak langsung barang-barang itu adalah material. Bisa dikatakan, material bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, beberapa material tersebut sering kita gunakan sebagai alat bantu ketika beraktivitas. Kira-kira apa pengertian material dan seperti apa jenis-jenisnya? Simak ulasannya di bawah ini. Dan kamu bisa dengan mudah dapetin stok material dengan harga dan kualitas terbaik! Yuk, segera bisnis material sekarang juga!

 

Pengertian Apa Itu Material

Ada banyak barang termasuk bahan-bahan material
Pengertian Material 

Apa itu material? Material adalah sesuatu yang disusun atau dibuat oleh suatu bahan. Selain itu, material juga merupakan bahan baku yang diolah perusahaan industri yang dapat diperoleh dari pembelian lokal, impor, atau pengolahan yang dilakukan sendiri.

Bisa dikatakan, material selalu menjadi tolak ukur dari kemajuan sejarah dan juga peradaban manusia. Hal itu bisa terlihat dengan adanya zaman batu, zaman perunggu dan zaman besi. Pada saat ini, bahan material juga menjadi hal yang sangat penting dalam berbagai bidang. Contohnya pada perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi saat ini.
Baca juga: 11 Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Juga Menarik

Pengertian Material Teknik

Di dalam sebuah industri, ada yang disebut dengan material teknik. Apa itu material teknik? Material teknik adalah material atau zat dasar penyusun suatu benda yang dipakai dalam bidang teknik. Contohnya sering ada pada industri manufaktur, perancangan, simulasi, dan juga rekayasa.

Bahkan, material yang dibutuhkan akan direncanakan dan dikendalikan berdasarkan sales forecast atau perkiraan penjualan dan perencanaan produksi. Perencanaan dan pengendalian material melibatkan perkiraan kebutuhan setiap material, persiapan anggaran, meramalkan tingkat persediaan, hingga pemantauan kinerja yang berhubungan dengan produksi.

Dengan mengetahui hubungan antara struktur, sifat, pemrosesan, dan kinerja material, maka bisa dieksploitasi hubungan tersebut. Hasil akhirnya adalah suatu produk yang memiliki sifat dan karakteristik sesuai kebutuhan pengguna. Maka dari itu, perlu diketahui dalam pemilihan material yang tepat dan mampu diaplikasikan pada suatu produk.

Struktur Material

Struktur material secara umum berhubungan dengan susunan berbagai komponen dalam suatu material. Struktur material dalam skala atom terdiri dari atom, elektron, dan molekul yang disebut dengan struktur nano atau nano structure.

Lalu, untuk skala yang lebih besar, struktur material terdiri atas gabungan kelompok-kelompok atom yang disebut dengan struktur mikroskopik atau microscopic structure. Satu lagi yaitu makroskopik atau microscopic structure yang merupakan gabungan dari struktur mikroskopik yang bisa diamati tanpa alat bantu.

Baca juga:  10 Bahan Baku Material Bangunan Terbaik untuk Rumah Modern, Apa Saja?

Jenis-Jenis Material Teknik

Ada beberapa jenis bahan material teknik
Jeni-jenis Material Teknik

Jika dilihat secara konvensional, jenis material teknik ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Untuk pengelompokan dan pengklasifikasian ini sendiri didasarkan pada susunan atom dan sifat kimiawinya. Jenis-jenis material teknik tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Logam

Jenis material yang pertama adalah logam. Material bangunan ini mungkin sering kamu lihat sehari-hari. Material logam tersusun dari atom-atom logam yang merupakan unsur terbanyak dalam tabel periodik. Atom-atom logam tersebut saling berkaitan dalam ikatan logam. Elektron valensinya juga bebas bergerak sehingga material ini memiliki konduktivitas listrik dan konduktivitas termal yang cukup baik.

Ditambah lagi, logam tidak tembus cahaya dan memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Meskipun begitu, logam juga dapat dideformasi atau diubah bentuk sesuai dengan kebutuhan pengguna. Contoh material logam ini adalah besi, baja, aluminium, tembaga, emas, perak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Polimer

Polimer juga merupakan salah satu jenis material yang cukup sering kita temukan. Material yang termasuk ke dalam klasifikasi polimer adalah karet dan plastik. Secara umum, polimer merupakan senyawa organik dengan unsur dasar seperti karbon, oksigen, dan hidrogen.

Unsur-unsur tersebut tersusun dalam bentuk rantai sehingga mempunyai ukuran molekul yang besar atom-atom dalam suatu rantai polimer akan saling berkaitan secara kovalen. Sedangkan ikatan antar rantai di sini bernama ikatan van der waals. Material polimer ini umumnya juga ringan atau memiliki massa jenis yang rendah. Sama halnya dengan logam, polimer juga sangat fleksibel dan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Keramik

Keramik adalah bahan material penting saat membangun rumah
Material  Keramik

 

Sebagian orang mengenal keramik sebagai salah satu material dalam pembuatan lantai. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah karena memang salah satu fungsi material ini digunakan pada sebuah bangunan atau rumah pribadi. Keramik sendiri adalah senyawa antar unsur logam dan nonlogam yang memiliki ikatan kovalen atau ionik.

Secara umum, senyawa material keramik berada dalam bentuk senyawa oksida, nitrida, dan karbida. Beberapa material yang termasuk ke dalam klasifikasi keramik adalah gelas atau kaca, semen, dan juga keramik yang terbuat dari lempung. Untuk material keramik secara umumnya adalah isolator panas dan listrik, tahan pada suhu tinggi, dan juga keras.
Baca juga: Inilah Ukuran Bata Ringan dan Cara Menghitung Kebutuhannya

4. Komposit

Material komposit adalah gabungan lebih dari satu macam material. Contoh yang paling sering kita jumpai adalah fiberglass yang terdiri dari serat gelas keramik. Bahan tersebut sebagai penguat yang dipadukan dengan materi polimer.

Komposit ini juga didesain untuk dapat memperoleh efek sinergis dari sifat-sifat material penyusunnya. Contohnya pada fiberglass, materialnya didesain agar mempunyai kekuatan yang cukup tinggi, namun juga memiliki fleksibilitas yang cukup baik. Kekuatan tinggi berasal dari material gelas dan fleksibilitas berasal dari material polimer.

5. Semikonduktor

Jenis material selanjutnya yang juga bisa kita temukan di sekitar adalah semikonduktor. Bisa dikatakan, semikonduktor mempunyai sifat penghantar listrik diantara konduktor dan isolator. Selain itu, sifat penghantar listriknya sangat sensitif kepada kehadiran atom pengotor meskipun jumlahnya kecil.

Keberadaan atom pengotor ini perlu dikontrol dalam daerah yang sangat kecil. Material semikonduktor dapat memberikan terobosan yang sangat besar pada rangkaian terintegrasi atau integrated circuit. Hal tersebut bisa menghadirkan perubahan revolusioner pada berbagai perangkat elektronik dan perangkat komputer.

Contohnya ada di dalam perangkat telepon seluler atau smartphone saat ini. Jika kita melihatnya baik-baik, ukuran dan dimensinya semakin ramping dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Meskipun begitu, kapabilitasnya justru jauh lebih canggih dan kompleks.

6. Biomaterial

Biomaterial adalah jenis material terakhir yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Biomaterial mencakup material yang dicangkokan atau ditanamkan ke dalam tubuh manusia maupun hewan. Fungsinya sebagai pengganti anggota tubuh yang rusak atau tidak berfungsi akibat kecelakaan atau sejenisnya.

Material ini tidak boleh mengandung zat berbahaya dan beracun saat bereaksi dengan tubuh manusia atau hewan tersebut. Bahkan, biomaterial juga harus kompatibel atau terhubung dengan berbagai jaringan sel tubuh.

Dengan kata lain, reaksi biologis yang buruk tidak boleh terjadi pada pengguna biomaterial. Material yang sering dipakai pada biomaterial ini adalah baja tahan karat yang dilapisi dengan titanium. Bahkan, bahan tersebut sudah sering dipakai sebagai bahan pengganti tulang buatan.

 

 

Itulah pengertian apa itu material dan jenis-jenisnya yang paling umum dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari ulasan diatas, kita bisa simpulkan bahwa bahan material ini selalu ada di sekitar kita. Bahkan, bahan-bahan tersebut sering dipakai untuk keperluan sehari-hari sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk mendapatkan bahan-bahan material terbaik, kamu bisa membelinya di BukaBangunan. Temukan berbagai pilihan produk material terlengkap di BukaBangunan. Atau kamu bisa gabung menjadi distributor bahan bangunan di Bukabangunan untuk mendapatkan stok jualan material mu terlengkap dan termurah!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
 Info Harga dan Distributor Saringan Got Stainless Terbaik di BukaBangunan

Info Harga dan Distributor Saringan Got Stainless Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Distributor Kertas Amplas Kayu dan Amplas Besi di BukaBangunan

Info Distributor Kertas Amplas Kayu dan Amplas Besi di BukaBangunan

21 Maret 2023

Info Distributor dan Harga Mesin Las Terbaik di BukaBangunan

Info Distributor dan Harga Mesin Las Terbaik di BukaBangunan

20 Maret 2023

Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Ideal

Inspirasi Desain Ruang Keluarga yang Ideal

8 Maret 2023

Bahan Mentah untuk Bangunan yang Penting dan Harus Ada

Bahan Mentah untuk Bangunan yang Penting dan Harus Ada

26 Oktober 2022

Rekomendasi Nama Toko Bangunan Pembawa Hoki dan Tips Membuatnya

Rekomendasi Nama Toko Bangunan Pembawa Hoki dan Tips Membuatnya

15 September 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it