Beranda

Kategori

Artikel

Jadi Partner

Jenis Obeng dan Fungsinya untuk Berbagai Keperluan

Uji Agung Santosa
Jenis-jenis obeng yang perlu kamu ketahui (123rf.com)
Jenis-jenis obeng yang perlu kamu ketahui (123rf.com)

Obeng merupakan salah satu alat yang penting dan wajib dimiliki di rumah maupun kendaraan bermotor. Alasan ini juga yang membuat usaha distributor obeng akan selalu berpotensi memiliki keuntungan. Kamu yang ingin memulainya tentu perlu tahu dulu jenis obeng beserta dengan fungsinya.

Jika dilihat lebih luas lagi, penggunaan obeng bukan sekadar mereka yang ingin melakukan pembangunan. Obeng juga dipakai untuk untuk sejumlah keperluan, mulai dari instalasi perangkat listrik, pemasangan alat elektronik rumahan, hingga servis kendaraan bermotor.

 

Jenis Obeng dan Masing-Masing Fungsinya

Jenis obeng dan fungsinya (123rf.com)
Jenis obeng dan fungsinya (123rf.com)

Ketahui dulu semua informasi tentang obeng untuk membantu kamu dalam memasarkan ke pelanggan yang tepat. Cek macam-macam jenis obeng di bawah ini:

Baca juga: Jenis-jenis Kabel Listrik dan Harganya!

1. Obeng pipih

Obeng ini cukup populer dan dibutuhkan oleh banyak orang. Fungsinya untuk mengencangkan atau mengendorkan baut berbentuk minus. Karena itu juga, sebagian orang menyebut ini sebagai obeng minus.

Baut minus sering dijumpai di benda elektronik, furnitur rumahan, dan bengkel. Jadi tidak heran jika jenis obeng ini selalu ada di rumah. Malahan, ada beberapa kalangan yang memiliki obeng pipih lebih dari satu.

2. Obeng kembang

Jenis obeng kembang juga dibutuhkan oleh pasar yang sama dengan obeng pipih. Dengan kata lain, mereka yang mencari obeng pipih cenderung melengkapi perkakasnya dengan obeng kembang. Berbeda dengan obeng pipih, obeng kembang memiliki bagian ujung berbentuk plus.

Fungsi dari obeng kembang untuk mengendurkan baut yang berbentuk plus. Penggunaan baut plus bisa dibilang cukup banyak sehingga kebutuhan obeng kembang pun sangat tinggi.

3. Obeng ratchet

Obeng ratchet memiliki kelebihan mata obeng yang bisa diganti. Kepala obengnya pun biasanya disediakan dalam paket pembelian dengan jumlah yang cukup banyak. Pemilik obeng ini hanya tinggal menyesuaikan kepala obengnya dengan bautnya.

Di satu ini, obeng ratchet menawarkan kepraktisan sehingga banyak orang tertarik untuk membelinya. Sayangnya, jenis obeng ini lebih mudah aus, khususnya pada bagian penyambungan gagang dan mata obeng.

4. Obeng gagang stabil

Dilihat dari bentuknya, obeng gagang stabil punya penampakan yang sedikit berbeda dari jenis obeng lainnya. Obeng gagang stabil memiliki bentuk T dengan panjang yang berbeda-beda. Beberapa merk menawarkan perbedaan mata obeng di setiap ujungnya.

Ada juga varian obeng gagang stabil yang bisa diganti mata obengnya. Bagian yang paling panjang bisa dipakai untuk menjangkau baut yang di bagian dalam. Obeng ini biasanya dipakai untuk keperluan mesin dan urusan perbengkelan.

5. Obeng fleksibel

Seperti namanya, obeng fleksibel memiliki bagian lentur yang bisa dibengkokkan. Obeng ini berfungsi untuk memasang baut di tempat yang sulit terjangkau. Bagian mata obengnya pun bisa dilepas dan diganti sesuai dengan kebutuhan.

Mereka yang membutuhkan obeng fleksibel biasanya mau memasang furnitur di rumah di sudut yang sulit. Bukan hanya itu, jenis obeng ini juga dipakai untuk membetulkan sepeda, motor, dan mobil.

6. Obeng magnet

Jenis obeng magnet sebenarnya serupa dengan obeng pada umumnya. Namun, bagian mata obengnya diberi magnet sehingga baut bisa menempel di ujungnya. Obeng magnet pun memiliki varian ukuran yang berbeda-beda.

Pelanggan yang membutuhkan obeng magnet biasanya mereka sering memasang perlengkapan elektronik dengan jumlah baut yang banyak. Menggunakan obeng ini juga bisa menjangkau bagian sulit yang ingin dipasang baut tanpa perlu dibantu dengan tangan.

7. Obeng tespen

Obeng tespen biasa dipakai oleh teknisi untuk memperbaiki listrik. Kelebihan dari obeng tespen adalah mampu mengecek aliran listrik dari kabel, colokan, atau perlengkapan listrik lainnya. Saat ada arus listrik, bagian lampu dari obeng akan menyala.

Para penjual peralatan listrik biasanya memiliki alat ini. Menyediakan obeng tespen di toko kamu akan menjangkau pasar yang lebih luas.

8. Obeng elektrik

Obeng elektrik adalah jenis obeng yang bisa bekerja secara otomatis dengan bantuan tenaga listrik atau baterai. Pasar dari obeng elektrik juga sudah cukup besar karena banyak orang yang mencari kemudahan dalam memasang baut. Pasalnya, obeng ini mampu mengurangi tenaga untuk memutar obeng.

Ada baiknya kamu menyediakan varian obeng elektrik dengan memiliki banyak pilihan mata obeng. Produk seperti inilah yang biasanya dicari oleh banyak pelanggan.

9. Obeng torx

Ada juga jenis obeng torx yang punya mata berbentuk bintang yang sedikit bulat. Obeng ini hanya dipakai untuk baut khusus. Baut ini biasanya dipakai untuk alat elektronik tertentu, seperti game konsol, laptop, dan smartphone. Biarpun pasarnya sangat niche, ada baiknya kamu juga menyiapkan jenis obeng yang satu ini di toko.

10. Obeng aksesori

Kamu juga perlu menyediakan jenis obeng aksesori di tempat usahamu. Pasalnya, ada banyak orang yang memang mencari jenis obeng yang satu ini. Obeng aksesori biasanya terdiri dari beberapa mata obeng, mulai dari minus, plus, bintang, hingga torx.

Ada juga beberapa produk yang menawarkan mata obeng dengan ukuran yang cukup bervariasi. Obeng yang satu ini dicari oleh mereka yang ingin membetulkan berbagai macam alat. Sebut saja smartphone, kacamata, dan laptop.

Baca juga: Fungsi Stop Kontak dan Jenisnya!

Merk Obeng Terbaik

Merk obeng terbaik di pasaran (123rf.com)
Merk obeng terbaik di pasaran (123rf.com)

Hal yang perlu diperhatikan juga dalam menyediakan stok adalah memilih merk terbaik. Sejumlah merk perkakas sudah cukup populer dengan kualitas dan daya tahannya. Cek merk-merk obeng terbaik yang bisa kamu pilih:

1. Krisbow

Merk perkakas Krisbow sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini juga akan memudahkan kamu dalam hal pemasaran produk. Di samping itu, harga produk dari Krisbow juga terbilang cukup terjangkau.

Krisbow menyediakan berbagai jenis obeng yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa menstok obeng pipih, plus, tespen, hingga elektrik.

2. Kenmaster

Selain Krisbow, Kenmaster juga punya popularitas yang cukup tinggi di Indonesia. Merk yang satu ini menyediakan perkakas untuk kebutuhan rumah tangga. Tidak heran jika peralatan dari Kenmaster cukup mudah digunakan.

Merk Kenmaster juga menyediakan berbagai jenis obeng dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Harga produk Kenmaster juga masih cukup bersaing, kok. Jadi, kamu bisa menjangkau lebih banyak pasar dengan produk ini.

3. Ingco

Merk obeng yang satu ini biasanya dipakai oleh para teknisi untuk menjalankan pekerjaannya. Bukan tanpa alasan merk ini dipilih banyak orang. Ingco menawarkan obeng dengan kualitas baik dan tahan lama.

Ingco juga menawarkan banyak jenis obeng yang bisa menambah lini produk jualanmu. Namun, kamu butuh modal lebih untuk menstok produk dari Ingco.

Baca juga: Merek kabel listrik terbaik di pasaran!

4. Nankai

Merk Nankai juga cocok untuk kebutuhan rumahan. Harga yang ditawarkan masih relatif terjangkau untuk Obeng dan peralatan lainnya. Sudah gitu, obeng dari Nankai juga cukup lengkap, mulai dari obeng magnet, obeng elektrik, hingga gagang stabil.

5. Bosch

Untuk pasar yang lebih premium, kamu bisa memilih obeng Bosch. Merk yang satu ini punya kualitas di atas berbagai merk lainnya. Bosch pun sudah punya daya tahan yang cukup panjang. Kelebihan ini yang bisa kamu sampaikan ke pelanggan untuk memilih produk dari Bosch.

Nah, itu dia berbagai jenis obeng yang bisa kamu sediakan di toko bangunan. Pesan semua stok obeng dari berbagai jenis, ukuran, dan merk di BukaBangunan atau jika kamu adalah pengusaha yang ingin berjualan stok bahan material, kamu bisa gabung Bukabangunan dan mulai usaha toko bangunan mu lebih menguntungkan. Dapatkan harga bersaing dari BukaBangunan untuk para distributor supaya bisa memaksimalkan keuntungan usaha.

Yuk, download sekarang!

Download di Google Play Store
Artikel terkait lainnya
Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

Hadiah Total Rp20 Juta! Kumpulkan poin, dan Menangkan Hadiahnya

1 November 2023

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

Ukuran Kran Air Standar yang Banyak Dipakai dan Fungsinya 

1 November 2022

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat agar Bangunan Kokoh

12 Maret 2024

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

Pengertian Kontraktor Bangunan, Tugas, Tips Memilih, dan Jasa yang Diberikannya

12 Maret 2024

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen untuk Bangun Rumah

1 Maret 2024

Terbaru
10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah Dilakukan

28 Maret 2024

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

Mengenal 5 Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya dari Awal

28 Maret 2024

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

8 Cara Mengatasi Tembok Lembap yang Mudah dan Aman 

26 Maret 2024

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

10 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Unik

26 Maret 2024

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah dan Ampuh

26 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana tapi Mewah

26 Maret 2024

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

6 Cara Hitung Luas Bangunan yang Mudah Dilakukan

21 Maret 2024

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Kayu yang Memukau

10 Rekomendasi Warna Cat Rumah Kayu yang Memukau

20 Maret 2024

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

Pengertian Pondasi Bangunan dan Jenis-jenisnya

19 Maret 2024

WhatsApp logo consisting of a green circle containing the outline of a white speech bubble with a white telephone icon in it