Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Tips dan Rekomendasi Desain Kamar Mandi Minimalis

may.rahmadi
Kamar Mandi Minimalis (Pixabay)
Kamar Mandi Minimalis (Pixabay)

Tren desain minimalis kini makin diminati oleh banyak orang, keterbatasan ruang dalam sebuah rumah memang menuntut orang untuk memaksimalkan ruang minimal namun tetap menghadirkan estetika dan kenyamanan bagi para penghuni. Tak terkecuali untuk kamar mandi yang kini juga mulai banyak menggunakan desain-desain minimalis. 

Kamar mandi minimalis menjadi tren desain interior yang semakin populer akhir-akhir ini. Selain memberikan tampilan yang modern dan elegan, kamar mandi minimalis juga sangat fungsional dan dapat menambah nilai estetika pada rumah sehingga banyak orang mendesain kamar mandinya dengan minimalis.

Tips Mendesain Kamar Mandi Minimalis

Nah, mungkin kamu perlu tahu beberapa tips mendesain kamar mandi minimalis supaya lebih memudahkan kamu dalam berkreasi. Berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk kamu yang ingin mendesain kamar mandi minimalis.

1. Warna utama yang netral

Pemilihan warna akan sangat menentukan nuansa dalam kamar mandimu, memilih warna utama yang netral dapat menjadi langkah pertama dalam mewujudkan kamar mandi minimalis.

Warna netral seperti putih, abu-abu, dan beige sangat ideal untuk kamar mandi minimalis. Warna-warna ini memberikan kesan bersih dan elegan pada ruangan. Jangan takut untuk menambahkan aksen warna yang lebih mencolok seperti hitam atau merah pada beberapa bagian dinding atau aksesoris.

2. Gunakan Perabot Sederhana

Mengusung desain minimalis, kamu perlu menggunakan perabot dalam kamar mandi yang sederhana untuk menghasilkan kesan kamar mandi minimalis. Perabotan dan aksesoris yang memiliki bentuk minimalis, tak hanya akan membantu kamu menciptakan suasana yang luas dan lapang namun juga memberikan kesan mewah dan elegan.

Pilihlah wastafel dengan bentuk yang sederhana dan tanpa banyak detail. Gunakan shower atau bak mandi dengan bentuk minimalis dan simpel.

3. Gunakan Cermin Besar

Sebagai kontras dalam perabot yang sederhana dengan warna yang netral, kamu perlu meletakan cermin yang besar untuk semakin memberikan kesan luas sekaligus mendukung desain kamar mandi minimalis kamu. Cermin memberikan kesan lebih luas pada ruangan dan memberikan kesan modern dan elegan. 

4. Gunakan Pencahayaan yang Optimal

Pencahayaan yang optimal juga menjadi salah unsur dalam mendukung desain kamar mandi yang minimalis. Pastikan kamu memilih pencahayaan yang baik untuk memberikan tampilan yang lebih baik pada ruangan. Gunakan lampu dengan intensitas cahaya yang sesuai dan pastikan cahaya merata di seluruh ruangan.

5. Gunakan Lemari Dinding

Untuk mendukung desain kamar mandi minimalis kamu juga dapat menambahkan lemari yang menempel pada dinding untuk membantu dalam membuat kamar mandi minimalis terlihat lebih rapi dan terorganisir.

Gunakan rak atau lemari dinding yang sesuai dengan desain kamar mandi minimalis kamu. Pastikan rak atau lemari dinding tersebut tidak memakan terlalu banyak ruang dan tetap memberikan kesan minimalis pada ruangan.

6. Pilih Material yang Sesuai

Selain menggunakan perabot dan warna cat yang sesuai, kamu juga tidak bisa melupakan aspek material bangunan. Untuk mendesain kamar mandi minimalis, pilihlah bahan bangunan yang cocok.

Gunakan keramik atau batu alam untuk lantai atau dinding kamar mandi. Bahan-bahan ini memberikan kesan yang lebih natural dan terlihat elegan. Pastikan kamu memilih bahan bangunan yang berkualitas untuk memberikan kekuatan dan ketahanan pada kamar mandi minimalis kamu.

7. Gunakan Peralatan Mandi Fungsional

Kamar mandi minimalis biasanya memiliki ruang yang terbatas, oleh karena itu, pilihlah peralatan mandi yang fungsional dan dapat digunakan secara efektif. Misalnya, gunakan shower daripada bathtub, atau pilih toilet duduk yang lebih ramping dan modern.

Dengan mengikuti tips di atas, semoga kamu dapat membuat kamar mandi minimalis yang nyaman dan fungsional. Kamar mandi minimalis tidak hanya memberikan tampilan modern dan elegan pada rumah kamu, namun juga dapat menambah nilai estetika pada rumah kamu. Untuk memudahkan kamu, silahkan lihat daftar desain kamar mandi minimalis di bawah ini ya!

Rekomendasi Desain Kamar Mandi Minimalis

Lalu seperti apa, sih, desain kamar mandi minimalis yang bagus dan mudah dibuat? Ada beberapa gaya kamar mandi minimalis yang bisa kamu tiru. Berikut ini di antaranya:

1. Nuansa Putih

Warna putih tentu saja menjadi pilihan utama dalam mendesain kamar mandi minimalis. Oleh karenanya, dominasi warna putih perlu menjadi rekomendasi pertama dalam mendesain kamar mandi minimalis, sebab putih menimbulkan kesan elegan sekaligus bersih dan lapang. 

Kamu juga tidak perlu memberikan banyak aksesoris dan perabot untuk menambah daya minimalis. Selanjutnya kamu bisa meletakkan tempat pembuangan air dengan cara memanjang di sisi dinding, ditambah memadukan beberapa jenis keramik yang juga berwarna putih.

2. Back in Black

Selain putih, warna netral selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan dalam mendesain kamar mandi selanjutnya adalah hitam. Akan lebih baik lagi jika kamu menambahkan aksen putih di beberapa perabotan untuk memunculkan kesan kontras yang tinggi sekaligus monokrom. Peletakan perabot juga dapat kamu tata dengan pada sisi-sisi dinding untuk menambahkan kesan lega pada kamar mandi minimalis kamu. 

3. Gaya Japandi

Jepang selalu memberikan inspirasi desain yang simpel dan elegan. Tak terkecuali dalam mendesain kamar mandi minimalis impianmu. Apalagi jika dipadukan dengan gaya skandinavia sehingga menimbulkan gaya desain anyar bertajuk Japandi dan kini makin popular di Indonesia.

Gaya Japandi fokus dalam menggunakan warna-warna pastel dan memadukannya dengan unsur alam. Seperti menggunakan rak sekaligus dudukan wastafel dengan warna kayu cokelat muda merupakan warna utama pada gaya Japandi. Pemilihan wastafel dengan bentuk yang unik juga menjadi fokus. Tak hanya itu, penggunaan wall panel pada salah satu sisi dinding kamar mandi juga terasa estetik. 

4. A la Korea

Gaya lain yang sering jadi kiblat desain kamar mandi minimalis di Indonesia saat ini adalah gaya Korea. Fokusnya adalah untuk memadukan warna-warna lembut dengan kontras yang tinggi seperti penggunaan keramik bermotif kotak-kotak, dan hanya menambahkan perabot yang fungsional. 

5. Konsep Industrial

Rekomendasi kamar mandi minimalis selanjutnya adalah gaya industrial yang kini juga mulai meningkat popularitasnya. Tanpa polesan, konsep kamar mandi minimalis industrial dapat diwujudkan misalnya dengan penggunaan lantai teraso, dinding plester ditambah cermin buram. Selain menimbulkan kesan estetik, nuansa minimalis juga sangat kental terasa.

Itulah tips dan rekomendasi dalam mendesain kamar mandi minimalis. Dengan ruang yang terbatas, desain kamar mandi minimalis bisa menjadi solusi yang tepat untuk ruangan yang kecil dan terbatas pemilihan warna yang tepat, peralatan mandi yang fungsional, penggunaan cermin besar dan bisa kamu pertimbangkan sebagai unsur dalam mendukung desain minimalis kamu.

Namun yang paling penting, aspek kenyamanan dan fungsional tetap akan kamu dapatkan meskipun kamu memilih desain minimalis untuk kamar mandi.

Sekarang kamu sudah mengerti bagaimana tips dan rekomendasi kamar mandi minimalis, kan? Jadi, jangan ragu untuk mulai mendesain, ya! Lalu apabila kamu adalah pengusaha yang ingin memulai bisnis bahan bangunan atau mencari peluang usaha bahan bangunan, kamu bisa gabung Bukabangunan untuk dapatkan stok jualan material terbaik dan termurah.

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Info Shower Holder Terbaik dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

Info Shower Holder Terbaik dengan Harga Terjangkau di BukaBangunan

25 Maret 2023

Info Rak Toilet dan Kamar Mandi Murah di BukaBangunan

Info Rak Toilet dan Kamar Mandi Murah di BukaBangunan

24 Maret 2023

Info Selang Shower Murah Berkualitas di BukaBangunan

Info Selang Shower Murah Berkualitas di BukaBangunan

24 Maret 2023

Memahami Pentingnya Fungsi Waterpass dalam Pekerjaan Konstruksi

Memahami Pentingnya Fungsi Waterpass dalam Pekerjaan Konstruksi

13 Februari 2023

Contoh Wastafel Minimalis Terbaik untuk Rumah yang Lebih Nyaman

Contoh Wastafel Minimalis Terbaik untuk Rumah yang Lebih Nyaman

7 Januari 2023

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Jenis Drainase Hingga Contohnya 

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Jenis Drainase Hingga Contohnya 

31 Desember 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it