Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Meteran Bangunan adalah : Pengertian dan Fungsinya

Dewi Maharani IR
Meteran Bangunan
Meteran Bangunan

Ketika kamu mendirikan sebuah bangunan, meteran bangunan adalah salah satu alat yang terlihat kecil namun kegunaannya sangat penting. Mengapa demikian? Karena pengukuran adalah hal dasar yang harus dipertimbangkan dengan benar dan matang sebelum memulai pekerjaan konstruksi. Oleh sebab itu, meteran bangunan sangat dibutuhkan. Dan jika kamu adalah pengusaha yang sedang membangun usaha toko bangunan untuk pemula, kamu bisa gabung di Bukabangunan untuk dapatkan stok bahan material terbaik dan menguntungkan.

Selain itu, pengukuran merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum pekerjaan konstruksi dimulai. Dengan mengukur, pekerjaan konstruksi dapat dilakukan dengan lebih efisien. Jadi, meteran bangunan berperan penting sebagai alat ukur agar bisa mendapatkan perkiraan ukuran yang tepat.

Untuk kamu yang sedang mempunyai proyek konstruksi atau baru akan berkutat dengan konstruksi, kamu harus kenalan lebih jauh dulu dengan meteran bangunan agar lebih paham dalam penggunaannya. Maka dari itu, kamu sudah ada di artikel yang tepat! Yuk, scroll sampai bawah agar kamu dapat informasi lebih lengkap tentang meteran bangunan.

Meteran Bangunan

 

Mengenal Meteran Bangunan

Sebelum membahas tentang meteran bangunan, kamu harus tahu dulu sekilas tentang apa itu meteran secara general. Meteran adalah alat yang digunakan untuk mengukur suatu benda agar mendapatkan informasi tentang panjang, tinggi, dan lebar. Tidak hanya benda saja, namun penggunaan meteran juga diterapkan pada manusia untuk mengetahui tinggi badan. 

Secara tidak sadar, kamu akan menemukan penerapan meteran pada aktivitas sehari-hari. Misalnya, jika kamu pergi ke puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, biasanya kamu diharuskan untuk mengukur tinggi badan. Contoh yang lain, ketika kamu pergi ke tukang jahit untuk membuat baju, mereka akan terlebih dulu mengukur panjang, lebar, dan tinggi agar baju yang digunakan pas.

Jadi, meteran adalah benda kecil namun kegunaannya sangat penting. Jika meteran berperan penting dalam aktivitas sehari-hari, begitu juga dengan konstruksi bangunan. Meteran bangunan sangat penting untuk menentukan apakah nantinya bangunan tersebut tepat sesuai dengan yang diinginkan.

Dalam aktivitas konstruksi bangunan, ukuran bangunan dapat mempengaruhi harga dari bangunan itu sendiri. Semakin besar ukuran dari bangunan yang didirikan, maka akan semakin banyak budget yang dikeluarkan. Oleh karena itu, meteran bangunan sangat berperan besar dalam proses pengukuran.

Baca juga : Cara Menghitung Luas Bangunan Pakai Rumus Sederhana

Pertanyaannya, apa yang diukur dengan meteran bangunan ketika ingin mendirikan sebuah bangunan? Banyak! Mulai dari tanah kosong, pondasi, keramik, sampai perabotan-perabotan lainnya, semuanya harus diperkirakan ukurannya agar cukup dan sesuai dengan budget yang dikeluarkan. 

Meteran Bangunan

 

Beberapa Alat Ukur untuk Konstruksi

Dalam konstruksi bangunan, meteran bangunan bukan satu-satunya alat yang digunakan untuk mengukur. Berikut beberapa alat ukur yang digunakan dalam konstruksi yang harus kamu tahu.

  1. Meteran Laser
    Selain meteran bangunan, meteran laser adalah salah satu alat ukur yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Meteran laser ini adalah alat ukur yang lebih modern jika dibandingkan dengan meteran biasa pada umumnya. Meteran laser didukung oleh teknologi cahaya yang dapat mengukur jarak agar lebih praktis dan fleksibel.
    Dengan teknologinya, fungsi dari meteran laser ini jadi lebih luas. Misalnya yaitu dapat mengukur pekerjaan konstruksi dengan jarak, panjang, dan ketinggian yang lebih luas dan hasilnya dapat ditampilkan secara langsung melalui layar. 
  2. Waterpass
    Waterpass merupakan alat ukur yang digunakan untuk menentukan apakah pengukurannya sudah proporsional dari segi vertikal dan horizontal. Waterpass berbentuk persegi panjang dan dilengkapi dengan air yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kedataran suatu objek. Jadi, waterpass adalah salah satu alat ukur yang sangat penting dalam konstruksi bangunan.
  3. Ohmmeter
    Ohmmeter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur hambatan dan tegangan arus listrik saat proses pemasangan kabel dalam konstruksi. Ohmmeter ini merupakan alat ukur yang harus ada dalam konstruksi bangunan untuk memastikan apakah kabel yang sudah terpasang dalam sebuah bangunan sudah aman atau belum. Selain itu, ohmmeter juga berfungsi sebagai alat pemantau jika terjadi korsleting listrik.
Meteran Bangunan

 

Meteran Bangunan Roll untuk Konstruksi

Setelah mengetahui sekilas tentang meteran secara general, meteran bangunan, dan beberapa alat ukur yang digunakan dalam konstruksi bangunan, sekarang kamu harus tahu meteran bangunan seperti apa yang biasanya digunakan dalam konstruksi bangunan.

Baca juga : Jenis-jenis Kayu Usuk Beserta Daftar Harganya Terbaru 2023 

Meteran bangunan roll adalah meteran yang biasanya digunakan dalam konstruksi untuk mengukur suatu benda yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan. Lebih spesifik lagi, meteran bangunan roll berfungsi untuk mengukur luasan tanah, ruangan, dan dinding. Untuk kamu yang ingin membeli meteran bangunan roll untuk keperluan konstruksi, kamu harus tau beberapa tipsnya terlebih dahulu agar tidak salah membeli. Berikut penjelasannya.

Meteran Bangunan

 

  1. Perhatikan Materialnya
    Hal pertama yang harus kamu pastikan terlebih dahulu sebelum membeli meteran roll yaitu jangan lupa perhatikan materialnya. Mengapa demikian? Karena material akan menentukan kuat atau tidaknya meteran yang akan digunakan. Meteran roll yang dijual di luar sana umumnya memiliki kerangka yang terbuat dari plastik. 
    Meski demikian, terdapat juga meteran roll dengan kerangka yang terbuat bahan lain, seperti stainless steel, fiberglass, dan karet yang dapat kamu pilih sesuai dengan kegunaannya. Selain itu, terdapat produsen meteran roll yang menawarkan kombinasi meteran dari dua bahan, sehingga kerangkanya jadi lebih awet. 
    Sebelum membeli meteran roll untuk keperluan konstruksi bangunan, pastikan kamu paham tentang keunggulan dari bahan-bahan meteran roll yang telah dijelaskan di atas agar awet untuk pemakaian jangka panjang. 
  2. Sesuaikan Panjang Meteran untuk Keperluannya
    Tips kedua sebelum membeli meteran roll yaitu jangan lupa untuk menyesuaikan panjang meteran dengan keperluan yang akan digunakan. Berikut ini beberapa ukuran yang ada di meteran roll beserta fungsinya.
    - Ukuran 1-1,5 Meter
    Ukuran pertama yaitu sepanjang 1-1,5 meter. Biasanya, ukuran ini digunakan untuk mengukur barang yang ukurannya kecil. Misalnya, jika kamu ingin membeli perabotan untuk rumah, kamu dapat mengukur area untuk meletakkan perabotan dengan meteran ukuran ini. 
    - Ukuran 10-30 Meter
    Ukuran selanjutnya yaitu sepanjang 10-30 meter, di mana ukuran ini biasa digunakan untuk mengukur luas ruangan. Nah, meteran ukuran ini umumnya digunakan oleh pekerja konstruksi, seperti arsitek dan kuli bangunan. 
    - Ukuran 50-100 Meter
    Ukuran selanjutnya yaitu sepanjang 50-100 meter, yang biasa digunakan sebagai alat ukur untuk area yang sangat luas seperti tanah. Biasanya, meteran ini digunakan oleh seorang ahli infrastruktur untuk mengukur perkantoran, bandara, rumah sakit, dan fasilitas lainnya dengan ukuran bangunan yang besar. 
  3. Pilihlah yang Ada Lock Button
    Tips terakhir dalam memilih meteran bangunan roll yaitu pilih meteran yang terdapat lock button nya. Secara umum, meteran roll adalah meteran yang dapat tergulung secara otomatis. Jadi, akan lebih baik jika kamu memilih meteran roll yang sudah dilengkapi dengan lock button agar dalam pemakaiannya tidak sulit.

Nah, itu tadi penjelasan tentang meteran bangunan dalam konstruksi bangunan. Sebelum merealisasikan pembangunan, pengukuran adalah hal yang wajib untuk dilakukan agar bangunan yang ingin didirikan bisa sesuai dari segi konsep maupun budget.

Untuk kamu yang nantinya ingin mendirikan bangunan, baik untuk keperluan pribadi atau bisnis, pastikan memilih bahan seperti semen dan cat dengan kualitas baik agar bangunan yang didirikan bisa awet dalam jangka panjang.

Maka dari itu, BukaBangunan adalah solusi yang tepat untuk kamu yang ingin berbelanja perlengkapan bahan bangunan! Harga perlengkapan bangunan yang ditawarkan tidak mahal dan bersaing dengan toko bahan bangunan lainnya. Selain itu, BukaBangunan juga menawarkan perlengkapan bahan bangunan yang lengkap. Yuk, beli bahan bangunanmu di BukaBangunan!

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Meteran Bangunan adalah : Pengertian dan Fungsinya

Meteran Bangunan adalah : Pengertian dan Fungsinya

30 Mei 2023

Garis Sempadan Bangunan: Pengertian dan Cara Penetapan

Garis Sempadan Bangunan: Pengertian dan Cara Penetapan

8 April 2023

Definisi, Fungsi, dan Jenis Kolom Bangunan dalam Konstruksi

Definisi, Fungsi, dan Jenis Kolom Bangunan dalam Konstruksi

30 Mei 2023

Cara Menghitung Luas Bangunan Pakai Rumus Sederhana

Cara Menghitung Luas Bangunan Pakai Rumus Sederhana

8 April 2023

Cakar Ayam Bangunan: Arti, Kegunaan, serta Kelebihannya

Cakar Ayam Bangunan: Arti, Kegunaan, serta Kelebihannya

8 April 2023

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it