Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Bahan Kimia untuk Pipa Mampet, Ini Cara Menggunakannya

Anjar Wardhana
Bahan Kimia untuk Pipa Mampet
Bahan Kimia untuk Pipa Mampet

Mungkin, kamu pernah memiliki masalah saluran air yang tersumbat atau pipa mampet. Penyumbatan umumnya terjadi pada toilet, wastafel, hingga bak cuci piring. Tentu saja hal ini sangat mengganggu karena air akan menggenang dan bisa mengeluarkan bau yang kurang sedap. Biasanya, penyebab pipa mampet lantaran berbagai faktor, salah satunya penumpukan kotoran yang akhirnya mengendap dan membuat saluran air tersumbat. Dan jika kamu adalah pengusaha yang ingin berjualan bahan material atau memulai usaha toko material, kamu bisa gabung Bukabangunan untuk stok bahan bangunan terbaik dan terlengkap.

Lalu, jika tidak segera ditangani, tak hanya bau yang tidak enak saja, pipa yang mampet bakal mengalami kerusakan seperti kebocoran. Tak jarang, beberapa orang mencoba membersihkannya dengan bahan kimia untuk pipa mampet. Tentu saja, bahan kimia untuk pipa mampet mudah untuk ditemukan. Selain itu, cara membersihkan dengan bahan kimia untuk pipa mampet juga mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri.

Penyebab Pipa Mampet

Sebelum mengetahui apa saja bahan kimia untuk pipa mampet, ada baiknya kamu perlu memahami penyebab saluran air di rumahmu tersumbat. Berikut di antaranya.

Baca Juga: Info Distributor, Merk, dan Harga Filter Air Kran Terbaik di BukaBangunan

  1. Minyak dan Lemak
    Minyak dan lemak yang dibiarkan mengalir pada saluran air ternyata bisa membuat pipa mampet. Hal ini lantaran minyak dan lemak akan mengendap serta membeku ketika suhu dingin atau terkena air. Biasanya, orang akan menyiram air panas ke dalam saluran air untuk mengatasinya, tetapi ternyata cara ini tak selalu efektif.
     
  2. Sisa Makanan
    Sisa makanan sering kali menjadi penyebab paling utama pipa wastafel mampet. Tentu saja hal ini lantaran beberapa sisa makanan sulit terurai hingga menyebabkan menumpuk pada saluran air.
     
  3. Rambut
    Rambut atau bahan seran lainnya seperti bulu hewan dan juga benang menjadi salah satu penyebab pipa mampet. Umumnya, rambut yang nyangkut di pipa akan menumpuk, mengikat minyak, dan juga sabun, hingga membuat saluran pembuangan jadi mampet.
     
  4. Kotoran
    Ada baiknya kamu perlu menghindari membuang kotoran langsung ke saluran air. Sebab, kotoran seperti tanah atau lumpur bisa membuat pipa mampet.
     
  5. Sabun
    Bahan Kimia untuk Pipa Mampet

    Meski jarang, tetapi sabun juga bisa lho menyumbat saluran air. Hal ini lantaran residu sabun akan mengendap di pipa hingga membuat diameter pada pipa berkurang. Tak hanya itu, sabun juga bisa bercampur dengan rambut dan kotoran yang nantinya bisa menyumbat saluran air.
     
  6. Tisu
    Jika kamu pergi ke suatu tempat umum, biasanya terdapat tulisan dilarang membuang tisu atau benda lainnya di dalam toilet. Rupanya, imbauan ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab, tisu dan benda lainnya sangat sulit terurai dan akan membuat toilet tersumbat. Nantinya, potongan kecil pada tisu serta partikel plastik yang akan menyumbat saluran air.

 

Bahan Kimia untuk Pipa Mampet

Bagi kamu yang sedang atau sering mengalami masalah pipa mampet, ada beberapa bahan kimia untuk pipa mampet yang bisa ditemukan dan digunakan untuk mengatasi saluran yang tersumbat. Akan Tetapi, tidak semua bahan kimia untuk pipa mampet efektif atau aman untuk mengatasi saluran air yang tersumbat.

Baca Juga: Info Harga dan Jenis Wastafel Berkualitas di BukaBangunan

Maka dari itu, berikut beberapa bahan kimia untuk pipa mampet yang bisa kamu gunakan agar saluran air bisa kembali lancar.

  1. Soda Api
    Salah satu bahan kimia untuk pipa mampet ialah soda api. Soda api atau natrium hidroksida merupakan senyawa anorganik yang berbentuk padatan putih yang tersusun atau terdiri dari kation natrium Na+ dan anion hidroksida OH-. Soda api memiliki sifat korosif atau merusak, sehingga soda api biasanya menjadi salah satu bahan kimia untuk pipa mampet.
    Soda api disebut sangat efektif untuk menghancurkan kotoran yang membuat pipa mampet. Bagi kamu yang ingin menggunakan soda api, kamu perlu menyiapkan air panas agar soda api menjadi lebih efektif. Selanjutnya, kamu bisa menuangkan bahan kimia untuk pipa mampet, lalu tuang air panas secara perlahan.
     
  2. Ammonia
    Ammonia adalah senyawa yang bisa merusak kesehatan. Tetapi aman jika digunakan sebagai bahan kimia untuk pipa mampet. Ammonia disebut ampuh untuk mengangkat kotoran yang membandel. Akan tetapi, bahan kimia untuk pipa mampet ini sebaiknya tidak dicampur dengan pembersih lainnya Sebab, karena akan bereaksi menghasilkan gas yang berbahaya serta beraroma menyengat. Jadi, bagi kamu yang ingin menggunakan ammonia, sebaiknya menghindari menghirup aromanya.
     
  3. Klorin
    Klorin menjadi salah satu unsur kimia yang berwujud gas hijau-kuning. Senyawa ini juga disebut sebagai halogen kedua paling ringan dan bersifat antibakteri. Lantaran bersifat antibakteri, klorin biasanya digunakan untuk mengontrol perkembangan bakteri pada kolam renang atau disinfektan. Selain itu, klorin juga menjadi bahan kimia untuk pipa mampet. Tetapi, jika kamu ingin menggunakan klorin sebagai bahan kimia untuk pipa mampet, sebaiknya membutuhkan perlindungan seperti masker dan sarung tangan.

 

Cara Menggunakan Bahan Kimia untuk Pipa Mampet

Bahan Kimia untuk Pipa Mampet

Sejatinya, membersihkan pipa yang mampet bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, jika kamu menggunakan bahan kimia untuk pipa mampet, kamu harus mengetahui cara mengaplikasikannya agar tidak terjadi hal-hal buruk bagi kamu.

Seperti diketahui, meski mampu mengatasi pipa mampet, bahan kimia tentu tidak boleh bersentuhan langsung dengan kulit ataupun terus menerus dihirup. Oleh karenanya, saat menggunakan bahan kimia tersebut, kamu perlu memperhatikan cara penggunaannya. 

Berikut cara menggunakan bahan kimia untuk pipa mampet.

  1. Pakai Pengaman
    Sebelum membersihkan pipa yang mampet dengan bahan kimia, sebaiknya kamu perlu menggunakan pengaman terlebih dahulu. Kamu perlu menggunakan baju lengan panjang, kacamata pelindung, sarung tangan karet, hingga masker.
     
  2. Tuang Air Panas Terlebih Dahulu
    Sebelum menuangkan bahan kimia, ada baiknya kamu perlu menuangkan air panas terlebih dahulu. Tujuannya, untuk mengetahui apakah pipa mampet secara keseluruhan atau hanya sebagian. Misalnya, ketika kamu menuangkan air panas tetapi tidak memberikan dampak apa pun, tentu kamu bisa mempertimbangkan penggunaan bahan kimia lebih banyak untuk saluran pembersih.
     
  3. Tuangkan Bahan Kimia dengan Hati-hati
    Bahan kimia untuk pipa mampet sebaiknya kamu tuangkan secara hati-hati. Setelah itu kamu perlu menunggu selama 15 hingga 30 menit. Pada waktu itu, nantinya bahan kimia akan bereaksi memecahkan pipa yang mampet.
    Bahan Kimia untuk Pipa Mampet
  4. Siram Air Dingin
    Setelah menuangkan bahan kimia, selanjutnya kamu bisa menuangkan air biasa ke saluran yang mampet. Sebaiknya, hindari menuangkan air panas lagi lantaran bisa merusak saluran yang terkena bahan kimia.
     
  5. Gunakan Plunger
    Jika nantinya saluran masih tersumbat setelah menggunakan bahan kimia, kamu bisa menggunakan plunger atau sedot wc rumahan untuk melepaskan sumbatan. 
     

Nah itulah beberapa bahan kimia untuk pipa mampet dan cara menggunakannya yang membutuhkan kehati-hatian. Jika memang pipa mengalami kerusakan dan tidak bisa dipakai lagi, kamu bisa mencari penggantinya di BukaBangunan.com. Sebab, di platform satu ini tersedia bahan dan peralatan bangunan dengan lengkap dari mitra terpercaya sehingga transaksi dipastikan aman dan terjamin 100 persen. Soal harga, jangan ditanya, BukaBangunan.com memiliki harga yang kompetitif. Yuk, langsung cari tahu di sini

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Bahan Kimia untuk Pipa Mampet, Ini Cara Menggunakannya

Bahan Kimia untuk Pipa Mampet, Ini Cara Menggunakannya

16 Juni 2023

Cara Menghilangkan Karat pada Besi, Ampuh dan Mudah!

Cara Menghilangkan Karat pada Besi, Ampuh dan Mudah!

16 Juni 2023

Tidak Usah Khawatir, Ini 7 Cara Menghilangkan Rayap!

Tidak Usah Khawatir, Ini 7 Cara Menghilangkan Rayap!

15 Juni 2023

Terbaru
Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

30 April 2024

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it