Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

10 Rekomendasi Merk Semen Terbaik di Indonesia

Uji Agung Santosa
Gambar: 10 Pilihan Semen Terbaik di Indonesia.
Gambar: 10 Pilihan Semen Terbaik di Indonesia.

Memilih semen terbaik untuk membangun rumah wajib kamu lakukan. Pasalnya, semen yang bagus pastinya punya kualitas yang baik juga sehingga bisa menghasilkan pondasi dan tembok yang kokoh.

Ada banyak merk semen di pasaran yang menawarkan kualitas dan harga yang berbeda. Tugas kamu hanya menyesuaikan dengan budget yang disediakan untuk proyek pembangunan rumah. Yuk, cari tahu merk semen terbaik yang bisa kamu dapatkan di bawah ini.

Tips Memilih Semen Terbaik

Memilih semen juga ada caranya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membeli semen terbaik.

1. Sudah bersertifikat SNI

Produk semen yang dijual di Indonesia haruslah melewati proses uji kualitas terlebih dulu. Merk semen yang sudah lulus uji akan mendapatkan sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia).

Sertifikat SNI ini menandakan bahwa produk tersebut bisa digunakan dengan aman untuk proyek pembangunan. Logo SNI biasanya ada di kemasan semen. Jadi, kamu harus memperhatikan kemasan semen sebelum memilihnya.

2. Melihat kemasan yang rapi

Semen berkualitas juga biasanya diimbangi dengan kemasan yang baik dan rapi. Produk semen biasanya dikemas dalam karung sak yang kedap udara yang tersegel. Satu sak semen biasanya memiliki bobot 40—50 kg.

Hindari membeli semen yang kemasannya bolong, rusak, atau tersobek. Kerusakan pada sak semen bisa membuat semen tumpah ke luar sehingga mengurangi timbangannya.

3. Memilih semen baru

Semen memang tidak bisa basi seperti layaknya makanan. Sayangnya, semen yang sudah terlalu lama akan berkurang kualitasnya. Hal ini akan mempengaruhi hasil jadi campuran semen nantinya.

Untuk mengecek semen baru, kamu bisa memegang teksturnya. Semen yang baru diproduksi terbilang lebih lembut. Berbeda dengan semen lama yang biasanya sudah lebih padat.

4. Membeli sesuai kebutuhan

Semen terbaik juga bisa jadi sia-sia jika kamu tidak menggunakannya dengan tepat. Kelebihan membeli semen bisa membuat anggaran membengkak dan semen jadi tidak terpakai.

Karena itu, cobalah untuk menghitung kebutuhan semen sebelum pergi membelinya. Menghitung kebutuhan dengan tepat juga mencegah kekurangan semen pada saat sedang mengerjakan proyek pembangunan.

Baca Juga: Info Lengkap, Macam-macam, dan Harga Semen untuk Distributor Semen

Merk Semen Terbaik

Setelah tahu cara memilih semen terbaik, sekarang saatnya melihat deretan semen-semen yang ada di pasaran.

1. Semen Tiga Roda

Semen Terbaik Semen Tiga Roda
Gambar: Semen Terbaik Semen Tiga Roda

Merk Semen Tiga Roda merupakan salah satu semen yang sangat populer di Indonesia. Sudah banyak rumah, gedung, dan fasilitas umum yang dibangun dengan menggunakan Semen Tiga Roda.

Bukan tanpa alasan semen yang satu ini dipilih oleh banyak orang. Semen Tiga Roda sudah memiliki sertifikat SNI dan European Standard (EU). Dua sertifikat ini diberikan lantaran semen ini punya daya rekat yang kuat dan tahan lama.

2. Semen Holcim

Semen Terbaik Semen Holcim
Gambar: Semen Terbaik Semen Holcim

Rekomendasi semen terbaik lain yang bisa kamu pilih adalah Semen Holcim. Dari sisi harga, Semen Holcim sedikit lebih terjangkau dibandingkan dengan Tiga Roda. Namun, kualitas yang ditawarkan masih bisa diadu.

Semen Holcim juga sudah memiliki sertifikat Green Level dari Singapura. Sertifikat ini menandakan bahwa semen ini menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan. Selain itu, semen ini pun punya butiran kecil yang bisa menjaga konstruksi bangunan tetap kokoh.

3. Semen Padang

Semen Padang
Gambar: Semen Padang

Semen Padang merupakan merk semen tertua yang ada di Indonesia. Semen Padang malah bisa menjaga kualitasnya untuk tetap bisa bersaing dengan semen-semen baru yang muncul di kemudian hari.

Kamu juga bisa berhemat dengan memilih Semen Padang karena harganya sangat terjangkau. Harga Semen Padang malah bisa lebih murah hingga 20 persen dibanding semen kelas atas lainnya.

Baca Juga: Semen Padang: Jenis Produk, Keunggulan, dan Harganya

4. Semen Gresik

Semen Gresik
Gambar: Semen Gresik

Merk semen lokal yang juga bisa jadi pilihan adalah Semen Gresik. Semen yang satu ini juga jadi andalan pemerintah untuk membangun sejumlah landmark yang ada di Indonesia. Sejumlah landmark yang dibangun dengan Semen Gresik pun sudah berdiri puluhan tahun.

Bukan hanya itu, Semen Gresik juga memiliki sertifikasi ISO 14001 yang menandakan bahwa semen ini ramah lingkungan. Semen ini juga punya harga yang cukup terjangkau, loh. Kamu bisa lebih berhemat jika ingin bangun rumah dengan Semen Gresik.

5. Semen Garuda

Semen Garuda
Gambar: Semen Garuda

Satu sak Semen Garuda hanya sekitar Rp50—Rp60 ribu saja. Semen ini bisa dipakai untuk membangun rumah yang tidak terlalu besar supaya bisa menghemat biaya.

Tidak perlu khawatir dengan kualitas dari Semen Garuda, kok. Semen ini sudah memiliki sertifikat SNI.Selain itu, semen ini pun bisa menjaga bangunan tetap kokoh dan tidak mudah retak.

6. Semen Merah Putih

Semen Merah Putih
Gambar: Semen Merah Putih

Semen Merah Putih merupakan salah satu semen lokal yang sudah memiliki sertifikat European Standard. Daya tahan semen ini pun cukup lama sehingga cocok untuk dijadikan pondasi bangunan.

Kamu yang mau menggunakan untuk dinding rumah juga tidak perlu khawatir. Semen Merah Putih juga punya daya tahan yang tinggi pada perubahan cuaca.

7. Semen Rajawali

SEMEN RAJAWALI
Gambar: Semen Rajawali

Merk Semen Rajawali merupakan semen lokal yang punya kualitas internasional. Semen ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Bukan cuma itu, semen ini pun sangat serbaguna dan bisa dipakai untuk plester, acian, hingga campuran untuk struktur bangunan.

Tidak perlu khawatir dengan harganya. Semen ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp40 ribu per saknya. Pengaplikasian semen ini juga cukup mudah dilakukan dengan campuran air, pasir, dan batu yang tepat.

8. Semen Jakarta

Semen Jakarta
Gambar: Semen Jakarta

Kamu yang ingin dapatkan semen yang harganya terjangkau bisa memilih Semen Jakarta. Harga semen yang satu bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp35 ribu per sak. Cocok untuk kamu yang ingin renovasi rumah pada beberapa sudut rumah.

Biarpun terjangkau, kualitas Semen Jakarta masih bisa diandalkan. Semen yang satu ini punya daya rekat yang kuat dan tidak mudah retak.

9. Semen Batu Raja

Semen Batu Raja
Gambar: Semen Batu Raja

Mungkin namanya kurang terlalu populer dibandingkan dengan merk-merk semen sebelumnya. Namun, kamu tetap bisa mendapatkan Semen Batu Raja dengan mudah di pasaran. Sudah gitu, harga semen ini juga sangat terjangkau, mulai dari Rp40 ribuan per saknya.

Semen Batu Raja punya keunggulan kedap air dan hasil plesterannya juga sangat halus. Semen ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan.

10. Semen Grand Elephant

Semen Grant Elephant
Gambar: Semen Grant Elephant

Semen ini sudah bisa dijumpai di banyak toko material di sekitar kamu. Harganya pun masih cukup terjangkau, mulai dari Rp50 ribuan untuk satu sak.

Kualitas semen instan ini juga cukup baik. Kamu juga bisa manfaatkan untuk plesteran dinding untuk hasil yang halus dan tidak mudah retak.

Baca juga: Semen Holcim: Jenis, Keunggulan, dan Daftar Harganya

Itu dia deretan merk semen terbaik yang bisa dijumpai di pasaran. Kamu bisa mendapatkan semua jenis semen ini di Bukabangunan.com. Dapatkan harga terbaik dan ketersediaan stok yang terjamin. Kamu juga bisa menjadi partner BukaBangunan dan mulai berjualan semen serta bahan bangunan lainya. Dapatkan keuntungan berlipat dengan bahan material yang harganya bersaing.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

1 November 2023

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

1 November 2022

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pondasi Adalah: Pengertian Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

12 Maret 2024

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

12 Maret 2024

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

1 Maret 2024

Terbaru
15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus dan Elegan

2 April 2024

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

10 Tips Membuat Tata Ruang Rumah Minimalis Terlihat Lega

30 Maret 2024

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it