Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Fungsi Kunci Ring dan Rekomendasi Merk Terbaik Saat Membelinya

Ardito Wahyu Octian
Kunci ring harus dimiliki oleh pengguna kendaraan motor dan mobil (Foto: 123rf)
Kunci ring harus dimiliki oleh pengguna kendaraan motor dan mobil (Foto: 123rf)

Bagi sebagian orang yang memiliki kendaraan, pastinya mengenal benda bernama kunci ring. Pada dasarnya, kunci ring ini menjadi salah satu alat yang memegang peranan penting untuk perbaikan dan perawatan kendaraan otomotif. Oleh sebab itu, fungsi kunci ring ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki kendaraan bermotor.

Kunci ring juga disebut sebagai combination wrench. Sebab, produk ini mempunyai dua ujung dengan fungsi berbeda satu sama lain. Combination wrench ini bentuknya berupa gabungan antara shank kunci pas dan ring yang keduanya memiliki ukuran yang sama. Alat yang satu ini juga banyak digunakan karena dapat memenuhi dua kebutuhan sekaligus.

 

 

Fungsi Kunci Ring

Inilah fungsi kunci ring yang kamu harus kamu ketahui (Foto: 123rf)
Inilah fungsi kunci ring yang kamu harus kamu ketahui (Foto: 123rf)

Untuk mengetahui apa saja fungsi kunci ring, simak ulasannya di bawah ini.

1. Untuk membuka dan mengencangkan baut segi enam

Fungsi kunci ring pertama yang sering dipakai adalah dapat membuka dan mengencangkan baut segi enam. Di dalam dunia otomotif, penggunaan baut segi enam dapat ditemukan pada bagian apa pun. Contohnya ada di bagian bodi, mesin, hingga kelistrikan. Oleh sebab itu, kunci ring seolah-olah menjadi sebuah alat yang sangat wajib dimiliki para mekanik atau orang yang suka oprek kendaraan.

Keberadaan kunci ring menjadi sebuah pasangan yang pas untuk baut tersebut. Rumus paling umum yang berlaku untuk menggunakan kunci pas adalah putar searah jarum jam. Dengan memutar ke arah kanan atau searah jarum jam, maka baut bisa dikencangkan. Sedangkan untuk membuka baut harus diputar ke arah kiri atau melawan arah jarum jam.

Meskipun begitu, kamu harus perhatikan pada kasus tertentu seperti sebuah baut bisa mengadopsi reverse thread. Dengan begitu, arah putaran untuk mengencangkan dan membukanya adalah kebalikan dari paragraf sebelumnya.

2. Dapat digunakan jika ada ruang yang cukup

Pada dasarnya, fungsi kunci ring dapat berjalan ketika ada ruang yang cukup untuk menempatkannya saat mengelilingi baut. Hal tersebut dikarenakan semua sisi kunci ring tertutup dan berbentuk lingkaran. Contohnya bisa dilihat pada kendaraan motor roda dua. Sangat mustahil jika menggunakan kunci ring untuk mengencangkan atau melepas baut kaca spion. Sebab, tidak ada cara untuk dapat memasukkannya.

3. Jauh lebih aman untuk torsi lebih besar

Kunci ring memiliki bentuk lingkaran yang semua sisinya tertutup. Desain semacam ini membuatnya jauh lebih aman dan kuat saat mencengkeram setiap sisi baut segi enam. Bagian tersebut juga menjadi alasan fungsi kunci ring sangat tepat untuk mengencangkan baut.

Hal tersebut juga berlaku ketika ingin membuka baut yang terasa lebih keras dari seharusnya. Kunci ring sangat dibutuhkan pada kondisi tersebut. Tips tambahan lainnya pada baut yang sulit dibuka adalah dengan menyemprotkan cairan penetran terlebih dahulu. Cairan ini akan masuk ke sela-sela baut dan fungsinya seperti pelumas sehingga baut mudah dibuka.

 

Baca Juga: Inilah Pengertian Material Hingga Jenis-Jenisnya

 

Rekomendasi Merk Kunci Ring Terbaik

Inilah merk kunci ring terbaik yang bisa dibeli (Foto: 123rf)
Inilah merk kunci ring terbaik yang bisa dibeli (Foto: 123rf)

Setelah melihat fungsi kunci ring, maka selanjutnya adalah melihat rekomendasi merk kunci ring terbaik yang bisa kamu beli. Untuk mengetahuinya, simak ulasannya di bawah ini.

1. SATA Kunci Ring Pas Flexi Rapthet Metrik

Rekomendasi merk kunci ring pertama yang bisa kamu coba adalah dar SATA. Ujung tertutup pada kunci ring pas ini didesain dengan kepala fleksibel yang dapat ditekuk sampai sudut 90 derajat. Dengan menggunakan alat ini, maka kamu bisa membuka baut secara praktis bahkan dalam posisi dalam keadaan sulit dijangkau. Jika kamu memiliki anggaran yang lebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli alat ini. Hal itu dikarenakan kunci ring ini sudah dilengkapi dengan garansi seumur hidup dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

2. Total Tools Kunci Ring Pas Set 8 Pcs

Selanjutnya ada merk kunci ring yang bernama Total Tools yang memberikan keunikan tersendiri. Hal itu dikarenakan produk ini menyediakan wadah khusus seperti plastik hanger yang bisa digantungkan pada dinding. Dengan begitu, kamu dapat menggantungnya pada gudang atau tempat strategis lainnya. Selain itu, setiap set kunci ring sudah dipoles halus untuk mempercantik tampilannya. Dengan fungsi kunci ring yang spesifik tersebut, produk ini sangat cocok untuk penggunaan pribadi dibandingkan untuk bengkel.

3. Nankai Kunci Ring Pas Set 14 PC (8-32 mm)

Nankai kunci ring pas set 14 PC merupakan salah satu merk kunci ring yang bisa kamu pertimbangkan. Set produksi kunci ring ini juga merupakan paket lengkap yang terdiri dari empat belas ukuran. Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakannya untuk membuka dan juga mengencangkan berbagai macam ukuran baut pada benda apa pun.

Produk keluaran Nankai ini sangat cocok untuk kamu yang suka memperbaiki mesin dan juga kendaraan. Contohnya bisa pada seorang montir dan juga mekanik. Bahkan, produk ini juga dapat jadi pilihan untuk kamu yang ingin memaksimalkan fungsi kunci ring seperti membuka usaha bengkel.

 

Baca Juga: Keunggulan dan Manfaat Asbes untuk Material Bangunan dan Atap Rumah

 

4. Deli Ratchet Wrench/Kunci Ring Pas Bolak-Balik

Jika kamu menginginkan kunci ring yang mudah dipakai, maka bisa mencoba merk Deli satu ini. Produk yang satu ini sudah dilengkapi dengan 72 buah gigi pada ujung tertutupnya serta didesain dengan sudut 5 derajat. Dengan desain seperti itu, kamu bisa memutar baut dengan mudah walaupun pada tempat yang sulit dijangkau sekalipun. Bahkan, kamu dapat memaksimalkan fungsi kunci ring dengan memakai produk yang satu ini.

5. Stanley Combination Wrench Set 8 Pcs

Stanley Combination Wrench merupakan salah satu kunci ring yang sangat unik digunakan. Hal itu dikarenakan produk ini didesain dengan font yang besar. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan ketika mencarinya. Ditambah lagi, produk ini memiliki teknologi Maxi-Drive. Dengan begitu, produk ini mampu memfokuskan titik kekuatan pada ujung baut untuk mencegah terjadinya kerusakan. Keunggulan dari produk ini juga adalah mudah dibersihkan karena dipoles dengan finishing model matte.

 

 

6. Smarto Kunci Ring Pas

Kunci ring dari merk Smarto ini memiliki tampilan yang berbeda dengan produk lain. Jika pada umumnya kunci ring berwarna silver, maka pada produk ini datang dengan warna hitam yang tampak lebih garang. Oleh sebab itu, kunci ring ini sangat ideal untuk kamu yang menyukai alat pertukangan dengan tampilan gagah.

Dengan bahan yang terbuat dari bahan jenis chrome vanadium, fungsi kunci ring ini bisa memberikan kemudahan. Bahkan, metode pada kunci ring ini dibuat dengan metode drop forging agar dapat meningkatkan kekuatannya. Untuk segi kekuatannya, produk ini memang sangat andal digunakan.

7. Sherlock Kunci Ring Pas

Terakhir, ada kunci ring yang berasal dari merk Sherlock. Merk yang satu ini diklaim memiliki bobot ringan sehingga lebih nyaman digunakan. Walaupun bobotnya ringan, bodi kunci ring pas ini tetap kuat dan juga kukuh untuk mengendurkan atau mengencangkan baut.

Terlebih lagi, produk ini juga dibuat menggunakan standar ukuran Jerman, yakni DIN 3113 yang mengandalkan presisi. Kunci ring ini adalah solusi tepat untuk kamu yang mendambakan combination wrench yang mengunggulkan kekuatan dan ketepatan ukurannya.

 

Baca Juga: 9 Jenis Semen, Karakteristik, dan Fungsinya untuk Konstruksi.

 

Nah, itulah fungsi kunci ring dan rekomendasi merk terbaik saat membelinya. Semoga informasi ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Kamu juga bisa membeli barang-barang material seperti kunci ring di atas secara online di BukaBangunan ataupun jika kamu ingin menjual bahan material kamu bisa memulai usaha toko bangunan dengan gabung di Bukabangunan. BukaBangunan menyediakan bahan-bahan bangunan terlengkap. Mencari jenis-jenis kunci ring pun jadi semakin mudah, cepat, dan praktis.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Mengapa Baut Mengalami DOL? Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya

Mengapa Baut Mengalami DOL? Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya

29 Maret 2023

Pengertian Torsi Baut, Cara Mengontrol, dan Tabel Rekomendasinya

Pengertian Torsi Baut, Cara Mengontrol, dan Tabel Rekomendasinya

29 Maret 2023

Info Mesin Blower Angin Terbaik di BukaBangunan

Info Mesin Blower Angin Terbaik di BukaBangunan

24 Maret 2023

 Info Harga Distributor Kotak Perkakas di BukaBangunan

Info Harga Distributor Kotak Perkakas di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Supplier Mata Obeng Terlengkap dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

Info Supplier Mata Obeng Terlengkap dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

 Info Supplier Mata Sock dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

Info Supplier Mata Sock dengan Harga Terbaik di BukaBangunan

21 Maret 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it