Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Pahami Pengertian Tap dan Fungsinya untuk Optimalkan Kerja Pertukanganmu

may.rahmadi
Tap (Pixabay)
Tap (Pixabay)

Jika sering memiliki pekerjaan membuat lubang sebagai lajur ulir baut atau sekrup apalagi pada material-material keras seperti logam, pipa, sampai dinding rumah, maka kamu perlu mengerti tentang fungsi tap. Karena tap akan memudahkan kamu untuk membuat lajur ulir sehingga baut dan sekrup akan terpasang dengan baik. 

Pengertian Tap

Dalam dunia pertukangan tap mengacu pada alat pemotong untuk membuat lajur ulir pada lubang yang telah dilubangi, baik dengan bor maupun dengan alat yang lain. Fungsi tap adalah untuk memastikan lajur ulir memiliki ukuran dan spesifikasi yang sesuai dengan ulir pada baut dan sekrup. Sehingga memungkinkan baut dan sekrup untuk dipasang dengan aman dan kuat pada permukaan benda kerja.

Tap menyempurnakan mata bor, karena mata bor hanya digunakan untuk membuat lubang, tanpa adanya lajur ulir pada lubang maka baut dan sekrup tidak akan terpasang dengan baik. Namun pemilihan tap juga harus tepat, karena baut dan mur juga memiliki tipe ulir yang berbeda-beda. Oleh karena itu kamu perlu memilih jenis tap yang sesuai dengan baut atau mur pasangannya. 

Dan perlu dicatat bahwa, aplikasi tap pada material juga perlu dilakukan dengan hati-hati dan bertahap untuk menghindari kerusakan pada tap atau material kerja. Dengan menggunakan tap yang tepat, ulir dapat dibuat dengan presisi dan kekuatan yang memadai, sehingga mengurangi risiko kegagalan atau kerusakan pada benda kerja akibat koneksi yang kurang kuat.

Fungsi Bagian Tap

Memiliki fungsi yang sederhana, sebagai pembuat lajur ulir, ternyata tap memiliki sejumlah bagian-bagian yang penting dalam proses aplikasinya. Untuk memiliki fungsi yang optimal, pada umumnya tap akan terdiri dari bagian-bagian seperti berikut:

1. Shank

Shank adalah bagian tangkai tap yang berbentuk silinder dan biasanya berfungsi untuk memasang tap pada holder atau collet mesin bor. Jika kamu menggunakan bor shank tap perlu kamu sesuaikan ukurannya dengan bor yang digunakan. 

2. Square

Sementara jika kamu tidak menggunakan bor, dan memilih menggunakan kunci pas kamu bisa menghubungkan bagian tap yaitu square dengan kunci pas. Square adalah bagian yang datar dan berbentuk segiempat pada ujung shank tap. Square berfungsi sebagai tempat menempelkan kunci pas yang digunakan untuk memutar tap saat memotong ulir.

3. Body

Ini adalah bagian utama tap yang terdiri dari dua sisi pemotong. Body tap memiliki desain dan ukuran yang sesuai dengan spesifikasi lajur ulir yang ingin dibuat pada benda kerja.

4. Flute

Bagian rongga pada body tap yang berfungsi untuk mengalirkan serpihan serutan saat memotong ulir. Flute pada tap biasanya berbentuk spiral untuk memaksimalkan pengaliran serutan saat memotong.

5. Neck

Selanjutnya adalah neck yang berfungsi pada tap sebagai penghubung antara shank dan body tap. Neck berfungsi sebagai penghubung yang fleksibel antara shank dan body, sehingga memudahkan tap untuk menyesuaikan dengan bentuk lubang yang dibuat.

6. Chamfer

Sementara pada ujung body tap terdapat chamfer yang dipoles atau dipotong miring. Chamfer berfungsi pada tap untuk mempermudah tap masuk ke dalam lubang dan membantu memotong ulir dengan presisi.

Jenis-jenis Tap

Di pasaran tersedia banyak jenis dengan beragam fungsi tap pula. Karena banyaknya variasi ulir pada baut dan sekrup. Oleh karenanya dalam memilih tap kamu perlu mencocokkannya dengan ulir yang dimiliki pada baut dan sekrup. Nah untuk memudahkan kamu, berikut jenis-jenis tap yang sering digunakan. 

1. Taper Tap

Jenis tap ini berfungsi pada tap agar membuat lajur ulir pada bagian dalam lubang dengan sudut kemiringan sekitar 7-10 derajat. Taper tap digunakan untuk membuat ulir dengan ukuran yang lebih besar dari diameter lubang awal.

2. Plug Tap

Plug tap berfungsi pada tap untuk membuat lajur ulir pada lubang dengan kedalaman yang sama dengan panjang tap. Plug tap memiliki sudut kemiringan sekitar 3-5 derajat, dan umumnya digunakan untuk membuat ulir dengan ukuran yang sama dengan diameter lubang awal.

3. Bottoming Tap

Sedangkan jika kamu ingin lajur ulir lebih dalam dibandingkan panjang tap, kamu bisa menggunakan jenis bottoming tap yang berfungsi pada tap dalam menghasilkan sudut kemiringan yang lebih curam daripada plug tap, sehingga dapat memotong ulir pada kedalaman yang lebih dalam.

4. Spiral Flute Tap

Jika fungsi tap sebelumnya fokus pada hasil lajur ulir, ada pula spiral flute tap yang berfungsi pada tap untuk meningkatkan pengaliran serpihan serutan saat memotong ulir. Spiral flute tap digunakan pada bahan kerja yang sulit dipotong seperti baja keras dan stainless steel.

5. Thread Forming Tap

Jenis tap ini digunakan untuk membuat ulir dengan mengompresi bahan pada dinding lubang. Fungsi tap ini umumnya digunakan pada bahan yang lebih lembut seperti aluminium dan kuningan.

6. Interrupted Thread Tap

Jenis tap ini berfungsi pada tap untuk membuat ulir pada lubang yang memiliki kerapatan atau ketebalan yang tidak merata, seperti pada permukaan benda yang sudah rusak. Interrupted thread tap memiliki desain yang lebih kuat dan mampu memotong ulir pada permukaan yang tidak rata.

7. Tap Mur

Selain untuk baut dan sekrup, tap juga dapat diaplikasikan untuk membuat lajur ulir pada mur yaitu dengan tap mur. Tap mur merupakan tap yang panjang yang memiliki tangkai berdiameter lebih kecil daripada ukuran bagian dalam ulir. Jenis ini berfungsi pada tap untuk terutama untuk memproduksi mur dalam jumlah besar, di mana tap mur mampu memotong ulir beberapa mur dalam jumlah banyak pada waktu bersamaan

8. Tap Pipa

Jenis Tap pipa digunakan untuk memotong ulir pada sambungan-sambungan dan alat-alat bantu berbentuk tabung seperti pipa, dan lainnya. Karena biasanya pipa digunakan untuk mengalirkan fluida, maka fungsi tap pipa untuk menghasilkan lajur ulir yang dibuat pada sambungan-sambungan pipa harus memiliki ukuran yang ketat untuk mencegah terjadinya kebocoran.

9. Tap Otomotif

Ada pula jenis tap yang aplikasinya digunakan khusus seperti tap otomotif. Jenis ini berfungsi pada tap untuk memperbaiki ulir pada mesin-mesin kendaraan bermotor yang rusak tanpa melakukan pemotongan alias undercutting pada lajur ulir yang masih baik. 

Aplikasi jenis tap ini dapat juga menghilangkan goresan-goresan atau torehan-torehan pada ulir. Selain itu dikenal juga tap perbaikan ulir khusus lubang busi yang dapat memperbaiki ulir dan membersihkan jelaga (kerak karbon), partikel logam dan kotoran lainnya yang terdapat pada lubang busi.

9. Tap Puli 

Tap puli digunakan untuk membuat ulir dalam pada hub puli. Tap puli mempunyai tangkai yang ekstra panjang yang memiliki fungsi pada tap untuk menciptakan lajur tap pada bagian-bagian lubang yang tidak dapat dijangkau oleh tap yang memiliki panjang tangkai standar.

Sekian informasi terkait fungsi tap, bagian, dan jenis-jenisnya. Perlu diingat karena aplikasi tap digunakan dengan sejumlah perkakas pastikan dirimu dilengkapi dengan alat-alat keamanan diri seperti sarung tangan, kacamata, sepatu saat menggunakan tap agar menghindari potensi kecelakaan kerja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya! Dan apabila kamu adalah seorang pengusaha yang ingin memulai usaha bahan bangunan tanpa modal, kamu bisa gabung di Bukabangunan untuk dapatkan stok jualan bahan bangunan terbaik dan menguntungkan.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Info Shower Holder Terbaik dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

Info Shower Holder Terbaik dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

25 Maret 2023

Info Rak Toilet dan Kamar Mandi Murah di BukaBangunan

Info Rak Toilet dan Kamar Mandi Murah di BukaBangunan

24 Maret 2023

Info Selang Shower Murah Berkualitas di BukaBangunan

Info Selang Shower Murah Berkualitas di BukaBangunan

24 Maret 2023

Memahami Pentingnya Fungsi Waterpass dalam Pekerjaan Konstruksi

Memahami Pentingnya Fungsi Waterpass dalam Pekerjaan Konstruksi

13 Februari 2023

Contoh Wastafel Minimalis Terbaik untuk Rumah yang Lebih Nyaman

Contoh Wastafel Minimalis Terbaik untuk Rumah yang Lebih Nyaman

7 Januari 2023

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Jenis Drainase Hingga Contohnya 

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Jenis Drainase Hingga Contohnya 

31 Desember 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it