Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Tidak Usah Khawatir, Ini 7 Cara Menghilangkan Rayap!

Anjar Wardhana
Cara Menghilangkan Rayap
Cara Menghilangkan Rayap

Sudahkah kamu tahu bagaimana cara menghilangkan rayap yang muncul di bagian dalam rumahmu? Masalah rayap sudah bukan hal yang asing lagi ditemui pada rumah-rumah, terutama pada bagian rumah yang terbuat dari kayu seperti penopang atap, jendela, ataupun furniture. Dan jika kamu adalah pengusaha yang ingin berjualan bahan material atau memulai franchise bahan bangunan, kamu bisa gabung Bukabangunan untuk stok bahan bangunan terbaik dan terlengkap.

Ketika kayu sudah ditumbuhi rayap, kondisi kayu tersebut menjadi rusak dan tidak tahan lama. Tentu hal ini akan merugikan siapa saja yang tinggal pada hunian tersebut. Yang lebih parah lagi, hunian bisa rentan terhadap kerusakan berat hingga roboh lho. Kita tentu tidak menginginkan kejadian tersebut terjadi, bukan?

Tenang aja! Ada beberapa cara menghilangkan rayap yang bisa kamu terapkan dengan mudah lho. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah pencegahan hingga penanggulangan untuk mengusir keberadaan rayap dari lingkungan rumah. Yuk, cek cara menghilangkan rayap di artikel ini sampai habis!

Baca Juga: Kayu Balok: Fungsi, Kegunaan, dan Harganya 

Cara Menghilangkan Rayap

Beberapa Cara Menghilangkan Rayap yang Mudah Sekaligus Ampuh

Ketika kamu mendengar suara-suara ada sesuatu yang mengerat kayu di sela-sela dalam tembok, atap rumah, atau furnituremu, ini merupakan tanda-tanda yang tidak bisa kamu lewatkan. Hal tersebut bisa menandakan bahwa ada keberadaan rayap yang sedang menggerogoti kayu di dalam rumahmu.

Sebagai pemilik rumah, kamu perlu tentu tahu cara menghilangkan rayap yang ampuh agar rayap tidak akan muncul lagi untuk selamanya. Rumah dan furniture akan menjadi awet dan fisik yang lebih tahan lama. 

Cara menghilangkan rayap sebenarnya mudah untuk dilakukan kok. Baik itu langkah dalam mencegah keberadaan rayap, ataupun langkah penanggulangan ketika rayap sudah ada, kamu bisa menerapkan cara menghilangkan rayap di bawah ini.

Cara Menghilangkan Rayap
  1. Membuat Ventilasi yang Cukup
    Sebagai langkah pencegahan dalam cara menghilangkan rayap yang pertama, hendaknya rumahmu punya jumlah ventilasi yang cukup. Mengapa demikian? Hal ini karena rayap adalah serangga yang menyukai tempat atau lokasi yang lembap. Tempat yang lembap ini umumnya tempat yang jarang terkena sinar matahari.
    Jadi, kalau rumahmu serta perabotan kebanyakan terbuat dari kayu, membuat ventilasi hingga sinar matahari alami bisa masuk adalah hal yang patut dilakukan. Pastikan ventilasi-ventilasi ini mampu memberikan pada sinar matahari untuk masuk ke tiap sudut-sudut ruangan yang lembap tersebut.
    Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah mampu mengurangi tingkat kelembapan pada suatu ruangan, sehingga mampu melindungi bagian dan furniture yang terbuat dari kayu. 
     
  2. Menjemur Furniture Kayu
    Apa jadinya kalau ada perabotan atau furniture rumah yang sudah terlanjur terkena serangan rayap? Tenang, ada cara menghilangkan rayap yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menjemur furniture tersebut di bawah sinar matahari. Sinar matahari adalah cara mengusir rayap yang mudah serta ampuh lho.
    Langkah ini bisa mengurangi kelembapan yang ada di furniture yang terbuat kayu. Kamu bisa secara rutin melakukan langkah ini sebagai langkah pencegahan juga. Jemur furniture kayu secara berkala dalam durasi yang cukup lama. Pastikan setiap sisi furniture tersebut terkena sinar matahari.
    Jika sudah, gunakan pernis secara berkala juga pada permukaan furniture tersebut untuk mencegah adanya uap air yang bisa masuk ke dalam celah-celah kecil.
     
  3. Memberikan Jarak pada Peletakan Furniture dengan Dinding
    Kalau penopang atau bagian-bagian dalam rumahmu kebanyakan terbuat dari kayu dan punya banyak furniture yang terbuat dari kayu juga, pastikan bahwa kamu memperhatikan jarak antara dinding dan furniture tersebut. 
    Cara menghilangkan rayap pencegahan ini bisa kamu terapkan apalagi kalau dinding sudah terasa lembap dan furniture terbuat dari kayu yang rentan terhadap lapuk. Dengan adanya jarak antara dinding dan furniture, ada sirkulasi udara dan mencegah tertumpuknya uap air yang ada di antaranya.
    Uap air yang tertumpuk dapat membuat lembap dan menarik keberadaan rayap dan memakan kayu yang terletak pada bagian tersebut. 
     
  4. Memperhatikan Kontak dengan Tanah
    Selain cara pada nomor tiga, ada cara lebih lanjut yang bisa membasmi keberadaan rayap dengan ampuh, yaitu dengan selalu memperhatikan jarak antara tanah dengan bagian rumah ataupun furniture yang terbuat dari kayu. 
    Cara menghilangkan rayap yang satu ini adalah langkah untuk mencegah kedatangan rayap yang muncul dari tanah ke dalam media kayu. Pasalnya, kalau ada kontak langsung antara bagian kayu dengan tanah, hal ini akan menjadi “pintu” bagi rayap untuk masuk.
    Apalagi kalau kayu tersebut adalah kayu yang diolah dengan baik, material kayu ini mampu menyerap uap air dengan baik. Kayu-kayu yang seperti inilah yang menarik rayap karena merupakan sumber makanan mereka. 
    Cara Menghilangkan Rayap
  5. Memperbaiki Kebocoran Pipa dalam Dinding dan Keramik
    Pernahkah kamu menemui ada pipa dalam dinding yang bocor ataupun keramik yang pecah? Kalau iya, pastikan bahwa pipa dan keramik tersebut sudah diperbaiki dan tertutup rapat. Karena kalau tidak, kebocoran pipa dan celah pada keramik rusak mampu menyebabkan uap air lebih mudah masuk ke bagian dalam.
    Selain itu, kedua keadaan ini juga mampu menaikkan kadar kelembapan pada suatu hunian. Kadar uap air dan kelembapan yang tinggi mampu menarik perhatian rayap untuk masuk ke dalam rumah. Jadi, sebaiknya jangan sepelekan jika kamu menemui kedua keadaan ini, ya.
    Cara menghilangkan rayap ini lebih baik dilakukan dengan segera ketika keadaan tersebut terjadi untuk mencegah rayap masuk dan membuat koloni di dalam rayap.
     
  6. Memperhatikan Retak atau Celah pada Dinding
    Serupa dengan kondisi pada poin nomor lima, ketika terdapat keretakan pada dinding yang memungkinkan serangga dapat masuk ke dalam celah tersebut, segera tutup bagian tersebut dengan rapat. Kondisi ini mungkin sering didapati, tapi kita tidak menyadari dan cenderung menganggapnya sepele.
    Padahal, retak atau celah ini mampu menarik rayap untuk masuk ke dalam dinding. Kalau tidak segera diatasi, rayap bisa masuk dan membuat koloni di dalam rumah kita lho. Cara menghilangkan rayap pencegahan ini perlu kamu lakukan dengan cepat dan pastikan bahwa semua retak tertutup rapat.
    Untuk menutup retak atau celah pada dinding, kamu bisa menggunakan material seperti semen putih. Material ini cukup mudah ditemukan dan dapat kamu beli di toko bangunan terdekat. 
     
  7. Mengusir Rayap dengan Bahan-bahan
    Terakhir, ada banyak cara mengusir rayap yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan. Menggunakan air cucian beras adalah salah satunya. Air cucian beras dikatakan ampuh dalam mengusir rayap yang ada di dalam rumah kita. 
    Selain itu, ada banyak bahan yang mudah digunakan dalam membasmi rayap. Bahan-bahan lain yang mampu mengusir rayap adalah mulai dari daun kemangi, daun salam, kapur barus, minyak jeruk, hingga garam dapur. 

 

Baca Juga: Bahan Bangunan Penting: Panduan untuk Konstruksi yang Aman dan Tahan Lama

Demikian, itulah beberapa cara menghilangkan rayap yang bisa kamu lakukan. Mudah, bukan? Sebaiknya lakukan cara pencegahan dan penanggulangan di atas agar rumah bebas dari serangan rayap.

Kamu pun bisa mencari bahan-bahan dalam cara menghilangkan rayap di BukaBangunan lho! Tinggal klik, check out, dan bayar, belanjanya gampang seperti di marketplace pada umumnya. Yuk, download BukaBangunan sekarang!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Bahan Kimia untuk Pipa Mampet, Ini Cara Menggunakannya

Bahan Kimia untuk Pipa Mampet, Ini Cara Menggunakannya

16 Juni 2023

Cara Menghilangkan Karat pada Besi, Ampuh dan Mudah!

Cara Menghilangkan Karat pada Besi, Ampuh dan Mudah!

16 Juni 2023

Tidak Usah Khawatir, Ini 7 Cara Menghilangkan Rayap!

Tidak Usah Khawatir, Ini 7 Cara Menghilangkan Rayap!

15 Juni 2023

Terbaru
Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

30 April 2024

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

30 April 2024

10 Jenis Kaca yang Biasa Dipakai untuk Gedung dan Rumah

10 Jenis Kaca yang Biasa Dipakai untuk Gedung dan Rumah

30 April 2024

8 Jenis Triplek yang Biasa Dipakai untuk Bangunan dan Keunggulannya

8 Jenis Triplek yang Biasa Dipakai untuk Bangunan dan Keunggulannya

30 April 2024

10 Ide Kerajinan dari Triplek yang Bisa Laris di Pasaran

10 Ide Kerajinan dari Triplek yang Bisa Laris di Pasaran

30 April 2024

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it