Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Inilah Fungsi Kunci Inggris dan Rekomendasi Terbaik Saat Membelinya

Ardito Wahyu Octian
Kunci inggris memiliki banyak kegunaan (Foto: 123rf)
Kunci inggris memiliki banyak kegunaan (Foto: 123rf)

Hampir semua orang pasti mengenal atau bahkan pernah menggunakan kunci inggris. Bisa dikatakan, kunci inggris sangat terkenal jika dibandingkan dengan jenis kunci lainnya. Hal itulah yang membuat kunci inggris begitu dikenal dan mudah diingat.

Mungkin bagi sebagian orang, fungsi kunci inggris lebih banyak untuk memasang mur. Meskipun begitu, penggunaan kunci inggris sendiri bisa jadi lebih dari sekadar hal tersebut. Bahkan, di dalam artikel ini, kita pun akan bahas rekomendasi terbaik ketika membeli kunci inggris.

 

 

Asal Usul Kunci Inggris

Sebelum mengenal fungsi kunci inggris, kita harus tahu dulu seperti apa sejarahnya. Pada dasarnya, kunci inggris memiliki banyak nama seperti kunci baco, adjustable wrench, dan adjustable spanner. Untuk saat ini, ada dua pendapat berbeda soal penemu kunci inggris. Pendapat yang pertama dikatakan bahwa kunci inggris ditemukan oleh pria asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842.

Lalu, untuk pendapat yang kedua adalah kunci inggris ditemukan pria asal Swedia bernama Johan Petter Johansson. Dia menyempurnakan desain spanner buatan Clyburn dan mengubah desain kunci inggris dengan rahang yang dapat digerakkan. Setahun kemudian, dia kembali memperbarui fungsi kunci inggris dan menjadi benda yang kita kenal saat ini.

 

Baca Juga: 10 Bahan Baku Material Bangunan Terbaik untuk Rumah Modern, Apa Saja?

 

Fungsi Kunci Inggris

Kunci inggris memiliki banyak fungsi (Foto: 123rf)
Kunci inggris memiliki banyak fungsi (Foto: 123rf) 

Dengan bentuk yang sudah dibuat sedemikian rupa, fungsi kunci inggris adalah sebagai berikut:

1. Mengencangkan benda-benda

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa fungsi kunci inggris adalah untuk mengencangkan baut. Meskipun begitu, ternyata fungsi kunci inggris bisa lebih dari itu. Dengan menggunakan kunci inggris, kamu bisa mengencangkan benda-benda seperti mur dan juga pipa besi.

Meskipun bisa digunakan untuk baut, mur, dan pipa besi, namun tidak disarankan pada beban berat. Hal tersebut dikarenakan sifatnya terlalu fleksibel terhadap ukuran benda. Ditambah lagi, sistem pengunciannya cenderung kurang amandan bisa membuat perkakas rawan patah.

2. Alternatif dari kunci pas dan kunci ring

Selain dapat mengencangkan benda-benda di poin sebelumnya, fungsi kunci inggris lainnya adalah sebagai alternatif dari berbagai kunci lainnya, seperti kunci ring dan kunci pas. Pada dasarnya, pembuatan kunci inggris ini memang sebagai alternatif dari fungsi kunci pas dalam melepas atau mengencangkan baut serta mur.

Bahkan, fungsi kunci inggris ini juga bisa sebagai alternatif penolong saat ukuran mur atau baut justru tidak sesuai dengan kunci ring yang ada. Kamu hanya perlu memutar penyetelnya untuk menyesuaikan dengan baut atau mur yang akan dipakai. Meskipun dapat digunakan sebagai pengganti, kamu tetap harus persiapkan kunci pas dan kunci ring.

 

Baca Juga: 10 Jenis Besi Konstruksi yang Sering Dipakai pada Proyek Bangunan

 

Rekomendasi Kunci Inggris Terbaik

Ada beberapa merk kunci inggris yang bisa jadi pilihan (Foto: 123rf)
Ada beberapa merk kunci inggris yang bisa jadi pilihan (Foto: 123rf)

Setelah kamu mengetahui fungsi kunci inggris, maka selanjutnya adalah cara memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut.

1. MultiPro Kunci Inggris – Adjustable Wrench Black Nickle

Pertama adalah kunci inggris dari brand MultiPro. Kualitas dari kunci inggris satu ini tidak perlu kamu ragukan lagi. Hal itu dikarenakan produk ini dibuat dari nikel hitam sehingga tahan terhadap korosi.

Bahkan, kunci inggris satu ini sudah menggunakan sertifikasi Geprufte Sicherheit (GS). Artinya, produk ini sudah mendapatkan standar keselamatan dan kesehatan alat teknis asal Jerman. Dengan berbagai keunggulan tersebut, maka fungsi kunci inggris di dalamnya bisa jadi lebih maksimal.

2. SATA Tools Kunci Inggris 24 Inch Adjustable Wrench

Berikutnya ada produk terbaik lainnya yang dapat memberikan fungsi kunci inggris secara maksimal, yakni SATA Tools. Kunci inggris dari SATA Tools ini memiliki ukuran yang besar, yakni sekitar 24 inci. Dengan menggunakan ukuran tersebut, maka produk ini sangat cocok untuk melepas mur dan baut yang ukurannya juga sangat besar. Kamu bisa menggunakan kunci inggris ini pada kendaraan seperti mobil, truk, hingga kontainer. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan kunci inggris yang satu ini untuk memperbaiki mesin-mesin industri.

3. Nankai Kunci Inggris Serbaguna

Bisa dikatakan, kunci inggris dari merk Nankai ini paling unik di antara lainnya. Hal tersebut dikarenakan kunci inggris ini dilengkapi dengan berbagai alat atau komponen lain yang lebih serbaguna. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan fungsi kunci inggris seperti mengencangkan baut, memotong benda, hingga membuka tutup botol.

Dari segi desainnya sendiri termasuk ringkas dan bisa dilipat untuk memudahkan penggunanya dalam membawa produk tersebut ketika travelling. Bahkan, kunci inggris ini dapat dijadikan sebagai survival kit untuk dibawa ketika menjelajah alam, seperti berkemah, hiking, atau melakukan touring.

4. Ingco Adjustable Wrench Industrial

Berikutnya ada kunci inggris dari merk Ingco yang bisa menjadi pertimbangan lainnya. Produk ini sudah dilengkapi dengan kemasan hanger berbahan plastik. Dengan begitu, kunci inggris ini tidak membutuhkan wadah penyimpanan khusus. Kamu bisa menyimpannya dengan cara digantung pada tembok gudang, bengkel, atau bisa juga ruangan lainnya.

Produk ini juga memiliki handle yang unik, yakni warnanya yang two tone. Warna tersebut merupakan perpaduan hitam dan orange yang sangat mencolok. Bagian pegangannya juga bertekstur dan bergerigi sehingga fungsi kunci inggris bisa digunakan dengan baik.

5. Sherlock Kunci Inggris

Sherlock kunci inggris merupakan salah satu produk yang bisa kamu coba selanjutnya. Merk yang satu ini memproduksi kunci inggris dengan ukuran yang pas dan memiliki permukaan yang halus. Selain itu, produk ini juga sangat ideal untuk kamu yang menginginkan kunci inggris dengan ukuran yang sangat presisi.

Karena dibuat dari baja, alat ini juga mempunyai durabilitas yang sangat baik dan mampu memaksimalkan fungsi kunci inggris dengan baik. Oleh sebab itu, produk ini sangat baik untuk para pekerja kontraktor untuk melakukan tugas yang berat.

 

 

6. Krisbow Set 2 Pcs Kunci Inggris Universal 10-32 mm

Bisa dikatakan, kunci inggris ini memiliki keunikan saat melakukan pembelian. Hal itu dikarenakan kamu bisa dapat dua buah kunci inggris universal saat membelinya. Selain itu, jika kunci inggris lainnya dilengkapi dengan ulir penyetel, maka pada produk ini justru didesain tanpa ulir. Sebagai gantinya, kunci inggris ini mempunyai rahang pengait yang fleksibel.

Dengan begitu, rahangnya dapat terbuka pada berbagai ukuran dengan mudah. Kamu bisa mengendurkan dan juga mengencangkan berbagai ukuran mur dan baut dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, berbagai fungsi kunci inggris lainnya juga bisa digunakan seperti mengencangkan dan juga membuka pipa besi.

7. Freed Kunci Inggris Heavy Duty

Terakhir, ada merk kunci inggris bernama Freed yang bisa dipertimbangkan. Desainnya termasuk unik dan fungsional sehingga membuatnya jadi pembeda dibandingkan produk lainnya. Pada bagian pegangannya memiliki lekukan yang pas di tangan sehingga kamu tidak perlu takut jika terasa licin.

Bahkan, menggunakan kunci inggris dari Freed ini bisa membuatmu terhindar dari kecelakaan kerja. Lapisan karetnya juga sangat tebal sehingga sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Hal itu juga bisa membuat fungsi kunci inggris lebih maksimal.

 

Baca Juga: 10 Jenis Kayu untuk Bangunan yang Terkenal Kuat dan Tahan Lama

 

Nah, itulah fungsi kunci inggris dan rekomendasi terbaik saat membelinya. Membeli barang-barang material seperti kunci inggris juga semakin mudah. Kini, ada BukaBangunan yang menyediakan bahan-bahan bangunan terlengkap serta jika kamu adalah seorang pengusaha yang ingin menjual bahan bangunan, kamu bisa memulai usaha toko bangunan dengan gabung di Bukabangunan. Mencari jenis-jenis kunci inggris untuk keperluan mu pun jadi semakin cepat dan praktis!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Mengapa Baut Mengalami DOL? Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya

Mengapa Baut Mengalami DOL? Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya

29 Maret 2023

Pengertian Torsi Baut, Cara Mengontrol, dan Tabel Rekomendasinya

Pengertian Torsi Baut, Cara Mengontrol, dan Tabel Rekomendasinya

29 Maret 2023

Info Mesin Blower Angin Terbaik di BukaBangunan

Info Mesin Blower Angin Terbaik di BukaBangunan

24 Maret 2023

 Info Harga Distributor Kotak Perkakas di BukaBangunan

Info Harga Distributor Kotak Perkakas di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Supplier Mata Obeng Terlengkap dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

Info Supplier Mata Obeng Terlengkap dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Supplier Mata Sock dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

Info Supplier Mata Sock dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it