Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Info Lengkap Distributor Kabel dari Kabel Roll Hingga Kabel Listrik

may.rahmadi
distributor kabel (unsplash)
distributor kabel (unsplash)

Penggunaan listrik menjadi salah satu kebutuhan yang paling signifikan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Baik kebutuhan rumah tangga hingga bisnis membutuhkan penggunaan kabel untuk lampu, charger, alat kerja, dan berbagai perlengkapan elektronik lainnya.

Saat ini semua perangkat kerja sudah dibuat untuk mendukung otomatisasi dengan aliran listrik. Baik untuk karyawan kantoran hingga pekerja di lapangan membutuhkan aliran listrik yang terhubung melalui kabel untuk dapat melakukan pekerjaannya dengan cepat.

Ada banyak jenis kabel yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya. Pemasangan setiap kabel listrik seperti kabel roll juga harus tepat. Perlengkapan kabel listrik bisa didapatkan melalui toko kabel atau distributor kabel dengan menghitung kebutuhanmu terlebih dahulu.

Cara Memilih Kabel Roll di Toko Listrik

Salah satu jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk instalasi listrik rumahan dan kebutuhan aktivitas sehari-hari adalah kabel roll. Fungsi kabel roll adalah membagi daya listrik untuk dipakai beberapa alat elektronik sekaligus.

Kabel roll akan membagi daya listrik dari satu stop kontak listrik agar bisa digunakan untuk beberapa alat elektronik dengan aman. Penting untung memilih kualitas dan keamanan kabel yang baik agar kabel roll mampu menahan beban arus listrik dengan cara berikut:

- Lokasi penggunaan kabel listrik

Meski terlihat sepele, kamu perlu benar-benar memikirkan akan menggunakan kabel roll untuk kebutuhan apa. Pastikan untuk mempertimbangkan penggunaan di dalam atau di luar ruangan. Pada beberapa kondisi, pemakaian di luar ruangan perlu antiair dan antidebu.

- Perhatikan jumlah steker (colokan listrik)

Ada banyak jenis soket yang digunakan oleh setiap alat elektronik. Namun, hanya jenis steker listrik tertentu saja yang bisa digunakan untuk menghubungkan arus listrik ke soket tersebut. Nah, pastikan kamu sudah memilih bentuk steker yang sesuai dengan kebutuhan.

- Periksa kawat inti kabel

Tidak hanya kabel roll, kabel listrik manapun memiliki tipe kawat inti yang berbeda. Fungsi kawat ini dibedakan berdasarkan medan penggunaan kabel. Kabel roll dengan tiga kawat inti biasanya digunakan di area konstruksi karena tipe dua kawat inti tidak memiliki sistem insulasi yang cukup.

- Hitung panjang kabel

Kabel roll memiliki keunggulan dari segi fleksibilitas penggunaannya untuk menjangkau area yang luas. Panjang kabel listrik ini bisa berkisar hingga 20–50 meter dengan diameter 1,25mm–3,5mm. Pastikan pula kabel roll yang dibeli dari toko listrik sudah dilengkapi sensor suhu untuk mencegah kabel meleleh.

- Pahami pengaruh ketebalan terhadap voltase

Saat kabel listrik teraliri daya, voltase yang diambil dari kabel roll akan lebih rendah ketimbang catu daya utama. Ketebalan dan panjang kabel dapat memengaruhi penurunan voltase. Jadi, pastikan alat yang digunakan tidak akan dipengaruhi oleh penurunan voltase.

Jenis Kabel Roll Berdasarkan Tujuan Pemakaian

Macam-macam kabel roll yang paling mudah bisa dipilih berdasarkan tujuan pemakaian. Hal ini biasanya sudah terlihat dari bentuk fisik kabel yang dipakai. Secara lebih detail, kamu bisa memilih penggunaan kabel roll berikut ini:

1. Kabel roll biasa

Tipe kabel roll yang biasanya paling sesuai dengan kebutuhan rumahan adalah kabel roll dengan penutup antiair. Biasanya, bentuk kabel roll disertai dengan handle yang memudahkan kamu untuk membawa dan menggulung kabelnya.

Panjang kabel roll ini berkisar mulai 20–50 meter, jarak yang lebih dari cukup untuk fungsi di dalam ruangan. Ketebalan kabel biasanya tidak terlalu besar hanya sekitar 1,25mm–2mm agar mudah digulung.

2. Kabel roll semiprofesional

Untuk penggunaan voltase listrik yang lebih stabil, kamu bisa memilih penggunaan kabel roll yang ketebalan diameternya 3,5mm. Kabel roll semiprofesional biasanya sudah cukup baik untuk digunakan di luar ruangan.

Kabel roll juga sudah dilengkapi fungsi antiair dan dilengkapi penutup antilumpur. Jenis kabel ini biasanya memiliki fitur yang berfungsi untuk menginterupsi kebocoran listrik.

3. Kabel roll profesional

Seperti namanya, penggunaan kabel ini tentu paling tangguh ketimbang jenis lainnya. Jenis kabel roll profesional sering ditemukan pada kegiatan outdoor seperti berkemah, konser musik, atau shooting film.

Meskipun ketebalan kabel ini bisa mencapai 3,5 mm, materialnya lebih tebal dan terbuat dari material khusus. Salah satu material yang kuat dan lentur untuk kabel roll adalah VCT Softon. Pemilihan kabel ini juga bisa menjaga stabilitas voltase perlengkapan elektronik profesional yang membutuhkan sumber daya stabil.

Macam-macam Merek Kabel Listrik untuk Instalasi

Kabel listrik terdiri atas bahan konduktor dan isolator yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik. Konduktor berguna sebagai penghantar yang biasanya terbuat dari tembaga atau alumunium. Isolator adalah bagian pembungkus yang terbuat dari termoplastik.

Meski fungsinya sama-sama menghantarkan listrik, dibutuhkan jenis kabel yang tepat dengan detail ukuran, tegangan, jumlah wire, dan sebagainya. Berdasarkan detail spesifikasi tersebut, berikut ini beberapa merek kabel listrik yang populer beserta fungsinya:

1. Philmax

Memiliki tutup pengaman di bagian colokan listriknya, kabel roll Philmax mampu menghasilkan daya listrik hingga 3000 watt. Bagian pegangan pada kabel roll ini juga menggunakan material besi sehingga lebih kokoh untuk dipindah-pindahkan.

2. Uticon

Dengan standar jumlah soket sebanyak empat buah, kabel Uticon cocok untuk mengalirkan arus hingga 2.500 watt. Panjang kabelnya mencapai 10 meter dengan bentuk handle yang ringkas sehingga praktis untuk penggunaan di dalam ruangan.

3. GAO Pro

Meski materialnya terbuat dari bahan plastik PP, desain kabel roll ini cukup kokoh dilengkapi dengan tuas berteknologi dual drum. Nilai batas arus listriknya mencapai 3.520 watt yang cocok untuk penggunaan di dalam dan di luar ruangan.

4. Brennenstuhl

Merek kabel buatan Jerman ini sangat diandalkan untuk kebutuhan profesional. Tidak hanya dirancang untuk kebutuhan aliran listrik tegangan tinggi, fitur keamanan dan panjang kabel juga sangat diperhatikan. Fitur yang cukup canggih dari kabel roll Brennenstuhl adalah pin safety cut out yang dapat memutus aliran listrik serta melindungi dari overload muatan.

5. Krisbow

Merek satu ini memang sudah termasuk sebagai salah satu andalan bagi perangkat listrik yang berkualitas. Mulai dari soket standar, kabel roll, lampu darurat, hingga power bank Krisbow sudah dikenal sebagai merek populer berkat fitur dan fungsinya yang tahan lama.

6. Loyal

Merek kabel roll Loyal juga cukup mengakomodasi kebutuhan sehari-hari di rumah. Dengan dimensi yang ringkas, penggunaan kabel ini cocok untuk di kamar atau ruangan kecil karena panjang kabelnya hanya sekitar 6 meter.

7. Fort

Dari segi bentuknya, desain ergonomis dari kabel roll Fort bisa mempermudah pengemasan dengan cepat. Penggunaan praktis dari handle berputar dan bagian penutup pada soket juga menjadi fitur andalan untuk digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

8. Kaiser

Ukuran kabel roll Kaiser juga cukup besar karena panjang kabelnya mencapai 50 meter. Ada tombol switch on-off yang juga bisa menjadi indikator praktis dalam memutus aliran listrik.

9. VISICOM

Kabel roll ini dilengkapi dengan tombol on/off disertai indikator lampu LED. Kamu juga bisa memanfaatkan penggunaan soket dengan lebih praktis karena terdapat jenis over steker. Bagian handlenya juga praktis untuk digulung karena dilengkapi dengan fuser breaker.

10. Kenmaster

Sebagai salah satu merek yang tidak kalah populer, Kenmaster juga memiliki beberapa jenis kabel roll dengan kualitas SNI. Fitur kabel roll Kenmaster sudah dilengkapi dengan teknologi overheat protection, penutup lubang, dan tuas pemutar agar mudah menggulung kabel.

Jual Harga Kabel Roll Terbaik dari BukaBangunan

Berbagai kebutuhan kelistrikan bisa diakomodasi dengan aman jika menggunakan material yang berkualitas. Tidak hanya dari segi merek, tapi juga varian jenis kabel roll yang sesuai dengan kebutuhan. Potensi usaha distributor kabel roll berpotensi ramai pelanggan, loh.

Cek ketersediaan kabel roll dari merek populer tepercaya yang sudah diandalkan oleh banyak orang. Harga kabel roll bisa dijual mulai Rp300.000 – Rp2.200.000 sesuai dengan kualitas dan fitur pendukung pada kabel.

Manfaatkan kemudahan dapat stok barang terbaik dari BukaBangunan dengan ongkos kirim gratis dan berbagai promo menarik lainnya. Di mana pun lokasi toko listrik kamu, stok barangnya bisa didapatkan dari aplikasi BukaBangunan dengan berbagai promo kabel roll terbaik.

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Info Harga dan Jenis Gergaji Mesin Listrik Terbaik

Info Harga dan Jenis Gergaji Mesin Listrik Terbaik

24 Maret 2023

Fungsi Stop Kontak dan Jenis-jenisnya yang Ada di Pasaran

Fungsi Stop Kontak dan Jenis-jenisnya yang Ada di Pasaran

25 Oktober 2022

Cara Mudah dan Aman Pasang Stop Kontak di Tembok

Cara Mudah dan Aman Pasang Stop Kontak di Tembok

22 Desember 2022

Info Lengkap Distributor Kabel dari Kabel Roll Hingga Kabel Listrik

Info Lengkap Distributor Kabel dari Kabel Roll Hingga Kabel Listrik

20 Maret 2023

Info Lengkap Harga Kabel Ties serta Klip Kabel Terbaik di BukaBangunan

Info Lengkap Harga Kabel Ties serta Klip Kabel Terbaik di BukaBangunan

20 Maret 2023

Inilah 8 Jenis Kabel Listrik dan Harganya di Pasaran

Inilah 8 Jenis Kabel Listrik dan Harganya di Pasaran

24 Oktober 2022

Terbaru
Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

Tips Memilih Ukuran Paving Block dan Jenisnya untuk Halaman Rumah

2 Mei 2024

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

Rekomendasi Bata Ringan Pagar Hebel Unik dan Menarik untuk Ditiru

2 Mei 2024

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

10 Kreasi Pagar dari Hebel yang Bagus dan Bisa Dicoba

2 Mei 2024

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Ukuran Seng Gelombang

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

Mengenal Ukuran Paku, Jenis dan Fungsinya untuk Bahan Bangunan

2 Mei 2024

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

Mengenal Ukuran Genteng Berdasarkan Jenis dan Perhitungannya

1 Mei 2024

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

Ini Jenis dan Ukuran Kaca yang Cocok untuk Bangunan dan Rumah

30 April 2024

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

Ini Ukuran Triplek Standar Per Lembar Beserta Harganya

30 April 2024

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

10 Ide Pembatas Ruangan dari Triplek yang Simpel

30 April 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it