Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Ini Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan yang Aman

Uji Agung Santosa
Cara Menghilangkan Lem Alteco Di Tangan yang Aman (123rf.com)
Cara Menghilangkan Lem Alteco Di Tangan yang Aman (123rf.com)

Lem Alteco merupakan salah satu jenis super glue dengan daya rekat yang kuat. Dalam penggunaannya, tidak jarang jari akan terpapar sehingga saling menempel. Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan lem Alteco di tangan yang terbukti ampuh dan aman untuk dilakukan.

Langkah-langkah ini pun bisa dilakukan di rumah dengan barang-barang yang tersedia. Namun, tentunya semuanya harus dilakukan secara perlahan, ya. Pasalnya, lem super ini biasanya mengandung Cyanoacrylate (CA) yang sangat cepat kering.

Segera lakukan langkah pembersihan saat anggota tubuh terkena lem kuat ini. Cek sejumlah cara yang bisa kamu lakukan di bawah ini.

 

Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan

Ada banyak orang yang menyarankan untuk membakar, memanaskan, hingga menggunting bagian kulit yang menempel. Sayangnya, cara tersebut sangat tidak aman untuk dilakukan. Cobalah langkah-langkah yang lebih aman di bawah ini dan terbukti lebih ampuh.

1. Rendam dengan air sabun hangat

Rendam Pakai Air Sabun Hangat
Rendam Pakai Air Sabun Hangat

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah merendam tangan yang menempel ke dalam air sabun hangat. Air hangat diyakini akan membuat lem yang sudah mengering kembali lunak sehingga bisa dilepas. Namun, memang cara ini tidak cukup instan karena harus dilakukan dalam kurun waktu yang sedikit lama.

Setidaknya kamu perlu merendam tangan selama kurang lebih 10—15 menit. Cobalah sambil menggosok atau melepasnya secara perlahan.

2. Menggosoknya dengan garam

Garam memiliki sifat abrasif yang bisa mengikis lapisan lem yang sudah mengering. Ambil sejumput garam dan oleskan di bagian tangan yang terkena lem. Setelah itu, tambahkan bagian tersebut dengan air secukupnya.

Kamu hanya perlu menggosoknya selama 1—2 menit sampai mendapatkan hasilnya. Cara ini terbilang cukup efektif untuk melepaskan jari yang menempel. Namun, mungkin kamu butuh waktu yang lebih lama untuk mengangkat sisa lem yang masih menempel di kulit.

3. Rendam dengan air lemon

Cara ini juga cukup aman untuk melepaskan jari yang menempel tanpa rasa sakit. Perasan lemon mengandung asam yang bisa melumpuhkan daya rekat lem super Alteco. Ditambah lagi, cairan lemon juga bisa dipakai untuk menghilangkan sisa lem yang mengering di kulit.

Cukup rendam bagian jari yang terkena lem dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Sambil merendam, kamu pun bisa menggosoknya dengan sikat gigi untuk membantu cairan lemon masuk ke bagian bawah kulit.

4. Mengoleskan aseton

Aseton merupakan cairan pembersih cat kuku yang juga cukup ampuh untuk menghilangkan lem super yang mengering di tangan. Produk kecantikan ini mengandung senyawa yang memang dirancang untuk menghilangkan senyawa sejenis lem dan cat. Namun, memang penggunaanya perlu hati-hati karena mungkin bisa membuat iritasi kulit.

Karena itu, cukup pakai sedikit dengan dituang ke dalam wadah. Rendam jari atau tangan yang terkena lem selama beberapa menit. Setelah terkelupas, segera cuci tangan dengan sabun dan berikan pelembab kulit untuk mencegah iritasi.

5. Meneteskan pelarut cat atau lem

Kamu juga bisa mengoleskan mineral spirit ke bagian yang terkena lem. Mineral spirit merupakan cairan pelarut yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat, lem, atau minyak. Cairan ini akan membantu lem kembali lembek sehingga mudah dibersihkan.

Cukup oleskan sedikit demi sedikit mineral spirit ke bagian kulit yang terkena lem. Lalu, gosok atau sikat dengan sikat gigi. Cuci bersih dengan air dan sabun setelah menggunakannya.

6. Menggunakan minyak atau margarin

Gosok menggunakan minyak atau margarin
Gosok menggunakan minyak atau margarin

Margarin terbuat dari minyak nabati yang mengandung banyak lemak. Jika memilikinya di rumah, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk melepaskan jari yang menempel akibat lem super. Namun, penggunaan minyak atau margarin hanya bisa dilakukan saat lem belum terlalu lama mengering.

Cukup oleskan margarin ke bagian yang menempel dan diamkan beberapa menit. Kamu bisa menggunakan potongan kuku untuk mengelupas bagian lem yang sudah mengering dari kulit. Setelah itu, bersihkan dengan air sabun sisa-sisa minyak yang masih menempel.

Baca juga: Lem Kayu Terbaik di Pasaran ini Fungsi, Cara Pakai, dan Rekomendasi nya!

7. Mengoleskan petroleum jelly

Cara ini juga bisa kamu gunakan saat tangan terkena lem Alteco. Petroleum jelly merupakan produk perawatan kulit yang bisa membantu melembabkan dan menjaga kulit. Sebelum mengaplikasikannya, cobalah untuk membersihkan tangan dengan air hangat dan sabun.

Oleskan petroleum jelly pada bagian kulit yang terkena lem super. Tunggu beberapa saat sampai petroleum jelly menyerap ke dalam kulit. Setelah itu, kamu tinggal menggosok kulit dengan alat kikir kuku secara perlahan.

8. Menggosok dengan batu apung

Batu apung merupakan jenis batuan alami yang bisa membantu menjaga kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Batu ini pun bisa dipakai untuk menghilangkan lem Alteco yang menempel di kulit.

Cobalah untuk membersihkan kulit terlebih dulu dengan air hangat. Lalu, gosok bagian lem di kulit dengan batu apung secara perlahan. Lakukan gerakan melingkar untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

9. Cuci dengan deterjen

Cuci Dengan Detergen
Cuci Dengan Detergen

Deterjen cuci pakaian mengandung bahan aktif yang bisa melunturkan noda di baju. Kamu pun bisa memanfaatkan bahan ini untuk menghilangkan lem yang menempel di tangan.

Larutkan deterjen dengan air dan rendam tangan yang terkena lem Alteco selama kurang lebih 15—20 menit. Sambil merendamnya, kamu bisa menggosok atau memijat tangan secara perlahan. Langkah ini bisa membantu lem lebih cepat lepas dari kulit.

Baca juga: Rekomendasi Lem Besi Terkuat untuk Menyambung Logam

 

Jenis Lem yang Punya Daya Lekat Kuat

Jenis Lem Yang Punya Daya Rekat Kuat
Jenis Lem Yang Punya Daya Rekat Kuat

Lem Alteco bukan satu-satunya jenis lem super yang punya daya lekat kuat. Sejumlah lem juga bisa dimanfaatkan untuk merekatkan kayu, besi, dan porselen. Berikut sejumlah jenis lem yang punya daya rekat kuat.

1. Bagus Super Glue

Lem super ini mengandung Cyanoacrylate yang bisa merekat kuat di banyak material. Sebut saja, kayu, plastik, dan keramik. Hanya butuh waktu 10 detik untuk lem ini bisa kering dan menempel.

2. Araldite

Kamu bisa merekatkan besi, keramik, kaca, dan kayu dengan lem Araldite. Perekatan pun cukup cepat sehingga kamu bisa langsung memanfaatkan barangnya dalam waktu kurang dari satu hari setelah direkatkan.

3. Loctite 401

Lem super ini punya warna bening sehingga tidak meninggalkan bekas warna. Kamu pun bisa memanfaatkan lem Loctite 401 ke banyak material, mulai dari logam, kayu, kain, dan kertas. Lem ini juga sangat cepat kering.

4. General Power Glue

Produk ini memang biasa digunakan untuk keperluan rumahan. Biarpun begitu, daya rekatnya juga sangat kuat. Kamu bisa merekatkan kayu, metal, dan kaca dengan lem ini.

5. Handsome Lem Korea

Lem Korea ini terbilang lebih cair ketimbang kebanyakan produk lem super lainnya. Alasan itu juga yang membuat lem ini bisa dipakai untuk banyak material, termasuk kulit dan karet. Lem ini pun bisa menjaga kerekatannya dalam kurun waktu lama.

Baca juga: Rekomendasi Cat Kayu Terbaik dan Tips Memilihnya

6. Dextone

Produk yang satu ini pun bisa dipakai sebagai lem perekat untuk keperluan rumahan maupun proyek pembangunan. Kamu bisa merekatkan porselen, keramik, logam, hingga kayu dengan lem yang satu ini. Cairannya pun lebih mudah meresap ke banyak pori material sehingga bisa merekat lebih baik.

7. Castol

Castol terbuat dari bahan terbaik yang membuat lem ini memiliki kualitas di atas rata-rata. Produknya pun hadir dalam kemasan yang lebih besar sehingga bisa digunakan untuk lebih banyak keperluan. Terlebih lagi, tutupnya pun rapat untuk mencegah lem kering di dalam tube.

Jika digunakan dengan hati-hati, kamu bisa mendapatkan manfaat dari lem super yang bisa membantu dalam kebutuhan sehari-hari. Nah, cari lebih banyak produk lem super di Bukabangunan.com untuk berbagai keperluanmu. Kamu juga bisa memulai bisnis dengan menjadi agen penyedia lem dan alat-alat material terlengkap dengan bergabung menjadi partner BukaBangunan sekarang. 

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

1 November 2023

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

1 November 2022

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

12 Maret 2024

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

12 Maret 2024

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

1 Maret 2024

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it