Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Yuk, Simak Pengertian, Manfaat dan Contoh RAB Bangunan

Dewi Maharani IR
Contoh RAB Bangunan
Contoh RAB Bangunan

Kamu dapat melihat berbagai contoh RAB bangunan yang tersedia di internet. RAB sendiri merupakan bagian penting dari dokumen properti ketika kamu sedang berencana membangun sesuatu. Sebaiknya kamu membuat rab terlebih dahulu, terlepas apakah bangunan tersebut merupakan tempat tinggal, toko atau apapun itu. Dan kamu bisa juga gabung dan memulai usaha toko bangunan modal kecil di Bukabangunan untuk mendapatkan stok jualan bahan bangunan dan material mu terlengkap dan termurah!

RAB sendiri sering dilupakan karena mungkin beberapa orang merasa terlalu memakan waktu untuk membuatnya. Padahal dengan melihat contoh RAB bangunan atau membayar orang untuk mengerjakannya hanya akan memakan waktu beberapa hari tapi setelahnya sangat membantu untuk urusan dokumen properti. Artikel ini akan membantu menjelaskan mengenai contoh RAB bangunan beserta hal-hal lainnya.

 

Tentang RAB

Meskipun saat ini sudah banyak orang yang memilih tinggal di apartemen atau bangunan sejenisnya, tapi masih banyak juga mereka yang ingin tinggal di rumah sendiri. Beberapa dari mereka membangun dan sisanya membeli rumah jadi. Banyak juga masyarakat yang menganggap membangun rumah sendiri merupakan bagian dari impian mereka.

Memang, membangun rumah sendiri mempunyai kepuasan tersendiri. Membuatnya mulai dari tanah atau menghancurkan bangunan jadi tak akan jadi masalah jika seseorang menginginkan untuk membuat bangunan tersebut dari awal. Dengan membuat sendiri, maka sang pemilik bangunan dapat mengakomodir hal-hal yang ia inginkan ataupun butuhkan.

Saat ia akan mendirikan bangunan yang ia mau, banyak hal yang harus ia lakukan. Salah satunya adalah membuat contoh RAB bangunan. Apa itu RAB? RAB sendiri merupakan akronim dari Rencana Anggaran Biaya. Seperti namanya, rab sendiri berhubungan dengan pembuatan anggaran.

 

Manfaat RAB

Sama seperti pembuatan anggaran untuk berbagai hal lainnya, contoh RAB bangunan juga dibuat untuk menentukan biaya yang akan dibutuhkan dalam pembangunan bangunan tersebut, apalagi akan banyak komponen yang dibutuhkan dalam pembangunan. Jadi, membuat contoh RAB bangunan adalah sebuah pilihan yang bijak. 

Baca Juga: Info Harga Distributor Kotak Perkakas di BukaBangunan

Selain itu, pembuatan bangunan sendiri melibatkan cukup banyak sumber daya. Jangan sampai pembangunan bangunan tersebut nantinya malah mangkrak atau malah tidak jadi. RAB digunakan untuk menghindari hasil seperti itu. Berikut adalah beberapa manfaat dari rab

  • Membuat Biaya Lebih Efektif

Salah satu manfaat utama dari membuat contoh RAB bangunan adalah membuat biaya yang dikeluarkan lebih efektif. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bangunan baik rumah ataupun toko membutuhkan berbagai bahan serta komponen yang dibutuhkan. Akan sangat menyulitkan jika kamu mengeluarkan biaya-biaya tersebut secara spontan. 

Dengan adanya rab pada bangunan, kamu bisa membuat biaya yang dikeluarkan jauh lebih efektif. Hal tersebut dikarenakan sebelum melakukan eksekusi pengerjaan, kamu sudah tahu bahan apa yang dibutuhkan berdasarkan keinginannya mendirikan sesuatu. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bahan dan alat yang tidak perlu dalam proses pembangunannya.

  • Menentukan Waktu Pembangunan

Dengan adanya contoh RAB bangunan, kamu dan kontraktor bisa menentukan waktu yang dibutuhkan untuk membangun bangunan tersebut, apalagi waktu pembangunan kerap kali menjadi masalah bagi pemilik bangunan. Bagaimana tidak, terkadang pembangunan bisa molor hingga waktu yang jauh dari rencana awal. 

Adanya contoh RAB bangunan membuat pembangunan tersebut bisa lebih dikendalikan waktunya. Misalnya jika pemilik ingin membangun dalam waktu 2 bulan. Saat pembuatan contoh RAB bangunan, ia bersama kontraktor tersebut bisa menentukan berapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membangun bangunan tersebut dalam dua bulan.

  • Menyusun Material yang Dibutuhkan

Tidak jauh berbeda dengan manfaat sebelumnya, adanya contoh RAB bangunan membuat pemilik bersama kontraktor dapat mendata material yang diinginkan dan dibutuhkan. Setiap bangunan tentu membutuhkan material yang berbeda berdasarkan tujuan pembuatan bangunan tersebut.

Belum lagi keinginan pemilik bangunan bisa mempengaruhi material yang akan digunakan untuk pembangunan. Adanya contoh RAB bangunan membuat semua hal tersebut tercatat dengan rapi. Hal tersebut membuat material yang dibutuhkan tersedia sesuai kebutuhan dan juga material kecil juga didata dengan baik.

 

Langkah-langkah Membuat Contoh RAB Bangunan

 

  • Persiapan Gambaran Rencana Bangunan

Langkah pertama yang harus dijalankan dalam membuat contoh RAB bangunan adalah menyiapkan rencana bangunan yang akan dibangun dalam gambaran. Baik itu untuk tempat tinggal pribadi, kantor, ataupun toko. Pemilik tentu mempunyai gambaran kasar seperti apa bentuk bangunan yang ia inginkan. 

Adanya gambaran membuat menyusun contoh RAB bangunan menjadi lebih mudah. Karena saat menentukan desain secara detail, tentu kamu juga harus menentukan material apa yang dibutuhkan serta alat-alat apa yang akan digunakan nantinya. Dengan begitu, pekerjaan bisa dikerjakan secara rapi.

  • Kalkulasi Volume Pekerjaan

Ketika sudah mendapatkan gambaran dari rancangan desain, langkah selanjutnya dalam pembuatan contoh RAB bangunan adalah kalkulasi volume pekerjaan. Material yang sudah dicatat tentunya mempunyai satuan hitungannya masing-masing. Dari situ, kamu sudah dapat menghitung volume dari material yang dibutuhkan.

 

  • Menghitung Harga Satuan Material

Setelah mendapatkan hitungan jumlahnya, kamu bisa mencari tahu harga satuan untuk material yang dibutuhkan dalam langkah selanjutnya pada proses pembuatan contoh RAB bangunan. Harga satuan tersebut dibutuhkan oleh pemilik agar dapat menghitung harga total pengeluaran yang harus dikeluarkan nantinya. Riset harga dapat dilihat dari toko bangunan yang tersedia di sekitar lokasi pembangunan tersebut.

  • Jumlahkan Total Biaya

Setelah mendapatkan komponen yang dibutuhkan dalam penghitungan, kamu sudah bisa menjumlahkan total biaya yang dibutuhkan untuk membuat contoh RAB bangunan. Caranya masih sama, yakni menghitung harga satuan dikali dengan volume yang dibutuhkan untuk kemudian ditotalkan. Kemudian, kamu akan menemukan hasil untuk membuat contoh RAB bangunan. Berikut adalah contoh sub RAB untuk kamar mandi

1

Pipa pvc 1/2" instalasi air

m'

30

25,000

750,000

2

Septic Tank

Unit

1

5,000,000

5,000,000

3

Pasang Bak 

Buah

2

650,000

1,300,000

4

Pasang bak stainless cuci piring

Buah

1

180,000

180,000

5

Keran air

Buah

5

35,000

175,000

6

Pasang Toilet Jongkok

Buah

2

500,000

1,000,000

7

Pasang Wastafel

Buah

1

450,000

450,000

Total

       

8,850,000

 

Selain itu, kamu dapat menjumlah sub ruangan lainnya untuk membentuk total RAB sehingga nantinya kamu bisa menjumlahkan biaya yang dibutuhkan dalam membangun rumah secara keseluruhan. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mempunyai visi yang jelas terkait rumah atau bangunan yang ingin kamu bangun.

Baca Juga: Bahan Bangunan Penting: Panduan untuk Konstruksi yang Aman dan Tahan Lama

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai contoh RAB bangunan, mulai dari manfaatnya serta langkah-langkah pembuatannya. Adanya rab diharapkan dapat membantumu untuk membangun sesuatu menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

Pada zaman dengan kemajuan teknologi ini, tentu semua lebih mudah jika dilakukan serba online. Hal itu termasuk juga dalam berbelanja bahan bangunan. Mulai dari pasir hingga pintu, kamu dapat membelinya di BukaBangunan. Dengan membeli online, kamu bisa melihat harga dan unit yang tertera sehingga transparan. Untuk info lebih lanjut, kunjungi langsung BukaBangunan!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Pajak Bumi dan Bangunan: Pengertian dan Cara Hitungnya

Pajak Bumi dan Bangunan: Pengertian dan Cara Hitungnya

8 April 2023

Yuk, Simak Pengertian, Manfaat dan Contoh RAB Bangunan

Yuk, Simak Pengertian, Manfaat dan Contoh RAB Bangunan

8 April 2023

Prosedur Mudah untuk Mendapatkan Hak Guna Bangunan

Prosedur Mudah untuk Mendapatkan Hak Guna Bangunan

8 April 2023

Cara Mudah Mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan

Cara Mudah Mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan

8 April 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it