Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

Uji Agung Santosa
Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, dan Jasa yang Diberikannya (Unsplash)
Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, dan Jasa yang Diberikannya (Unsplash)

Istilah kontraktor bangunan sudah cukup populer di Indonesia. Namun, belum banyak orang yang benar-benar paham tentang kontraktor itu apa sekaligus tugas mereka seperti apa. Buat kamu yang sedang ingin membangun rumah, tentunya perlu mencari tahu tentang seluk-beluk dari profesi ini.

Secara umum, jasa kontraktor dipakai untuk pengerjaan proyek pembangunan, baik itu rumah, ruko, hingga bangunan lainnya. Tugas mereka adalah membantu setiap prosesnya dari awal hingga bangunan bisa digunakan.

Nah, kenali lebih dalam tentang profesi kontraktor dan tugas mereka di bawah ini. Selain itu, simak juga rekomendasi kontraktor terbaik yang sudah cukup besar namanya di Indonesia.

Pengertian Kontraktor Bangunan

Pengertian Kontraktor Bangunan
Pengertian Kontraktor Bangunan

Kontraktor bangunan adalah pihak yang melaksanakan seluruh pekerjaan konstruksi dari awal hingga akhir. Mereka bertanggung jawab atas pengkajian lahan, perencanaan bangunan, perancangan, penyediaan barang, hingga tenaga kerja. Kontraktor juga yang bertanggung jawab dalam menanggung masalah dalam proses pembangunan proyek.

Dilihat dari katanya, kontraktor berasal dari kata kontrak yang memiliki arti perjanjian tertulis antara dua pihak untuk melakukan perdagangan, usaha, atau hal lainnya. Dalam proses bisnis, kontraktor hanya akan dikontrak dalam durasi waktu tertentu. Masyarakat Indonesia mengenal kontraktor bangunan ini sebagai pemborong karena mereka yang melakukan semua pekerjaannya.

Pemilihan kontraktor bangunan bisa melalui dua cara, yaitu ditunjuk langsung atau melalui proses lelang. Proses lelang biasanya dilakukan oleh pemerintah dalam menjalani proyek pembangunan. Namun, pembangunan yang dilakukan oleh pihak swasta kadang lebih sering menunjuk kontraktor sendiri.

Tugas Kontraktor Bangunan

Tugas Kontraktor Bangunan
Tugas Kontraktor Bangunan

Kontraktor punya tanggung jawab yang cukup banyak dalam proyek pembangunan. Namun, tugas dan tanggung jawab ini bergantung dari proyek yang sedang dikerjakan. Berikut tugas yang wajib dikerjakan oleh kontraktor bangunan.

1. Melakukan perencanaan sebuah proyek pembangunan

2. Melakukan perhitungan untuk tenaga kerja, bahan, dan peralatan yang dibutuhkan

3. Mengantisipasi jika ada perubahan dalam proyek yang sedang dijalani

4. Melakukan koordinasi antara seluruh pekerja, pengawas, dan pemilik proyek

5. Memproses surat izin, legalitas, dan semua hal yang perlu diselesaikan berdasarkan peraturan.

6. Memastikan pekerjaan sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan di awal

7. Memastikan seluruh pekerjaan bisa berjalan dengan lancar.

Jenis Jasa yang Diberikan Kontraktor Bangunan

Adapun jasa yang diberikan oleh kontraktor bangunan jika memang dibutuhkan oleh pemilik proyek.

1. Jasa desain bangunan

Kontraktor bangunan bisa memberikan jasa desain dengan menyesuaikan kebutuhan, lahan yang dimiliki, dan total budget dari pemilik proyek. Dengan begitu, bangunan jadinya bisa memiliki fungsi ruang yang maksimal.

2. Lahan, bangunan, dan material

Kontraktor bisa juga melakukan jasa pembersihkan lahan, penggalian tanah, hingga pembuatan sumur resapan. Pemilik proyek tidak perlu menyediakan alat berat karena semua sudah diatur oleh pihak kontraktor. Hal serupa juga akan dilakukan dalam penyediaan material yang dibutuhkan.

3. Renovasi bangunan

Pihak kontraktor bangunan bisa memberikan jasa renovasi rumah, baik dalam skala kecil maupun besar. Renovasi hingga perombakan besar-besaran akan membutuhkan alat berat. Semua hal itu akan diurus oleh kontraktor bangunan.

Baca Juga: Konstruksi Bangunan: Pengertian, Jenis, dan Tahapannya

Tips Memilih Kontraktor Rumahan

Tips Memilih Kontraktor Bangunan Rumah
Tips Memilih Kontraktor Bangunan Rumah

Proyek pengerjaan rumah juga bisa menggunakan jasa kontraktor, loh. Berikut tips memilih jasa kontraktor rumahan yang tepat.

1. Melihat reputasi kontraktor

Cara untuk melihat reputasi kontraktor rumahan adalah melihat review dari mereka yang sudah pernah memanfaatkan jasanya. Review ini bisa dilihat melalui blog, sosial media, hingga bertanya langsung pada orang lain.

Cari tahu tentang segala hal yang penting. Sebut saja ketepatan waktu, penyediaan material berkualitas, hingga tenaga kerja yang digunakan. Pilih yang benar-benar memiliki review bagus untuk membantu kelancaran pekerjaan.

2. Perhatikan badan hukum kontraktor

Kontraktor yang sudah berbadan hukum tentunya lebih bonafit dan bisa dipercaya. Badan hukum ini juga yang akan membantu kamu dalam urusan kontrak dengan pihak mana pun. Bukan hanya itu, badan hukum ini juga akan membantu memudahkan semua pihak jika terjadi masalah hukum yang perlu diselesaikan kepada pihak pengadilan.

Selain itu, kamu juga jadi bisa melihat hasil kerja dari kontraktor tersebut jika sudah memiliki badan hukum. Kontraktor berbadan hukum akan memiliki pencatatan baik baik dalam setiap proyeknya.

3. Memiliki perhitungan yang transparan

Budget jadi salah satu hal yang paling penting dalam proyek pengerjaan. Pastikan untuk meminta transparansi perhitungan keuangan mulai dari perencanaan hingga akhir proyek.

Hindari kontraktor yang tidak memberikan laporan perhitungan proyek. Jangan juga memilih jasa kontraktor rumahan yang menawarkan harga yang tidak masuk akal.

4. Memberikan kepastian akan keselamatan kerja

Keselamatan kerja juga perlu jadi prioritas. Pasalnya, proyek pembangunan akan melibatkan banyak pekerja. Pastikan kamu mencari tahu tentang kepastian keselamatan kerja yang diberikan oleh kontraktor.

Kamu pun bisa melihat kelengkapan kerja, fasilitas tempat tinggal, upah pekerja, dan lingkungan selama bekerja. Untuk proyek yang lebih besar, kontraktor juga perlu memberikan perlindungan kesehatan untuk para pekerjanya.

Baca Juga: Bahan Bangunan Penting: Panduan untuk Konstruksi yang Aman dan Tahan Lama

Perusahaan Kontraktor Bangunan Terbaik di Indonesia

Perusahaan Kontraktor Bangunan di Indonesia
Perusahaan Kontraktor Bangunan di Indonesia

Sudah banyak nama yang cukup populer di Indonesia. Kontraktor bangunan ini sudah sangat tepercaya untuk mengerjakan proyek pembangunan skala besar. Berikut pilihan kontraktor banguan yang populer di Indonesia.

1. PT Adhi Karya

Kontraktor ini berstatus Badan Usaha Milik Negara. PT Adhi Karya awalnya merupakan perusahaan Belanda yang kemudian dijadikan perusahaan nasional. Perusahaan ini menjadi kontraktor pertama yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia.

2. PT Wijaya Karya

Kontraktor inia awalnya hanya sebuah perusahaan yang bergerak dalam instalasi listrik dan pipa air. Kemudian berkembang menjadi perusahaan kontraktor bangunan pada era 1970-an. Hingga sekarang, sudah banyak proyek pembangunan yang dikerjakan oleh kontraktor ini.

3. PT Waskita Karya

Kontraktor bangunan ini sudah berdiri sejak 1961 dan menjadi langganan untuk pembangunan berbagai gedung, jalan layang, dan jembatan. Tidak heran jika pemerintah Indonesia menjadi pemilik saham terbesar dari perusahaan kontraktor ini.

4. PT Pembangunan Perumahan

Kontraktor rumahan di Indonesia yang namanya sudah sangat populer adalah PT Pembangunan Perumahan (PP). Sudah banyak perumahan yang dibangun dengan. Selain itu, PP juga menjadi kontraktor pembangunan sejumlah hotel besar di Indonesia, termasuk Bali Beach Hotel dan Hotel Indonesia.

5. PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama

Kontraktor ini makin mencuat namanya sejak ditunjuk sebagai penanggung jawab sirkuit Jakarta Formula E. Namun, namanya juga sudah dikenal sebagai kontraktor dalam pembangunan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan Rusun Penjaringan.

6. PT Nindya Karya

Badan Usaha Milik Negara ini juga punya rekam jejak yang cukup besar. Mereka membangun Stadion Gelora Bung Karno, Kawasan Industri Medan Plaza, dan Proyek Pengendalian Banjir Kali Bekasi Paket I.

7. PT Hutama Karya

Kontraktor ini ditunjuk untuk membangun jalan tol Trans Sumatera. Proyek besar inilah yang membuat namanya akan terus dipertimbangkan dalam pembangunan berikutnya.

8. PT Amarta Karya

Perusahaan kontraktor ini merupakan perusahaan Belanda yang dinasionalisasi pada 1962. Pada awalnya, perusahaan ini mengerjakan fabrikasi baja. Lalu, berkembang dengan mengerjakan proyek konstruksi sipil, instalasi listrik, dan mekanik.

9. PT Total Bangun Persada

Perusahaan ini belum lama melantai di pasar saham dan membuatnya mendapatkan banyak suntikan dana yang besar. Perusahaan ini pernah ditunjuk sebagai kontraktor yang membangun Apartemen SQ dan Sakura Garden City.

10. PT Brantas Abipraya

Perusahaan kontraktor ini lebih sering mengerjakan proyek sipil dan lingkungan. Sebut saja proyek konstruksi jalan, jembatan, properti, dan jalan tol. 

Baca Juga: 10 Jenis Besi Konstruksi yang Sering Dipakai pada Proyek Bangunan

Itu dia hal-hal yang perlu diketahui tentang kontraktor bangunan dan rumahan. Jangan hanya memilih kontraktor yang tepat, kamu juga perlu memilih material bangunan terbaik untuk hasilkan bangunan yang kokoh. Beli semuanya dari Bukabangunan.com atau langsung menjadi menjadi partner BukaBangunan untuk bisa mulai berjualan material bangunan sendiri.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

1 November 2023

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

1 November 2022

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

12 Maret 2024

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

12 Maret 2024

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

1 Maret 2024

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it