Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Rekomendasi Merek Keramik Terbaik, yang Berkualitas dan Tahan Lama

may.rahmadi
Ilustrasi perempuan memilih keramik lantai (123rf)
Ilustrasi perempuan memilih keramik lantai (123rf)

Memilih keramik terkesan remeh temeh bagi sebagai orang saat membangun atau merenovasi rumah. Padahal fungsi keramik cukup vital dalam sebuah rumah. Tak hanya sebagai hiasan semata, keramik yang memilik kualitas baik, dengan daya tahan lama bisa membuatmu menghemat biaya-biaya perawatan rumah. Makanya pilih merek keramik terbaik yang sudah teruji kualitasnya. Dan jika kamu tertarik untuk berjualan bahan bangunan seperti keramik atau ingin merintis bisnis toko bangunan, kamu bisa gabung Bukabangunan untuk dapetin stok bahan bangunan terbaik dan menguntungkan.

Jangan asal memilih keramik dengan harga miring, karena kualitas dan daya tahan perlu menjadi pertimbangan utama. Nah merek-merek yang sudah teruji biasanya menawarkan hal tersebut meskipun dengan harga yang lebih tinggi. Namun sebanding dengan keunggulan yang biasa ditawarkan merek keramik terbaik di pasaran. 

Di pasaran sendiri banyak merek keramik yang beredar, untuk memudahkan kamu, di bawah ini merupakan daftar merek keramik terbaik yang bisa kamu simpan. 

Pertimbangan dalam Memilih Merek Keramik Terbaik

Sebelum mengetahui daftar merek keramik terbaik yang beredar di pasaran, kamu juga perlu mengetahui pertimbangan-pertimbangan apa saja sebelum membeli keramik. Berikut rangkuman singkatnya: 

1. Standar Internasional

Pembuatan keramik yang baik pasti memiliki standar, akan lebih baik jika saat kamu ingin menentukan merek keramik terbaik yang ingin kamu beli memiliki standar pembuatan secara internasional.

Standardisasi ini penting agar setiap keramik memiliki kualitas serta keunggulan yang merata. Saat ini ada standar ISO 13006 tentang pembuatan keramik yang bisa kamu jadikan acuan saat memilih merek keramik terbaik. 

2. Utilitas

Seiring perkembangan zaman, keramik yang dahulu hanya dipergunakan sebagai barang pecah belah untuk keperluan dekoratif kini memiliki fungsi yang lebih luas. Mulai dari keramik lantai, keramik dinding, hingga penggunaan khusus seperti keramik kamar mandi, dapur, dan lainnya.

Merek keramik terbaik mayoritas akan menawarkan utilitas yang baik, alias menyediakan jenis keramik yang beragam. Selain akan memudahkanmu berbelanja, utilitas ini juga menandakan kualitas produksi yang merata antar jenis keramik. 

3. Lapisan

Keramik pada umumnya dibuat dari tanah liat yang diberikan lapisan khusus. Lapisan ini memiliki peran yang sangat penting, selain sebagai pewarna, ia juga memiliki fungsi untuk menjaga struktur tanah liat dalam keramik. 

Merek keramik terbaik biasanya menggunakan lapisan-lapisan berkualitas tinggi yang tahan beragam cairan, benturan, hingga gesekan. Pilihlah merek keramik terbaik dengan pelapis dengan teknologi tinggi. 

4. Daya Tahan

Teknologi pelapisan keramik juga akan membantu keramik memiliki daya tahan yang lama. Merek keramik terbaik biasanya juga menawarkan daya tahan yang lama, sehingga akan membantu kamu menghemat biaya perawatan rumah. 

Merek-Merek Keramik Terbaik

1. Roman

Merek keramik terbaik yang bisa jadi rekomendasi untukmu adalah Roman. Di Indonesia, Roman telah dikenal sebagai merek keramik terbaik yang menawarkan teknologi paling inovatif dan canggih sejak 1970-an awal. 

Pada industri keramik, Roman juga merupakan pemimpin pasar, dan telah mengantongi sertifikat ISO 130006. Merek Roman juga dikenal masyarakat di Indonesia dengan sistem rectification khasnya yang berasal dari Italia. 

Sistem tersebut bermanfaat untuk menghaluskan tepi keramik dengan presisi tinggi, sekaligus meminimalkan ketebalan nat keramik. Sementara Roman menawarkan ukuran keramik mulai dari 30 x 30 cm hingga 120 x 60 cm dengan beragam motif dengan harga Rp10.000 – 250.000

2. Indogress

Merek keramik terbaik lainnya yang terkenal karena kualitasnya adalah Indogress yang memiliki keunggulan dari material pembuatannya yang berasal dari batu granit pilihan. 

Material ini yang menunjang daya tahan mumpuni keramik Indogress sehingga menghasilkan mutu dan kualitas papan atas. Tak heran pula harga per lembar Indogress dipatok cukup mahal, mulai dari Rp130.000 – 370.000 per lembar. 

3. KIA

Merek keramik terbaik dan premium selanjutnya adalah KIA yang diproduksi PT keramika Indonesia Asosiasi. Jika kamu mementingkan material keramik, KIA bisa menjadi pilihan karena produksinya juga mengandalkan material dan bahan dasar pilihan, yang membuatnya juga memiliki mutu terbaik di kelasnya. 

Selain itu, KIA juga merupakan merek keramik terbaik dari aspek utilitasnya, karena menawarkan keramik lantai, keramik dapur, keramik dinding, hingga keramik khusus kamar mandi. Keramik Kia juga ditawarkan dengan ukuran, warna, dan motif yang beragam. Sementara harganya berada pada rentang Rp35.000 – 146.000

4. IKAD

Merek keramik terbaik selanjutnya adalah IKAD yang merupakan kependekan dari produsennya yaitu PT Industri Keramik Angsa Daya. Mengandalkan teknologi pelapisan asal Italia yang telah berstandar global, Keramik IKAD memiliki ketahanan terhadap cairan kimia, zat perusak warna, goresan, dan benturan yang sangat baik.

Selain menawarkan keunggulan teknologi pelapisan, merek keramik terbaik ini juga memberikan pola dan kombinasi warna yang sangat banyak, mulai dari marble series, retro, mozaic, minimalis, hingga stone. IKAD dibanderol mulai dari Rp44.500 – 124.000

5. Platinum

Merek keramik terbaik selanjutnya adalah platinum besutan PT Platinum Ceramics Industry yang telah malang melintang dalam industri keramik nasional. Keunggulan utama platinum adalah produksinya yang mengandalkan teknologi modern berupa otomatisasi digital. 

Teknologi ini dapat menghasilkan keramik berkualitas tinggi dengan lapisan dan daya tahan mumpuni. Selain itu, Merek keramik terbaik Platinum juga menawarkan banyak motif maupun warna yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kamu. Adapun harga jual per lembar Platinum berkisar Rp44.000 – 66.000.

6. Asia Tiles

Selain dengan merek Platinum, PT Platinum Ceramics Industry menawarkan merek keramik terbaik lainnya yaitu Asia Tiles. Merek keramik terbaik ini menawarkan keunggulan higienis, dan aman terhadap kuman dan virus. Sebab, Lapisan glazur pada permukaannya dibuat dengan teknologi yang tinggi, sehingga keramik lebih mudah untuk dibersihkan. 

Sayangnya, pilihan warna atau motif Asia Tiles lebih minim dibandingkan kakaknya yaitu Platinum yaitu mayoritas berwarna gelap. Maklum Asia Tiles memang diproduksi khusus untuk mengisi segmen pasar di bawah Platinum. Harga per lembar Asia Tiles juga lebih murah di kisaran Rp35.000 – 54.000.

Meski demikian, Asia Tiles merupakan merek keramik terbaik yang berkontribusi terbesar penjualan PT Platinum Ceramics Industry dibandingkan Platinum. Karena harganya yang relatif murah ditambah kualitas jempolan, masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan Asia Tiles. 

7. Mulia

Dengan rentang harga yang tak berbeda jauh dengan Asia Tiles, Mulia bisa kamu catat sebagai merek keramik terbaik selanjutnya. Apalagi jika kamu memiliki perhatian khusus terhadap warna dan motif yang ditawarkan. Mulai menawarkan keramik terbaik dengan desain yang mewah nan elegan. 

Pilihan motifnya beragam mulai dari batu alam, natural, hingga permata, sementara warnanya juga relatif banyak mulai dari glossy white, premium white, zetta beige, vigo mocha, tropical beige, triana grey, kanaya grey, dan lainnya.

Keunggulan lain yang dimiliki Mulia adalah utilitasnya yang baik, karena selain menawarkan keramik lantai, Mulia juga menyediakan keramik dekoratif, dan keramik dinding. Maka tak salah, Mulia yang dibanderol dengan harga Rp38.500 – 63.500 masuk dalam jajaran merek keramik terbaik. 

8. Milan

Merek keramik terbaik yang juga sangat akrab digunakan masyarakat Indonesia adalah Milan. Sebagaimana namanya yang terinspirasi dari kota mode asal Italia, Milan memproduksi keramik berkualitas tinggi dengan warna dan pola yang sangat khas. 

Milan yang mulai populer di Indonesia sejak 1990-an awal telah berkali-kali menyabet penghargaan pada industri keramik global yang menunjukkan kualitasnya diakui secara internasional. Adapun per lembar keramik Milan berharga Rp43.500- 111.200.

Setelah mengetahui rekomendasi merek keramik terbaik di pasaran, kamu bisa tentukan sendiri pilihanmu sesuai dengan biaya, selera, serta kebutuhanmu. Jangan lupa perhatikan beberapa pertimbangan yang telah dipaparkan sebelumnya sebelum menentukan pilihanmu, ya!

 

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Beda Granit dan Keramik: Pertimbangan yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih

Beda Granit dan Keramik: Pertimbangan yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih

29 Maret 2023

9 Perbedaan Marmer dan Granit serta Tips Memilihnya untuk Kebutuhan Rumah

9 Perbedaan Marmer dan Granit serta Tips Memilihnya untuk Kebutuhan Rumah

29 Maret 2023

Jangan Boros! Ketahui Cara Menghitung Kebutuhan Keramik yang Benar

Jangan Boros! Ketahui Cara Menghitung Kebutuhan Keramik yang Benar

8 Maret 2023

Pilihan Warna Keramik Lantai yang Bagus untuk Rumah Idaman

Pilihan Warna Keramik Lantai yang Bagus untuk Rumah Idaman

31 Desember 2022

11 Contoh Keramik Kamar Mandi yang Cocok untuk Rumah Minimalis

11 Contoh Keramik Kamar Mandi yang Cocok untuk Rumah Minimalis

13 September 2022

10 Jenis Keramik yang Umum Dipakai pada Rumah dan Bangunan Lainnya

10 Jenis Keramik yang Umum Dipakai pada Rumah dan Bangunan Lainnya

13 September 2022

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it